Apa Saja Langkah-Langkah Meringkas

Posted on

Meringkas merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh banyak orang. Kegiatan ini dilakukan untuk mempermudah pemahaman terhadap suatu teks atau artikel. Namun, tak semua orang mampu meringkas dengan baik dan benar. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas apa saja langkah-langkah meringkas yang dapat dilakukan dengan mudah dan efektif.

1. Pahami Tujuan Meringkas

Sebelum memulai kegiatan meringkas, pastikan untuk memahami tujuan dari aktivitas ini. Apakah meringkas bertujuan untuk mempercepat pemahaman atau mempersingkat waktu membaca? Dengan memahami tujuan, akan lebih mudah untuk menentukan kriteria apa saja yang perlu disaring dan dipertahankan dalam ringkasan.

2. Baca Teks atau Artikel Secara Keseluruhan

Langkah selanjutnya adalah membaca teks atau artikel secara keseluruhan. Bacalah dengan seksama dan pastikan pemahaman terhadap isi dan maksud dari artikel tersebut. Jangan terburu-buru dalam membaca dan memahami artikel, karena hal ini akan berpengaruh pada hasil akhir dari ringkasan.

3. Buat Daftar Poin Utama

Setelah memahami isi dari artikel, buatlah daftar poin utama yang menjadi topik utama dalam artikel tersebut. Jangan mencantumkan poin-poin yang bersifat tambahan atau tidak penting. Daftar poin utama ini akan menjadi panduan dalam membuat ringkasan.

Pos Terkait:  Ukuran BH 34 75 Artinya Apa

4. Buat Ringkasan Singkat dari Setiap Poin Utama

Setelah memiliki daftar poin utama, buatlah ringkasan singkat dari setiap poin tersebut. Pastikan untuk menyajikan informasi penting dan relevan yang terkait dengan topik utama. Ringkasan yang dibuat harus singkat dan padat, sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

5. Buat Paragraf Pendahuluan dan Penutup

Setelah membuat ringkasan dari setiap poin utama, buatlah paragraf pendahuluan dan penutup yang berisi gambaran umum dari isi artikel. Paragraf pendahuluan harus mencakup informasi penting tentang artikel, sedangkan paragraf penutup harus memberikan kesimpulan dari ringkasan yang telah dibuat.

6. Perbaiki Ringkasan yang Telah Dibuat

Setelah semua ringkasan telah selesai dibuat, perbaikilah kesalahan tata bahasa dan ejaan jika ada. Pastikan ringkasan yang dibuat mudah dipahami dan tidak menimbulkan kesalahpahaman.

7. Cek Kembali Hasil Akhir

Sebelum mengirimkan ringkasan, cek kembali hasil akhir dari ringkasan yang telah dibuat. Pastikan tidak ada informasi penting yang terlewatkan dan ringkasan sudah sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

8. Gunakan Software Meringkas

Jika kesulitan dalam membuat ringkasan secara manual, gunakanlah software meringkas. Ada banyak software meringkas yang dapat digunakan secara online maupun offline. Namun, tetap perlu untuk memeriksa hasil akhir dari software meringkas yang digunakan.

9. Jangan Mengubah Makna Asli dari Teks atau Artikel

Dalam membuat ringkasan, pastikan untuk tidak mengubah makna asli dari teks atau artikel yang menjadi bahan dasar ringkasan. Ringkasan harus tetap mengandung informasi penting yang sesuai dengan tujuan dari teks atau artikel aslinya.

10. Hindari Penggunaan Kata-kata yang Tidak Diperlukan

Ringkasan harus singkat dan padat. Oleh karena itu, hindarilah penggunaan kata-kata yang tidak diperlukan atau bersifat redundan. Penggunaan kata-kata yang tepat dan relevan akan memudahkan pembaca dalam memahami isi dari ringkasan.

11. Perhatikan Struktur Kalimat

Perhatikan struktur kalimat yang digunakan dalam ringkasan. Struktur kalimat yang baik dan benar akan memudahkan pembaca dalam memahami isi dari ringkasan. Gunakan kalimat yang bersifat aktif dan jelas untuk memudahkan pemahaman.

12. Gunakan Kata-kata Kunci

Gunakan kata-kata kunci yang relevan dalam ringkasan. Kata-kata kunci ini akan memudahkan pencarian dan pemahaman terhadap isi dari ringkasan.

13. Buat Ringkasan Berdasarkan Format

Buatlah ringkasan berdasarkan format yang telah ditentukan. Format ini akan memudahkan pembaca dalam memahami isi dari ringkasan. Format yang baik dan benar akan membuat ringkasan menjadi lebih mudah dipahami dan menarik bagi pembaca.

Pos Terkait:  Verb 2 dan Verb 3 dari Kata Live, Pray, Play, Visit, Escape, Laugh

14. Fokus pada Informasi Utama

Fokuslah pada informasi utama yang terkait dengan topik utama. Hindari penggunaan informasi yang tidak penting atau tidak relevan dengan topik utama. Fokus pada informasi utama akan membuat ringkasan menjadi lebih singkat dan padat.

15. Buat Ringkasan yang Menarik

Buatlah ringkasan yang menarik dan mudah dipahami. Ringkasan yang menarik akan membuat pembaca tertarik untuk membaca seluruh isi artikel. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan hindari penggunaan bahasa yang terlalu formal.

16. Periksa Kembali Ringkasan

Periksa kembali ringkasan yang telah dibuat. Pastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan dan isi dari ringkasan. Ringkasan harus mengandung informasi penting yang sesuai dengan tujuan dari teks atau artikel aslinya.

17. Gunakan Sumber yang Terpercaya

Gunakan sumber yang terpercaya dalam membuat ringkasan. Sumber yang terpercaya akan menghasilkan informasi yang akurat dan relevan. Hindari penggunaan sumber yang tidak jelas atau tidak terpercaya.

18. Buat Ringkasan yang Informatif

Buatlah ringkasan yang informatif dan mudah dipahami. Ringkasan yang informatif akan memberikan gambaran umum tentang isi artikel dan mempermudah pemahaman terhadap topik yang dibahas.

19. Gunakan Gaya Bahasa yang Konsisten

Gunakan gaya bahasa yang konsisten dalam ringkasan. Hindari perubahan gaya bahasa yang dapat membingungkan pembaca. Gunakan gaya bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan tujuan ringkasan.

20. Buat Ringkasan yang Mudah Dipahami

Buatlah ringkasan yang mudah dipahami dan tidak membingungkan pembaca. Gunakan bahasa yang sederhana dan jelas untuk memudahkan pemahaman. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu formal atau sulit dipahami.

21. Buat Ringkasan yang Singkat

Ringkasan harus singkat dan padat. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang atau informasi yang tidak relevan. Ringkasan yang singkat akan mempermudah pembaca dalam memahami isi dari ringkasan.

22. Gunakan Kalimat yang Bersifat Aktif

Gunakan kalimat yang bersifat aktif dalam ringkasan. Kalimat yang bersifat aktif akan membuat ringkasan menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Hindari penggunaan kalimat yang bersifat pasif.

23. Gunakan Bahasa yang Tepat

Gunakan bahasa yang tepat dalam ringkasan. Hindari penggunaan bahasa yang ambigu atau tidak jelas. Gunakan kata-kata yang tepat dan relevan untuk memudahkan pemahaman.

Pos Terkait:  Yang Termasuk Peralatan Seni Lukis di Bawah Ini Adalah

24. Buat Ringkasan yang Relevan

Buatlah ringkasan yang relevan dengan topik utama. Hindari penggunaan informasi yang tidak relevan atau tidak penting. Ringkasan harus mengandung informasi penting yang terkait dengan topik utama.

25. Buat Ringkasan yang Mudah Dibaca

Buatlah ringkasan yang mudah dibaca dan tidak membingungkan pembaca. Gunakan tata bahasa yang baik dan benar serta hindari penggunaan kalimat yang terlalu rumit.

26. Buat Ringkasan yang Menarik

Buatlah ringkasan yang menarik dan mudah dipahami. Gunakan bahasa yang menarik dan tidak membosankan untuk membuat pembaca tertarik membaca seluruh isi artikel.

27. Gunakan Gaya Bahasa yang Menarik

Gunakan gaya bahasa yang menarik dalam ringkasan. Gaya bahasa yang menarik akan membuat ringkasan menjadi lebih menarik dan mudah dipahami.

28. Buat Ringkasan yang Terstruktur

Buatlah ringkasan yang terstruktur dan mudah dipahami. Ringkasan harus memiliki struktur yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca.

29. Sajikan Informasi yang Penting

Ringkasan harus mengandung informasi penting yang terkait dengan topik utama. Hindari penggunaan informasi yang tidak penting atau bersifat tambahan.

30. Berikan Kesimpulan

Berikan kesimpulan dari ringkasan yang telah dibuat. Kesimpulan harus mencakup gambaran umum tentang isi artikel dan memberikan pandangan yang jelas tentang topik yang dibahas dalam artikel tersebut.

Kesimpulan

Meringkas merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh banyak orang. Namun, tidak semua orang mampu meringkas dengan baik dan benar. Oleh karena itu, dalam membuat ringkasan, perlu memahami tujuan dari aktivitas ini, membaca teks atau artikel secara keseluruhan, membuat daftar poin utama, membuat ringkasan singkat dari setiap poin utama, membuat paragraf pendahuluan dan penutup, memperbaiki ringkasan yang telah dibuat, dan memeriksa kembali hasil akhir dari ringkasan yang telah dibuat. Selain itu, gunakanlah sumber yang terpercaya, gunakan kata-kata kunci yang relevan, dan hindari penggunaan kata-kata yang tidak diperlukan. Dengan mengikuti langkah-langkah meringkas yang telah disebutkan di atas, diharapkan dapat menghasilkan ringkasan yang baik dan efektif.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *