Apa yang Dimaksud dengan Sukatoro?

Posted on

Sukatoro adalah salah satu jenis makanan tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula merah dan kelapa parut. Sukatoro biasanya dibentuk dalam bentuk bulat atau oval dan kemudian di goreng hingga kecokelatan.

Asal Usul Sukatoro

Menurut sejarah, sukatoro pertama kali ditemukan di daerah Klaten, Jawa Tengah. Makanan ini awalnya dibuat sebagai hidangan khusus untuk acara adat seperti pernikahan, khitanan, dan upacara keagamaan. Namun, seiring berjalannya waktu, sukatoro menjadi makanan yang populer dan banyak diolah di rumah-rumah.

Bahan-bahan Sukatoro

Sukatoro terbuat dari bahan-bahan alami seperti tepung ketan, gula merah, dan kelapa parut. Tepung ketan yang digunakan harus berkualitas baik dan dicampur dengan air secukupnya hingga menjadi adonan yang lembut. Gula merah yang digunakan harus dihaluskan terlebih dahulu agar tidak menggumpal saat dicampur dengan adonan tepung ketan. Kelapa parut juga harus diiris tipis-tipis agar tidak terlalu kasar saat diolah.

Cara Membuat Sukatoro

Untuk membuat sukatoro, pertama-tama siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Campurkan tepung ketan dengan air secukupnya dan aduk hingga adonan lembut. Setelah itu, tambahkan gula merah yang telah dihaluskan dan aduk hingga merata. Tambahkan kelapa parut yang telah diiris tipis-tipis dan aduk kembali hingga merata.

Pos Terkait:  Arti Kata Variabel: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Selanjutnya, ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bola atau oval. Lakukan langkah yang sama hingga seluruh adonan habis. Panaskan minyak dalam wajan hingga benar-benar panas. Goreng sukatoro hingga kecokelatan dan angkat. Sukatoro siap disajikan untuk keluarga dan teman-teman.

Manfaat Sukatoro

Sukatoro memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Tepung ketan yang digunakan dalam pembuatan sukatoro mengandung karbohidrat kompleks yang membantu meningkatkan energi dan daya tahan tubuh. Gula merah yang digunakan mengandung zat besi dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan darah. Kelapa parut yang digunakan mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan kesehatan jantung.

Variasi Sukatoro

Ada banyak variasi sukatoro yang bisa dijadikan pilihan untuk keluarga dan teman-teman. Beberapa di antaranya adalah sukatoro isi kacang hijau, sukatoro isi keju, dan sukatoro tabur wijen. Isian kacang hijau dan keju memberikan rasa yang manis dan gurih pada sukatoro, sementara wijen memberikan rasa yang renyah dan sedikit asin.

Penutup

Sukatoro adalah makanan tradisional yang lezat dan nikmat untuk disantap. Makanan ini terbuat dari bahan-bahan alami yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Sukatoro juga dapat diolah dengan variasi isian yang berbeda untuk memberikan rasa yang lebih bervariasi. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat sukatoro di rumah dan nikmati cita rasanya!

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *