Apa Itu Pengertian PMR? Memahami Fungsi dan Peran Palang Merah Remaja

Posted on

Pengertian PMR

Palang Merah Remaja atau yang sering disebut PMR merupakan organisasi remaja yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan. PMR berfungsi sebagai wadah bagi remaja untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial, dan membantu masyarakat yang membutuhkan.PMR merupakan organisasi yang tergabung dalam Palang Merah Indonesia (PMI), dan memiliki peran penting dalam membantu PMI dalam menjalankan tugasnya.

Sejarah PMR

PMR didirikan pada tanggal 28 Oktober 1946 oleh Soekarno, yang merupakan pendiri dari Palang Merah Indonesia. Tujuan dari pembentukan PMR adalah untuk membantu PMI dalam menjalankan tugasnya.Seiring dengan berjalannya waktu, PMR semakin berkembang dan berhasil membantu masyarakat dalam berbagai bencana alam dan keadaan darurat lainnya.

Fungsi PMR

Fungsi PMR adalah sebagai berikut:1. Membantu PMI dalam menjalankan tugasnya.2. Membantu masyarakat yang membutuhkan.3. Mengembangkan potensi remaja dalam bidang sosial kemanusiaan.4. Menjalin silaturahmi antar remaja.

Peran PMR

Peran PMR sebagai organisasi remaja yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan sangat penting. Beberapa peran PMR antara lain:1. Menjadi relawan dalam kegiatan sosial kemanusiaan.2. Membantu PMI dalam memberikan pertolongan pertama pada korban bencana alam.3. Memberikan penyuluhan kesehatan pada masyarakat.4. Mengadakan kegiatan sosial seperti donor darah dan penggalangan dana.

Pos Terkait:  Arti Kata Real: Apa Itu dan Bagaimana Penggunaannya?

Manfaat Bergabung dengan PMR

Bergabung dengan PMR memiliki beberapa manfaat, antara lain:1. Meningkatkan kemampuan dalam bidang sosial kemanusiaan.2. Memperluas jaringan sosial.3. Menumbuhkan rasa empati terhadap sesama.4. Meningkatkan rasa percaya diri.

Kegiatan PMR

Kegiatan PMR meliputi:1. Pelatihan keterampilan pertolongan pertama pada korban bencana alam.2. Penyuluhan kesehatan pada masyarakat.3. Penggalangan dana untuk membantu korban bencana alam.4. Donor darah.5. Lomba kegiatan sosial kemanusiaan.

Cara Bergabung dengan PMR

Untuk bergabung dengan PMR, dapat dilakukan dengan cara:1. Menghubungi PMI setempat dan menanyakan informasi tentang PMR.2. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh PMR.3. Mengikuti seleksi yang dilakukan oleh PMR.

Kesimpulan

PMR merupakan organisasi remaja yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan. PMR memiliki peran penting dalam membantu PMI dalam menjalankan tugasnya. Bergabung dengan PMR memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang sosial kemanusiaan dan memperluas jaringan sosial. Jika ingin bergabung dengan PMR, dapat dilakukan dengan menghubungi PMI setempat dan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh PMR.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *