Apa Yang Dimaksud Dengan OG?

Posted on

OG adalah singkatan dari Open Graph, yaitu protokol yang digunakan oleh Facebook untuk mengumpulkan informasi saat suatu halaman website dibagikan ke platform mereka. Open Graph memungkinkan pengguna untuk menautkan informasi dari situs web atau aplikasi dengan Facebook.

Kenapa Penting?

Pentingnya Open Graph adalah karena ketika suatu halaman website dibagikan ke Facebook, informasi seperti gambar, judul, deskripsi dan URL dipakai sebagai cuplikan untuk menampilkan informasi yang lebih jelas untuk pengguna Facebook. Hal ini memudahkan pengguna Facebook untuk memahami serta memutuskan apakah mereka ingin mengklik tautan tersebut atau tidak.

Cara Menggunakan Open Graph

Cara menggunakan Open Graph adalah dengan menambahkan beberapa tag HTML khusus pada halaman website Anda. Tag ini menyediakan informasi seperti judul, deskripsi, gambar dan URL halaman Anda. Anda dapat menggunakan tag ini untuk membuat halaman website Anda lebih menarik ketika dibagikan di Facebook.

Tag HTML Open Graph

Berikut ini adalah beberapa tag HTML Open Graph yang paling umum digunakan:

  • <meta property=”og:title” content=”Judul Halaman”>
  • <meta property=”og:description” content=”Deskripsi Halaman”>
  • <meta property=”og:image” content=”Gambar Halaman”>
  • <meta property=”og:url” content=”URL Halaman”>

Anda bisa menambahkan tag HTML Open Graph tersebut ke dalam <head> tag di halaman website Anda. Jika Anda menggunakan WordPress, Anda bisa menggunakan plugin Open Graph untuk memudahkan pengaturan.

Pos Terkait:  Bank Terbuka Sukses Melakukan Transaksi SBI Repo dengan Tingkat Diskonto 950

Keuntungan Menggunakan Open Graph

Dengan menggunakan Open Graph, Anda dapat meningkatkan visibilitas dan eksposur situs web Anda di Facebook. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan jumlah klik dan kunjungan ke situs web Anda. Selain itu, ketika Anda menggunakan Open Graph, Anda dapat menampilkan konten yang lebih menarik dan jelas ketika tautan situs web Anda dibagikan di Facebook.

Kesimpulan

Open Graph atau OG adalah protokol yang digunakan oleh Facebook untuk mengumpulkan informasi saat suatu halaman website dibagikan ke platform mereka. Dengan menggunakan tag HTML Open Graph, Anda dapat meningkatkan visibilitas dan eksposur situs web Anda di Facebook serta meningkatkan jumlah klik dan kunjungan ke situs web Anda.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *