Apa Sing Diarani Adangiyah: Penjelasan dan Arti

Posted on

Jika Anda tinggal di Indonesia atau sedang belajar bahasa Indonesia, Anda mungkin pernah mendengar kata “adangiyah”. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan adangiyah? Apakah itu kata yang umum digunakan dalam bahasa Indonesia atau hanya kata slang? Mari kita bahas lebih lanjut tentang apa sing diarani adangiyah.

Pengertian Adangiyah

Adangiyah adalah kata slang dalam bahasa Indonesia yang biasanya digunakan oleh orang Jawa. Kata ini berasal dari bahasa Jawa, yaitu “adhang-adhang” yang berarti “tidak teratur” atau “tidak terkontrol”. Kata ini biasanya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tidak bisa diatur atau dikendalikan.

Secara umum, adangiyah biasanya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang nakal atau bandel. Misalnya, jika ada seorang anak yang sering membuat keributan di sekolah, orang tua atau guru mungkin akan mengatakan bahwa anak itu adangiyah.

Contoh Penggunaan Adangiyah

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana kata adangiyah digunakan dalam bahasa Indonesia, berikut adalah beberapa contoh penggunaannya:

Pos Terkait:  Arti Kata Flash: Apa Itu Flash dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

1. “Dia adangiyah banget, susah dikendalikan.”

Kalimat ini menggambarkan seseorang yang sangat sulit untuk dikontrol atau diatur.

2. “Anak itu adangiyah, sering membuat onar di kelas.”

Kalimat ini menggambarkan seorang anak yang nakal dan sulit diatur di sekolah.

3. “Tolong jangan terlalu adangiyah, kita harus menjaga ketertiban.”

Kalimat ini merupakan permintaan agar seseorang tidak berperilaku nakal atau bandel sehingga dapat menjaga ketertiban.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan adangiyah dan bagaimana kata ini digunakan dalam bahasa Indonesia. Meskipun kata ini tidak umum digunakan dalam bahasa Indonesia yang formal, kata slang ini masih sering digunakan oleh orang Jawa dan mungkin juga oleh beberapa orang di daerah lain di Indonesia. Jadi, jika Anda mendengar kata adangiyah, sekarang Anda sudah tahu artinya!

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *