Apa yang Dimaksud dengan Interval Terts

Posted on

Interval terts merupakan istilah yang sering digunakan dalam musik. Interval terts merupakan jarak nada yang terdapat di antara dua nada pada nada dasar dan nada ketiga. Interval ini sering digunakan dalam pembentukan akor dan harmoni pada musik.

Pengertian Interval Terts

Interval terts merupakan interval yang terdiri dari tiga nada atau tiga derajat. Interval ini terdiri dari nada dasar, nada ketiga, dan nada kelima. Interval terts dapat ditemukan pada berbagai jenis akor dan harmoni, seperti akor mayor, minor, dan sebagainya.

Interval terts juga dapat ditemukan pada berbagai jenis skala musik, seperti skala mayor dan minor. Interval ini dapat memberikan warna dan nuansa yang berbeda pada sebuah lagu atau musik.

Macam-Macam Interval Terts

Terdapat beberapa macam interval terts, di antaranya adalah:

  • Interval Terts Kecil (Minor Third)
  • Interval Terts Besar (Major Third)
  • Interval Terts Meningkat (Augmented Third)
  • Interval Terts Menurun (Diminished Third)

Setiap macam interval terts memiliki karakteristik dan penggunaan yang berbeda dalam musik. Interval terts kecil sering digunakan dalam pembentukan akor minor, sedangkan interval terts besar sering digunakan dalam pembentukan akor mayor.

Pos Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Jurusan IPS

Contoh Penggunaan Interval Terts

Contoh penggunaan interval terts dapat ditemukan pada berbagai lagu atau musik. Misalnya, pada lagu “Laskar Pelangi” karya Nidji, terdapat penggunaan interval terts pada awal lagu pada akor G mayor.

Interval terts yang digunakan pada akor G mayor adalah interval terts besar, yaitu jarak nada antara G dan B. Penggunaan interval terts besar pada akor G mayor memberikan nuansa yang ceria dan optimis pada lagu tersebut.

Kesimpulan

Interval terts merupakan jarak nada yang terdiri dari tiga nada atau tiga derajat pada musik. Interval ini sering digunakan dalam pembentukan akor dan harmoni pada musik. Terdapat beberapa macam interval terts, di antaranya adalah interval terts kecil, besar, meningkat, dan menurun.

Penggunaan interval terts dapat memberikan warna dan nuansa yang berbeda pada sebuah lagu atau musik. Contoh penggunaan interval terts dapat ditemukan pada berbagai lagu atau musik, seperti pada lagu “Laskar Pelangi” karya Nidji.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *