Apa Saja yang Termasuk Alat Musik Membranophone?

Posted on

Alat musik membranophone atau alat musik yang menghasilkan suara dari getaran membran yang tertutup ini menjadi salah satu jenis alat musik yang paling populer di dunia. Di Indonesia, alat musik membranophone juga sangat digemari dan sering digunakan dalam musik tradisional. Namun, apa saja sih alat musik membranophone yang termasuk dalam kategori ini? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Kendang

Kendang adalah alat musik membranophone yang berasal dari Indonesia. Kendang biasanya terbuat dari kayu atau logam dengan dua buah membran yang tertutup. Kendang digunakan dalam berbagai jenis musik tradisional Indonesia, seperti gamelan dan musik daerah.

2. Drum

Drum adalah alat musik membranophone yang sering digunakan dalam musik modern. Drum terdiri dari satu atau lebih membran yang tertutup dan dipukul dengan stik atau tangan. Drum umumnya digunakan dalam genre musik seperti rock, pop, dan jazz.

3. Conga

Conga adalah alat musik membranophone yang berasal dari Amerika Selatan. Conga terdiri dari sebuah tongkat yang diberi membran pada bagian atasnya. Conga biasanya dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam musik salsa dan musik Latin lainnya.

4. Timpani

Timpani adalah alat musik membranophone yang sering digunakan dalam orkestra. Timpani terdiri dari sebuah potongan logam atau kayu yang diberi membran pada bagian atasnya. Timpani dimainkan dengan menggunakan stik dan digunakan untuk memberikan efek dramatis dalam musik orkestra.

5. Tabla

Tabla adalah alat musik membranophone yang berasal dari India. Tabla terdiri dari dua buah drum kecil yang diberi membran pada bagian atasnya. Tabla dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam musik klasik India dan musik Bollywood.

6. Bongo

Bongo adalah alat musik membranophone yang berasal dari Afrika. Bongo terdiri dari dua buah drum kecil yang diberi membran pada bagian atasnya. Bongo dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam musik salsa, jazz, dan pop.

Pos Terkait:  10 Contoh Program Kerja Ekstrakulikuler yang untuk Kreativitas

7. Tamborim

Tamborim adalah alat musik membranophone yang berasal dari Brasil. Tamborim terdiri dari sebuah drum kecil yang diberi membran pada bagian atasnya. Tamborim dimainkan dengan menggunakan stik atau tangan dan digunakan dalam musik samba dan musik Brasil lainnya.

8. Bodhran

Bodhran adalah alat musik membranophone yang berasal dari Irlandia. Bodhran terdiri dari sebuah drum bulat yang diberi membran pada bagian atasnya. Bodhran dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam musik tradisional Irlandia.

9. Djembe

Djembe adalah alat musik membranophone yang berasal dari Afrika Barat. Djembe terdiri dari sebuah drum besar yang diberi membran pada bagian atasnya. Djembe dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam musik Afrika dan musik dunia lainnya.

10. Darbuka

Darbuka adalah alat musik membranophone yang berasal dari Timur Tengah. Darbuka terdiri dari sebuah drum kecil yang diberi membran pada bagian atasnya. Darbuka dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam musik Arab dan musik dunia lainnya.

11. Taiko

Taiko adalah alat musik membranophone yang berasal dari Jepang. Taiko terdiri dari sebuah drum besar yang diberi membran pada bagian atasnya. Taiko dimainkan dengan stik dan digunakan dalam musik tradisional Jepang.

12. Rebana

Rebana adalah alat musik membranophone yang berasal dari Indonesia. Rebana terdiri dari sebuah drum besar yang diberi membran pada bagian atasnya. Rebana dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam musik Islami dan musik tradisional Indonesia.

13. Dhol

Dhol adalah alat musik membranophone yang berasal dari India dan Pakistan. Dhol terdiri dari dua buah drum besar yang diberi membran pada bagian atasnya. Dhol dimainkan dengan stik dan digunakan dalam musik Bhangra dan musik Punjab.

14. Ashiko

Ashiko adalah alat musik membranophone yang berasal dari Afrika Barat. Ashiko terdiri dari sebuah drum besar yang diberi membran pada bagian atasnya. Ashiko dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam musik Afrika dan musik dunia lainnya.

15. Mridangam

Mridangam adalah alat musik membranophone yang berasal dari India Selatan. Mridangam terdiri dari sebuah drum besar yang diberi membran pada bagian atasnya. Mridangam dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam musik klasik India dan musik Karnatik.

Pos Terkait:  Arti Kata Lereng: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimat

16. Steelpan

Steelpan adalah alat musik membranophone yang berasal dari Trinidad dan Tobago. Steelpan terdiri dari sebuah wadah logam yang diberi membran pada bagian atasnya. Steelpan dimainkan dengan stik dan digunakan dalam musik calypso dan musik Trinidad dan Tobago lainnya.

17. Bodhran

Bodhran adalah alat musik membranophone yang berasal dari Irlandia. Bodhran terdiri dari sebuah drum bulat yang diberi membran pada bagian atasnya. Bodhran dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam musik tradisional Irlandia.

18. Surdo

Surdo adalah alat musik membranophone yang berasal dari Brasil. Surdo terdiri dari sebuah drum besar yang diberi membran pada bagian atasnya. Surdo dimainkan dengan stik atau tangan dan digunakan dalam musik samba dan musik Brasil lainnya.

19. Cajon

Cajon adalah alat musik membranophone yang berasal dari Peru. Cajon terdiri dari sebuah kotak kayu yang diberi membran pada bagian atasnya. Cajon dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam musik Afro-Peru dan musik dunia lainnya.

20. Bodhran

Bodhran adalah alat musik membranophone yang berasal dari Irlandia. Bodhran terdiri dari sebuah drum bulat yang diberi membran pada bagian atasnya. Bodhran dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam musik tradisional Irlandia.

21. Taiko

Taiko adalah alat musik membranophone yang berasal dari Jepang. Taiko terdiri dari sebuah drum besar yang diberi membran pada bagian atasnya. Taiko dimainkan dengan stik dan digunakan dalam musik tradisional Jepang.

22. Bass Drum

Bass Drum adalah alat musik membranophone yang sering digunakan dalam musik marching band. Bass Drum terdiri dari sebuah drum besar yang diberi membran pada bagian atasnya. Bass Drum dimainkan dengan menggunakan stik dan digunakan dalam musik marching band dan musik orkestra.

23. Gendang

Gendang adalah alat musik membranophone yang berasal dari Malaysia dan Indonesia. Gendang terdiri dari sebuah drum besar yang diberi membran pada bagian atasnya. Gendang dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam musik tradisional Melayu dan musik daerah Indonesia.

24. Frame Drum

Frame Drum adalah alat musik membranophone yang sering digunakan dalam musik dunia dan musik klasik. Frame Drum terdiri dari sebuah cincin kayu atau logam yang diberi membran pada bagian atasnya. Frame Drum dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam berbagai jenis musik.

Pos Terkait:  Loncat Kangkang Dilakukan oleh Pesenam Diawali dengan: Apa itu Loncat Kangkang?

25. Tabor

Tabor adalah alat musik membranophone yang berasal dari Eropa. Tabor terdiri dari sebuah drum kecil yang diberi membran pada bagian atasnya. Tabor dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam musik tradisional Eropa.

26. Tom-tom

Tom-tom adalah alat musik membranophone yang sering digunakan dalam musik modern. Tom-tom terdiri dari sebuah drum kecil atau besar yang diberi membran pada bagian atasnya. Tom-tom dimainkan dengan stik dan digunakan dalam berbagai genre musik seperti rock, pop, dan jazz.

27. Kanjira

Kanjira adalah alat musik membranophone yang berasal dari India Selatan. Kanjira terdiri dari sebuah drum kecil yang diberi membran pada bagian atasnya. Kanjira dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam musik Karnatik dan musik India Selatan lainnya.

28. Kudum

Kudum adalah alat musik membranophone yang berasal dari Iran. Kudum terdiri dari sebuah drum kecil yang diberi membran pada bagian atasnya. Kudum dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam musik tradisional Iran.

29. Riq

Riq adalah alat musik membranophone yang berasal dari Timur Tengah. Riq terdiri dari sebuah cincin kayu atau logam yang diberi membran pada bagian atasnya. Riq dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam musik Arab dan musik dunia lainnya.

30. Pandeiro

Pandeiro adalah alat musik membranophone yang berasal dari Brasil. Pandeiro terdiri dari sebuah cincin kayu atau logam yang diberi membran pada bagian atasnya. Pandeiro dimainkan dengan tangan dan digunakan dalam musik samba dan musik Brasil lainnya.

Kesimpulan

Itulah beberapa alat musik membranophone yang sering digunakan dalam musik di seluruh dunia. Setiap alat musik ini memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri, sehingga memberikan warna yang berbeda-beda dalam musik. Dengan mengenal lebih dalam tentang alat musik membranophone, kita bisa lebih mengapresiasi dan memahami musik dari berbagai negara dan budaya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *