Apa Saja Gerak Dasar Fundamental Pada Olahraga?

Posted on

Pendahuluan

Olahraga adalah kegiatan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Ada berbagai jenis olahraga yang dapat dilakukan, seperti lari, berenang, basket, dan masih banyak lagi. Setiap jenis olahraga memiliki gerak dasar fundamental yang harus dikuasai oleh atlet agar dapat melakukan olahraga dengan baik. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang apa saja gerak dasar fundamental pada olahraga.

Gerak Dasar Fundamental pada Lari

Lari adalah olahraga yang banyak diminati oleh banyak orang. Ada beberapa gerak dasar fundamental pada lari yang harus dikuasai, yaitu:1. Posisi tubuh yang benarPosisi tubuh yang benar sangat penting agar dapat melakukan lari dengan baik. Posisi tubuh yang benar adalah dengan tegak lurus, kepala diangkat, bahu rileks, dan tangan digerakkan seirama dengan kaki.2. Pendaratan kaki yang tepatPendaratan kaki yang tepat sangat penting agar tidak terjadi cedera. Pendaratan kaki yang tepat adalah dengan menggunakan bola kaki sebagai titik pendaratan, bukan dengan tumit.3. Gerakan lengan yang seiramaGerakan lengan yang seirama dengan kaki sangat penting agar dapat mempertahankan keseimbangan dan mempercepat gerakan.

Pos Terkait:  Jelaskan Pengertian Makanan yang Halal?

Gerak Dasar Fundamental pada Basket

Basket adalah olahraga yang membutuhkan kecepatan, kekuatan, dan ketepatan. Ada beberapa gerak dasar fundamental pada basket yang harus dikuasai, yaitu:1. DribbleDribble adalah gerakan menggiring bola dengan tangan. Dalam dribble, perlu diperhatikan posisi tubuh, posisi bola, dan gerakan tangan yang tepat.2. PassPass adalah gerakan melempar bola ke rekan satu tim. Dalam pass, perlu diperhatikan kekuatan lemparan, arah lemparan, dan posisi tubuh.3. ShootingShooting adalah gerakan melempar bola ke dalam ring. Dalam shooting, perlu diperhatikan posisi tubuh, kekuatan lemparan, arah lemparan, dan jarak dari ring.

Gerak Dasar Fundamental pada Berenang

Berenang adalah olahraga yang membutuhkan ketahanan, kekuatan, dan teknik yang baik. Ada beberapa gerak dasar fundamental pada berenang yang harus dikuasai, yaitu:1. Posisi tubuh yang benarPosisi tubuh yang benar sangat penting agar dapat berenang dengan baik. Posisi tubuh yang benar adalah dengan tubuh dalam posisi horizontal, kepala diangkat, dan tangan digerakkan seirama dengan kaki.2. Gerakan kakiGerakan kaki yang tepat sangat penting agar dapat berenang dengan cepat. Gerakan kaki yang tepat adalah dengan menggunakan otot paha dan betis sebagai penggerak.3. Gerakan tanganGerakan tangan yang tepat sangat penting agar dapat berenang dengan cepat. Gerakan tangan yang tepat adalah dengan menggunakan otot bahu dan lengan sebagai penggerak.

Pos Terkait:  Apa Efek Samping Slimming Tea Noera? Simak Penjelasannya

Kesimpulan

Ada banyak gerak dasar fundamental pada olahraga yang harus dikuasai oleh atlet agar dapat melakukan olahraga dengan baik. Pada lari, gerak dasar fundamental meliputi posisi tubuh yang benar, pendaratan kaki yang tepat, dan gerakan lengan yang seirama. Pada basket, gerak dasar fundamental meliputi dribble, pass, dan shooting. Pada berenang, gerak dasar fundamental meliputi posisi tubuh yang benar, gerakan kaki, dan gerakan tangan. Oleh karena itu, penting bagi atlet untuk menguasai gerak dasar fundamental pada olahraga yang mereka geluti.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *