Apa Perbedaan Double dan Integer?

Posted on

Bagi sebagian orang, pemrograman mungkin terdengar seperti bahasa yang sulit dipahami. Akan tetapi, dengan memahami konsep dasar, pemrograman bisa menjadi lebih mudah dipahami. Salah satu dari konsep dasar yang perlu dipahami di dalam pemrograman adalah jenis-jenis data. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara dua jenis data, yaitu double dan integer.

Pengertian Integer

Integer adalah jenis data yang digunakan untuk merepresentasikan bilangan bulat. Artinya, integer hanya dapat berupa bilangan bulat, baik positif maupun negatif, tanpa koma desimal atau pecahan. Contohnya, 1, 2, 3, -4, -5, dan sebagainya.

Di dalam pemrograman, integer biasa digunakan untuk merepresentasikan jumlah atau banyaknya suatu objek atau entitas. Misalnya, jumlah barang yang tersedia di dalam gudang, jumlah pengunjung yang datang ke suatu acara, atau jumlah pesanan yang masuk ke dalam sistem.

Pengertian Double

Sedangkan double adalah jenis data yang digunakan untuk merepresentasikan bilangan pecahan atau desimal. Artinya, double dapat berupa bilangan bulat atau desimal dengan nilai pecahan. Contohnya, 1.23, 2.34, 3.45, -4.56, -5.67, dan sebagainya.

Di dalam pemrograman, double biasa digunakan untuk merepresentasikan angka-angka yang membutuhkan nilai pecahan. Misalnya, harga barang yang dijual, nilai-nilai mata uang asing, atau hasil perhitungan matematika yang membutuhkan nilai pecahan.

Pos Terkait:  Mengapa Kita Harus Mementingkan Persatuan Brainly

Perbedaan Utama Antara Double dan Integer

Perbedaan utama antara double dan integer adalah jenis bilangan yang dapat direpresentasikan oleh masing-masing jenis data. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, integer hanya dapat merepresentasikan bilangan bulat, sedangkan double dapat merepresentasikan bilangan bulat dan pecahan.

Selain itu, perbedaan lainnya adalah ukuran memori yang dibutuhkan. Integer biasanya membutuhkan lebih sedikit ruang di dalam memori jika dibandingkan dengan double. Hal ini karena integer hanya membutuhkan 4 byte di dalam memori, sementara double membutuhkan 8 byte di dalam memori.

Namun, perbedaan ukuran memori ini tidak selalu menjadi faktor utama dalam pemilihan jenis data yang tepat. Karena dalam beberapa kasus, seperti perhitungan yang membutuhkan nilai pecahan yang sangat presisi, double justru menjadi pilihan yang lebih tepat, meskipun membutuhkan lebih banyak ruang di dalam memori.

Kesimpulan

Dalam pemrograman, memahami jenis-jenis data dan perbedaan antara masing-masing jenis data sangat penting. Double dan integer adalah dua jenis data yang sering digunakan dalam pemrograman. Perbedaan utama antara keduanya adalah jenis bilangan yang dapat direpresentasikan dan ukuran memori yang dibutuhkan. Dengan memilih jenis data yang tepat, kita dapat memastikan program yang dibuat dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan kebutuhan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *