Apa Tugas Stage Manager dalam Pementasan Teater

Posted on

Pengertian Stage Manager

Sebelum membahas tentang tugas stage manager dalam pementasan teater, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu stage manager. Stage manager atau manajer panggung adalah orang yang bertanggung jawab atas kelancaran suatu pementasan teater. Posisi ini sangat penting karena stage manager berperan sebagai penghubung antara para pengisi acara dan staf teknis.

Tugas Stage Manager

Tugas stage manager sangat beragam dan kompleks, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan pementasan. Berikut adalah beberapa tugas stage manager dalam pementasan teater:

1. Perencanaan Pementasan

Sebelum pementasan dimulai, stage manager harus melakukan perencanaan terlebih dahulu. Hal ini meliputi penentuan jadwal latihan, pemilihan lokasi, pemilihan kostum dan properti, serta penentuan skenario.

2. Pengaturan Latihan

Stage manager juga bertanggung jawab atas pengaturan latihan. Dia harus memastikan bahwa para pengisi acara datang tepat waktu dan mempraktikkan adegan sesuai skenario dengan baik. Selain itu, stage manager juga harus memastikan bahwa staf teknis seperti penata suara, penata cahaya dan lain-lain hadir tepat waktu.

Pos Terkait:  Arti Kata Follow Up

3. Pengaturan Panggung

Stage manager harus memastikan panggung siap untuk pementasan. Dia harus memastikan bahwa properti dan kostum tersedia di tempat yang tepat dan siap digunakan. Selain itu, stage manager juga harus memastikan bahwa panggung dan perlengkapan teknis seperti pencahayaan, perangkat suara dan lain-lain berfungsi dengan baik.

4. Pengaturan Pemeran

Selain mengatur teknis panggung, stage manager juga harus mengatur para pemeran. Dia harus memastikan bahwa para pemeran siap tampil dan memiliki kostum serta properti yang tepat. Selain itu, stage manager juga harus memastikan bahwa para pemeran hadir di panggung sesuai jadwal yang telah ditentukan.

5. Pengaturan Pertunjukan

Pada saat pementasan berlangsung, stage manager harus memastikan bahwa semua berjalan dengan baik. Dia harus memastikan bahwa para pemeran tampil dengan baik, teknis panggung berfungsi dengan baik, dan penonton merasa puas dengan pertunjukan tersebut.

6. Penanganan Masalah Teknis

Ketika terjadi masalah teknis seperti perangkat suara yang tidak berfungsi atau pencahayaan yang padam, stage manager harus segera mengambil tindakan. Dia harus memastikan bahwa masalah tersebut diatasi secepat mungkin untuk menghindari gangguan pada pementasan.

Kesimpulan

Dalam pementasan teater, stage manager memegang peranan yang sangat penting. Dia bertanggung jawab atas kelancaran pementasan dari awal hingga akhir. Tugas-tugas stage manager sangat beragam dan kompleks, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan pementasan. Oleh karena itu, seorang stage manager harus memiliki kemampuan organisasi yang baik, dapat bekerja dalam tekanan, dan dapat berkomunikasi dengan baik dengan semua orang yang terlibat dalam pementasan tersebut.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *