Apa Perbedaan Antara Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik?

Posted on

Apakah kamu pernah mendengar istilah unsur intrinsik dan ekstrinsik? Kedua istilah ini sering digunakan dalam dunia sastra, namun tidak semua orang tahu apa perbedaan antara keduanya. Pada artikel ini, kamu akan mempelajari perbedaan antara unsur intrinsik dan ekstrinsik dengan cara yang mudah dipahami.

Pengertian Unsur Intrinsik

Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang terdapat dalam suatu karya sastra yang berasal dari dalam karya itu sendiri. Unsur-unsur ini mencakup karakter, tema, plot, setting, dan gaya bahasa. Dalam unsur intrinsik, pembaca harus memahami karya sastra secara keseluruhan untuk dapat memahami unsur-unsurnya.

Contoh unsur intrinsik dalam suatu cerpen adalah karakter tokoh utama yang memiliki konflik internal dan eksternal yang kuat, tema tentang keberanian dan pengorbanan, plot yang menegangkan, setting di suatu kota kecil di Jawa, dan gaya bahasa yang sederhana namun mengesankan.

Pengertian Unsur Ekstrinsik

Unsur ekstrinsik, sebaliknya, adalah unsur-unsur yang berasal dari luar karya sastra. Unsur-unsur ini mencakup informasi tentang penulis, latar belakang sejarah dan budaya, serta konteks sosial dan politik pada saat karya sastra itu ditulis. Dalam unsur ekstrinsik, pembaca harus memiliki pengetahuan tambahan untuk dapat memahami unsur-unsurnya.

Pos Terkait:  Yang Bukan Merupakan Manfaat dari Senam Aerobik Yaitu

Contoh unsur ekstrinsik dalam suatu novel adalah informasi tentang penulis yang mengalami perang dunia, latar belakang sejarah dan budaya di negara tempat karya sastra itu ditulis, serta konteks sosial dan politik pada saat karya sastra itu ditulis.

Perbedaan Antara Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik

Perbedaan antara unsur intrinsik dan ekstrinsik cukup jelas. Unsur intrinsik berasal dari dalam karya sastra itu sendiri, sedangkan unsur ekstrinsik berasal dari luar karya sastra. Pembaca harus memahami karya sastra secara keseluruhan untuk dapat memahami unsur intrinsik, sedangkan pembaca harus memiliki pengetahuan tambahan untuk dapat memahami unsur ekstrinsik.

Unsur intrinsik lebih fokus pada karya sastra itu sendiri, sedangkan unsur ekstrinsik lebih fokus pada konteks sosial, sejarah, dan budaya di mana karya sastra itu ditulis. Namun, baik unsur intrinsik maupun ekstrinsik sama-sama penting dalam memahami sebuah karya sastra secara keseluruhan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kamu telah mempelajari perbedaan antara unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam karya sastra. Unsur intrinsik berasal dari dalam karya sastra itu sendiri, sedangkan unsur ekstrinsik berasal dari luar karya sastra. Pembaca harus memahami karya sastra secara keseluruhan untuk dapat memahami unsur intrinsik, sedangkan pembaca harus memiliki pengetahuan tambahan untuk dapat memahami unsur ekstrinsik. Keduanya sama-sama penting dalam memahami sebuah karya sastra secara keseluruhan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *