Apa Yang Dimaksud dengan Poli?

Posted on

Poli merupakan singkatan dari istilah Poliklinik. Poliklinik adalah tempat pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan medis untuk pasien yang datang tanpa harus dirawat inap di rumah sakit. Poli biasanya dibedakan berdasarkan spesialisasi penyakit, seperti poli gigi, poli mata, poli jantung, poli anak, dan lain sebagainya.

Poli Gigi

Poli gigi adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Pelayanan yang diberikan oleh poli gigi antara lain pemeriksaan gigi, pengeboran gigi yang berlubang, pencabutan gigi, pemasangan kawat gigi, dan lain sebagainya. Poli gigi biasanya dikunjungi oleh pasien yang mengalami masalah pada gigi dan mulut, seperti gigi berlubang, sakit gigi, dan lain sebagainya.

Poli Mata

Poli mata adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk mata. Pelayanan yang diberikan oleh poli mata antara lain pemeriksaan mata, pengobatan untuk penyakit mata, dan pemeriksaan kacamata. Poli mata biasanya dikunjungi oleh pasien yang mengalami masalah pada mata, seperti rabun jauh, rabun dekat, glaukoma, dan lain sebagainya.

Poli Jantung

Poli jantung adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk jantung. Pelayanan yang diberikan oleh poli jantung antara lain pemeriksaan jantung, pengobatan untuk penyakit jantung, dan pemeriksaan elektrokardiogram (EKG). Poli jantung biasanya dikunjungi oleh pasien yang mengalami masalah pada jantung, seperti serangan jantung, penyakit jantung koroner, dan lain sebagainya.

Poli Anak

Poli anak adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk anak-anak. Pelayanan yang diberikan oleh poli anak antara lain pemeriksaan kesehatan, imunisasi, pengobatan untuk penyakit anak, dan pemeriksaan tumbuh kembang. Poli anak biasanya dikunjungi oleh orang tua yang membawa anak mereka untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Poli Umum

Poli umum adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan umum, seperti pemeriksaan kesehatan, pengobatan, dan lain sebagainya. Poli umum biasanya menjadi poliklinik pertama yang dikunjungi oleh pasien yang mengalami sakit atau masalah kesehatan.

Pos Terkait:  Apa Itu Blogger dan Cara Menggunakannya?

Poli Kandungan

Poli kandungan adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk wanita, terutama dalam hal kehamilan dan persalinan. Pelayanan yang diberikan oleh poli kandungan antara lain pemeriksaan kehamilan, persiapan persalinan, dan penanganan persalinan. Poli kandungan biasanya dikunjungi oleh wanita yang sedang hamil atau membutuhkan perawatan kesehatan terkait dengan organ reproduksi mereka.

Poli Bedah

Poli bedah adalah poliklinik yang memberikan pelayanan bedah untuk pasien yang memerlukan operasi. Pelayanan yang diberikan oleh poli bedah antara lain pemeriksaan dan konsultasi sebelum operasi, persiapan operasi, dan pasca operasi. Poli bedah biasanya dikunjungi oleh pasien yang memerlukan operasi, seperti operasi tulang, operasi jantung, dan lain sebagainya.

Poli Syaraf

Poli syaraf adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk masalah kesehatan yang berkaitan dengan sistem saraf. Pelayanan yang diberikan oleh poli syaraf antara lain pemeriksaan saraf, pengobatan untuk penyakit saraf, dan pemeriksaan elektromiografi (EMG). Poli syaraf biasanya dikunjungi oleh pasien yang mengalami masalah pada sistem saraf, seperti stroke, multiple sclerosis, dan lain sebagainya.

Poli Kulit

Poli kulit adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk masalah kesehatan yang berkaitan dengan kulit. Pelayanan yang diberikan oleh poli kulit antara lain pemeriksaan kulit, pengobatan untuk penyakit kulit, dan pemeriksaan alergi kulit. Poli kulit biasanya dikunjungi oleh pasien yang mengalami masalah pada kulit, seperti jerawat, eksim, dan lain sebagainya.

Poli THT

Poli THT adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk masalah kesehatan yang berkaitan dengan telinga, hidung, dan tenggorokan. Pelayanan yang diberikan oleh poli THT antara lain pemeriksaan THT, pengobatan untuk penyakit THT, dan pemeriksaan audiometri. Poli THT biasanya dikunjungi oleh pasien yang mengalami masalah pada THT, seperti sinusitis, tuli, dan lain sebagainya.

Poli Rehabilitasi

Poli rehabilitasi adalah poliklinik yang memberikan pelayanan rehabilitasi untuk pasien yang membutuhkan perawatan setelah mengalami cedera atau penyakit yang membatasi aktivitas fisik mereka. Pelayanan yang diberikan oleh poli rehabilitasi antara lain terapi fisik, terapi okupasi, dan terapi bicara. Poli rehabilitasi biasanya dikunjungi oleh pasien yang membutuhkan perawatan untuk memulihkan aktivitas fisik mereka setelah cedera atau penyakit.

Pos Terkait:  Arti Kata Berkah: Pengertian, Makna, dan Contoh Penggunaannya

Poli Psikiatri

Poli psikiatri adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk masalah kesehatan mental. Pelayanan yang diberikan oleh poli psikiatri antara lain pemeriksaan kesehatan mental, pengobatan untuk penyakit mental, dan terapi psikologis. Poli psikiatri biasanya dikunjungi oleh pasien yang mengalami masalah kesehatan mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, dan lain sebagainya.

Poli Gizi

Poli gizi adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk masalah nutrisi dan gizi. Pelayanan yang diberikan oleh poli gizi antara lain pemeriksaan kesehatan, konsultasi gizi, dan penyusunan program diet. Poli gizi biasanya dikunjungi oleh pasien yang membutuhkan perawatan untuk meningkatkan kualitas nutrisi dan gizi mereka.

Poli Geriatri

Poli geriatri adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk pasien lanjut usia. Pelayanan yang diberikan oleh poli geriatri antara lain pemeriksaan kesehatan, pengobatan untuk penyakit pada usia lanjut, dan terapi fisik. Poli geriatri biasanya dikunjungi oleh pasien yang membutuhkan perawatan kesehatan pada usia lanjut.

Poli Kesehatan

Poli kesehatan adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat umum. Pelayanan yang diberikan oleh poli kesehatan antara lain pemeriksaan kesehatan, pengobatan umum, dan konsultasi kesehatan. Poli kesehatan biasanya menjadi poliklinik pertama yang dikunjungi oleh masyarakat umum yang membutuhkan perawatan kesehatan.

Poli Kejiwaan

Poli kejiwaan adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk masalah kesehatan jiwa. Pelayanan yang diberikan oleh poli kejiwaan antara lain pemeriksaan kesehatan jiwa, pengobatan untuk penyakit jiwa, dan terapi psikologis. Poli kejiwaan biasanya dikunjungi oleh pasien yang mengalami masalah kesehatan jiwa, seperti gangguan bipolar, skizofrenia, dan lain sebagainya.

Poli Fisioterapi

Poli fisioterapi adalah poliklinik yang memberikan pelayanan fisioterapi untuk pasien yang membutuhkan perawatan untuk memulihkan aktivitas fisik mereka. Pelayanan yang diberikan oleh poli fisioterapi antara lain terapi fisik, terapi okupasi, dan terapi bicara. Poli fisioterapi biasanya dikunjungi oleh pasien yang membutuhkan perawatan untuk memulihkan aktivitas fisik mereka setelah cedera atau penyakit.

Poli Kebidanan

Poli kebidanan adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk wanita yang sedang hamil atau membutuhkan perawatan kesehatan terkait dengan organ reproduksi mereka. Pelayanan yang diberikan oleh poli kebidanan antara lain pemeriksaan kehamilan, persiapan persalinan, dan penanganan persalinan. Poli kebidanan biasanya dikunjungi oleh wanita yang sedang hamil atau membutuhkan perawatan kesehatan terkait dengan organ reproduksi mereka.

Pos Terkait:  Arti Kata Bening: Kenali Maknanya dan Cara Menggunakannya dengan Benar

Poli Endokrin

Poli endokrin adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk masalah kesehatan yang berkaitan dengan hormon. Pelayanan yang diberikan oleh poli endokrin antara lain pemeriksaan hormon, pengobatan untuk penyakit hormon, dan pemeriksaan kadar gula darah. Poli endokrin biasanya dikunjungi oleh pasien yang mengalami masalah pada hormon, seperti diabetes, hipertiroidisme, dan lain sebagainya.

Poli Urologi

Poli urologi adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk masalah kesehatan yang berkaitan dengan saluran kemih. Pelayanan yang diberikan oleh poli urologi antara lain pemeriksaan kesehatan, pengobatan untuk penyakit saluran kemih, dan pemeriksaan urologi. Poli urologi biasanya dikunjungi oleh pasien yang mengalami masalah pada saluran kemih, seperti infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan lain sebagainya.

Poli Onkologi

Poli onkologi adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk pasien yang mengalami kanker. Pelayanan yang diberikan oleh poli onkologi antara lain pemeriksaan kesehatan, pengobatan untuk penyakit kanker, dan terapi onkologi. Poli onkologi biasanya dikunjungi oleh pasien yang mengalami kanker, seperti kanker payudara, kanker paru-paru, dan lain sebagainya.

Poli Orthopedi

Poli orthopedi adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk masalah kesehatan yang berkaitan dengan tulang dan sendi. Pelayanan yang diberikan oleh poli orthopedi antara lain pemeriksaan kesehatan, pengobatan untuk penyakit tulang dan sendi, dan pemeriksaan radiologi. Poli orthopedi biasanya dikunjungi oleh pasien yang mengalami masalah pada tulang dan sendi, seperti patah tulang, osteoporosis, dan lain sebagainya.

Poli Hematologi

Poli hematologi adalah poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan untuk masalah kesehatan yang berkaitan dengan darah. Pelayanan yang diberikan oleh poli hematologi antara lain pemeriksaan darah, pengobatan untuk penyakit darah, dan transfusi darah. Poli hematologi biasanya dikunjungi oleh pasien yang mengalami masalah pada darah, seperti anemia, leukemia, dan lain sebagainya.

Poli Pulmonologi

Poli pulmonologi adalah poliklinik yang memberikan

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *