Apa Yang Dimaksud dengan Kebudayaan Non Material?

Posted on

Kebudayaan adalah sesuatu yang sangat luas dan meliputi segala aspek kehidupan manusia. Ada dua jenis kebudayaan, yaitu kebudayaan material dan kebudayaan non material. Kebudayaan material adalah segala sesuatu yang dapat dilihat, disentuh, dan dirasakan secara fisik seperti bangunan, pakaian, senjata, dan lain-lain. Sedangkan kebudayaan non material adalah segala sesuatu yang tidak dapat dilihat, disentuh, dan dirasakan secara fisik seperti adat istiadat, agama, bahasa, kesenian, dan lain-lain.

Adat Istiadat

Adat istiadat adalah suatu aturan yang telah menjadi kebiasaan atau tradisi di suatu daerah. Adat istiadat biasanya terkait dengan tata cara dalam beribadah, tata cara dalam berkomunikasi, tata cara dalam berpakaian, dan lain-lain. Setiap daerah di Indonesia memiliki adat istiadat yang berbeda-beda. Misalnya, adat istiadat dalam upacara pernikahan di Jawa berbeda dengan adat istiadat dalam upacara pernikahan di Bali.

Agama

Agama adalah suatu keyakinan yang dianut oleh sekelompok orang yang memiliki pandangan hidup yang sama. Agama juga memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan manusia. Agama dapat mempengaruhi perilaku, tata cara beribadah, dan tata cara dalam berinteraksi dengan sesama manusia. Di Indonesia, terdapat berbagai agama yang dianut oleh masyarakat seperti Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Pos Terkait:  Apa Itu Data Scientist? - Mengenal Profesi yang Sedang Naik Daun

Bahasa

Bahasa adalah alat komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Bahasa memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesama manusia. Di Indonesia, terdapat berbagai macam bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat. Selain itu, bahasa Indonesia juga menjadi bahasa resmi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kesenian

Kesenian adalah ekspresi seni yang dihasilkan oleh manusia. Kesenian dapat berupa musik, tari, lukisan, patung, dan lain-lain. Kesenian juga memiliki nilai estetika yang sangat tinggi dan dapat mempengaruhi kehidupan manusia. Di Indonesia, terdapat berbagai macam kesenian daerah yang memiliki ciri khas masing-masing. Misalnya, tari kecak dari Bali atau wayang kulit dari Jawa.

Conclusion

Kebudayaan non material merupakan bagian dari kebudayaan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Kebudayaan non material dapat mempengaruhi perilaku, tata cara beribadah, tata cara berkomunikasi, dan tata cara dalam berinteraksi dengan sesama manusia. Di Indonesia, terdapat berbagai macam kebudayaan non material yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kebudayaan non material harus dijaga dan dilestarikan agar tidak hilang dan menjadi identitas bangsa yang kuat.

Related posts:
Pos Terkait:  Latihan Keseimbangan Bermanfaat Untuk Meningkatkan Kemampuan Apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *