Apa Saja yang Menjadi Tugas-tugas Diakon dalam Gereja?

Posted on

Diakon adalah salah satu jabatan dalam gereja yang memiliki banyak tugas dan tanggung jawab. Tugas-tugas diakon berbeda-beda tergantung dari denominasi gereja, namun umumnya ada beberapa tugas yang menjadi tanggung jawab diakon.

Tugas-tugas Diakon dalam Gereja

Berikut adalah beberapa tugas-tugas diakon dalam gereja:

1. Mengunjungi Orang Sakit dan Lansia

Salah satu tugas utama diakon adalah mengunjungi orang sakit dan lansia. Diakon bertugas untuk memberikan dukungan moral dan spiritual kepada orang yang sedang sakit atau lansia yang membutuhkan perhatian khusus.

Diakon juga bertanggung jawab untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari orang sakit atau lansia, seperti memberikan makanan dan obat-obatan sesuai dengan resep dokter.

2. Melayani Perayaan Kudus

Diakon juga bertugas untuk melayani perayaan kudus, seperti misa atau ibadah lainnya. Diakon membantu pastor atau pendeta dalam memimpin perayaan kudus dan memberikan sakramen-sakramen seperti baptisan dan perjamuan kudus.

Diakon juga bertanggung jawab untuk membantu mempersiapkan altar dan peralatan-peralatan lainnya yang diperlukan dalam perayaan kudus.

Pos Terkait:  10 Cara Lancar Berbicara di Depan Kamera

3. Mengajar Katekisasi

Diakon juga dapat bertugas sebagai pengajar katekisasi. Diakon bertanggung jawab untuk mengajar agama kepada orang dewasa atau anak-anak yang ingin belajar lebih dalam tentang agama.

Diakon juga bertugas untuk mempersiapkan materi-materi katekisasi dan mengatur jadwal pengajaran sesuai dengan kebutuhan gereja.

4. Melayani Orang Miskin dan Terpinggirkan

Diakon juga bertugas untuk melayani orang miskin dan terpinggirkan. Diakon bertanggung jawab untuk memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti memberikan makanan atau pakaian.

Diakon juga bertanggung jawab untuk memimpin program-program sosial yang bertujuan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

5. Menjaga Keamanan Gereja

Diakon juga bertugas untuk menjaga keamanan gereja. Diakon bertanggung jawab untuk mengawasi keamanan gereja dan mencegah terjadinya tindakan kriminal di sekitar gereja.

Diakon juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa gedung gereja dan peralatan-peralatan gereja dalam kondisi yang baik dan aman digunakan.

6. Mengurus Administrasi Gereja

Diakon juga dapat bertugas untuk mengurus administrasi gereja. Diakon bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua dokumen gereja teratur dan up-to-date, serta membantu dalam mengatur jadwal kegiatan gereja.

Diakon juga dapat bertugas sebagai penjaga buku gereja, yaitu mencatat semua transaksi keuangan gereja dan memastikan bahwa keuangan gereja teratur dan tercatat dengan baik.

Pos Terkait:  Arti Kata Deskripsi: Pengertian, Jenis, dan Contoh Deskripsi dalam Bahasa Indonesia

Kesimpulan

Tugas-tugas diakon dalam gereja sangatlah beragam dan bergantung pada kebutuhan gereja tersebut. Namun, tugas-tugas diakon umumnya mencakup mengunjungi orang sakit dan lansia, melayani perayaan kudus, mengajar katekisasi, melayani orang miskin dan terpinggirkan, menjaga keamanan gereja, dan mengurus administrasi gereja.

Dalam menjalankan tugas-tugasnya, diakon harus memiliki dedikasi yang tinggi dan selalu siap membantu gereja dan jemaatnya. Dengan menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, diakon akan menjadi teladan bagi umat dan mampu membawa berkat bagi gereja dan masyarakat sekitarnya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *