Apa Maksud dari Pertanyaan Leading?

Posted on

Pertanyaan leading adalah sebuah teknik dalam melakukan wawancara atau interogasi yang bertujuan untuk mengarahkan jawaban responden ke arah yang diinginkan oleh pewawancara. Pertanyaan ini biasanya diarahkan dengan cara memberikan sebuah jawaban atau asumsi yang sudah dianggap benar oleh pewawancara sehingga responden akan cenderung menjawab sesuai dengan asumsi yang diberikan.

Contoh Pertanyaan Leading

Contoh sederhana dari pertanyaan leading adalah ketika seorang pewawancara bertanya, “Anda merasa senang dengan produk kami, bukan?” Jawaban yang diharapkan dari responden adalah “Ya”, karena sudah diasumsikan bahwa produk tersebut memang baik dan menyenangkan.

Contoh lainnya adalah ketika seorang pewawancara bertanya, “Apakah Anda memilih produk kami karena kualitasnya yang sangat baik?” Jawaban yang diharapkan adalah “Ya”, karena sudah diasumsikan bahwa kualitas produk tersebut memang sangat baik.

Manfaat dan Kekurangan dari Pertanyaan Leading

Pertanyaan leading dapat memberikan manfaat dalam hal mengarahkan pembicaraan ke arah yang diinginkan oleh pewawancara. Hal ini dapat membantu dalam memperoleh informasi yang diinginkan dengan lebih mudah dan cepat.

Namun, kekurangan dari pertanyaan leading adalah bahwa teknik ini dapat mempengaruhi jawaban dari responden dan membuat informasi yang didapat tidak objektif. Selain itu, teknik ini juga dapat membuat responden merasa tidak nyaman atau dipaksa untuk menjawab sesuai dengan asumsi yang diberikan.

Pos Terkait:  Arti Kata CC: Apa Itu CC dan Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Cara Menghindari Penggunaan Pertanyaan Leading

Untuk menghindari penggunaan pertanyaan leading, seorang pewawancara dapat mengubah cara bertanya dengan menggunakan pertanyaan terbuka atau netral. Pertanyaan terbuka dapat membantu responden memberikan jawaban yang lebih objektif dan memberikan kesempatan untuk berbicara lebih banyak.

Contoh pertanyaan terbuka adalah “Bagaimana pendapat Anda tentang produk kami?” atau “Bisakah Anda memberikan contoh pengalaman Anda dengan produk kami?”

Selain itu, pewawancara juga dapat menghindari penggunaan asumsi atau jawaban yang dianggap benar dalam pertanyaan. Hal ini dapat membantu responden memberikan jawaban yang lebih bebas dan objektif, serta membantu pewawancara memperoleh informasi yang lebih akurat.

Kesimpulan

Pertanyaan leading adalah sebuah teknik dalam melakukan wawancara atau interogasi yang bertujuan untuk mengarahkan jawaban responden ke arah yang diinginkan oleh pewawancara. Meskipun dapat memberikan manfaat dalam hal mengarahkan pembicaraan, penggunaan pertanyaan leading dapat mempengaruhi jawaban dari responden dan membuat informasi yang didapat tidak objektif. Untuk menghindari penggunaan pertanyaan leading, seorang pewawancara dapat menggunakan pertanyaan terbuka atau netral dan menghindari penggunaan asumsi dalam pertanyaan.

Related posts:
Pos Terkait:  Materi Bangun Datar Gabungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *