Apa yang Dimaksud dengan GRT?

Posted on

Sebelum membahas lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan GRT, penting untuk memahami terlebih dahulu apa itu GRT. GRT adalah singkatan dari Gross Register Tonnage, yang merupakan ukuran kapasitas bruto kapal. Ukuran ini dinyatakan dalam ton, yang mengacu pada volume total kapal.

Apa Fungsi dari GRT?

GRT digunakan untuk menentukan biaya operasional kapal, seperti biaya bahan bakar dan biaya perawatan. Selain itu, GRT juga digunakan untuk menentukan tarif asuransi dan pajak kapal. Oleh karena itu, GRT sangat penting untuk menentukan nilai kapal dan menentukan kemampuan kapal untuk mengangkut muatan.

Bagaimana Cara Menghitung GRT?

Untuk menghitung GRT, terdapat rumus yang digunakan, yaitu:

GRT = (Volume kapal dalam meter kubik) / 100

Volume kapal dalam meter kubik dihitung dengan mengukur panjang kapal, lebar kapal, dan tinggi kapal di atas garis air.

Perbedaan Antara GRT dan NRT

Selain GRT, ada juga istilah NRT atau Net Register Tonnage. NRT adalah ukuran kapasitas bersih kapal, yang mengacu pada volume kapal yang dapat digunakan untuk muatan.

Pos Terkait:  Bagaimana Tanda untuk Bunyi Pendek?

Perbedaan antara GRT dan NRT terletak pada penghitungan kapasitas kapal. GRT mengukur seluruh volume kapal, termasuk ruang mesin dan ruang awak, sementara NRT hanya mengukur volume muatan yang dapat dibawa oleh kapal.

Apa Saja Jenis-jenis GRT?

Terdapat beberapa jenis GRT, antara lain:

1. GRT Kotor

GRT Kotor atau Gross Tonnage (GT) adalah ukuran kapasitas total kapal, termasuk ruang mesin dan ruang awak. GRT Kotor digunakan untuk menentukan biaya operasional kapal dan tarif asuransi.

2. GRT Bersih

GRT Bersih atau Net Tonnage (NT) adalah ukuran kapasitas kapal yang dapat digunakan untuk muatan. GRT Bersih tidak termasuk ruang mesin dan ruang awak. GRT Bersih digunakan untuk menentukan kapasitas muatan kapal.

3. GRT Sederhana

GRT Sederhana atau Simple Tonnage (ST) adalah ukuran kapasitas kapal yang dinyatakan dalam ton. GRT Sederhana digunakan untuk kapal-kapal kecil atau kapal-kapal yang tidak memiliki peralatan pengukur kapasitas.

Kesimpulan

Dalam dunia pelayaran, GRT adalah ukuran kapasitas bruto kapal yang sangat penting. GRT digunakan untuk menentukan biaya operasional kapal, tarif asuransi, dan pajak kapal. Untuk menghitung GRT, diperlukan rumus yang menggunakan volume kapal dalam meter kubik. Selain itu, terdapat juga istilah NRT yang merupakan ukuran kapasitas bersih kapal. Perbedaan antara GRT dan NRT terletak pada penghitungan kapasitas kapal. Terdapat beberapa jenis GRT, antara lain GRT Kotor, GRT Bersih, dan GRT Sederhana.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *