Apa yang Dimaksud dengan Intisari?

Posted on

Intisari dapat diartikan sebagai suatu ringkasan atau gambaran singkat dari suatu karya tulis, baik itu buku, artikel, atau laporan. Intisari seringkali digunakan sebagai sarana untuk memberikan informasi yang lebih mudah dipahami dan cepat didapatkan oleh pembaca. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai apa yang dimaksud dengan intisari dan bagaimana intisari dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Apa Fungsi Intisari?

Intisari memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna, antara lain:

  • Menjelaskan isi dari suatu karya tulis dengan singkat dan jelas;
  • Memudahkan pembaca untuk memahami isi dari suatu karya tulis;
  • Menjadi sumber informasi yang cepat dan mudah didapatkan oleh pembaca;
  • Menarik minat pembaca untuk membaca secara lebih detail isi dari suatu karya tulis.

Dalam dunia jurnalistik, intisari juga seringkali digunakan sebagai sarana untuk memberikan gambaran singkat mengenai suatu berita. Intisari berita dapat membantu pembaca untuk memahami isi berita dengan cepat, sehingga pembaca tidak perlu membaca seluruh isi berita yang terkadang terlalu panjang.

Pos Terkait:  Alat Makey Sebagai Papan Sirkuit yang Memiliki Input dan Output yang Unik

Bagaimana Cara Membuat Intisari yang Baik?

Untuk membuat intisari yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Memahami dengan baik isi dari karya tulis yang akan diintisari;
  • Memilih kata-kata yang tepat dan mudah dipahami oleh pembaca;
  • Menyajikan intisari dengan singkat dan jelas;
  • Menghindari memberikan opini atau pendapat pribadi dalam intisari.

Dalam membuat intisari, perlu diingat bahwa intisari harus mampu memberikan gambaran singkat yang tepat mengenai isi dari suatu karya tulis. Intisari yang terlalu panjang atau terlalu singkat dapat membuat pembaca tidak tertarik untuk membaca lebih lanjut isi dari karya tulis tersebut.

Contoh Intisari dari Sebuah Buku

Untuk memberikan gambaran lebih jelas mengenai intisari, berikut ini adalah contoh intisari dari sebuah buku:

Judul Buku: “Membangun Bisnis Online yang Sukses”

Intisari: Buku ini membahas mengenai cara membangun bisnis online yang sukses. Dalam buku ini, pembaca akan diajarkan mengenai strategi marketing yang efektif, cara membangun website yang menarik, dan juga bagaimana mengelola bisnis online dengan baik. Buku ini cocok bagi mereka yang ingin memulai bisnis online atau yang ingin meningkatkan performa bisnis online yang sudah dimiliki.

Pos Terkait:  Perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen: Apa Sebenarnya?

Manfaat Menggunakan Intisari dalam Kehidupan Sehari-hari

Intisari tidak hanya berguna dalam dunia jurnalistik atau penerbitan buku, tetapi juga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

  • Mempermudah pembacaan buku atau artikel;
  • Mempercepat proses pencarian informasi;
  • Memudahkan dalam memahami informasi yang kompleks;
  • Menambah wawasan dan pengetahuan secara singkat.

Dalam era digital seperti sekarang ini, intisari juga seringkali digunakan dalam media sosial. Beberapa media sosial seperti Twitter dan Facebook membatasi jumlah karakter yang dapat digunakan oleh pengguna dalam satu postingan. Dalam hal ini, intisari dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menginformasikan sesuatu dengan singkat dan jelas.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa intisari merupakan ringkasan atau gambaran singkat dari suatu karya tulis. Intisari memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna, antara lain untuk menjelaskan isi karya tulis dengan singkat dan jelas, memudahkan pembaca untuk memahami isi karya tulis, dan menjadi sumber informasi yang cepat dan mudah didapatkan oleh pembaca.

Dalam membuat intisari, perlu diperhatikan beberapa hal seperti memahami isi dari karya tulis yang akan diintisari, memilih kata-kata yang tepat dan mudah dipahami, menyajikan intisari dengan singkat dan jelas, serta menghindari memberikan opini atau pendapat pribadi dalam intisari.

Pos Terkait:  10 Jurusan yang Berhubungan dengan Bahasa Inggris

Intisari tidak hanya berguna dalam dunia jurnalistik atau penerbitan buku, tetapi juga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, seperti mempermudah pembacaan buku atau artikel, mempercepat proses pencarian informasi, memudahkan dalam memahami informasi yang kompleks, dan menambah wawasan dan pengetahuan secara singkat.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *