Apa Itu Pasukan Viet Cong? Mengenal Sejarah dan Cara Bertempur Mereka

Posted on

Jika Anda mengikuti sejarah perang Vietnam, pasti Anda sudah sering mendengar istilah Viet Cong. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan pasukan Viet Cong tersebut? Mari kita cari tahu lebih jauh.

Apa Itu Pasukan Viet Cong?

Pasukan Viet Cong adalah sebutan untuk gerilyawan komunis yang berperang melawan pasukan Amerika Serikat dan pasukan Vietnam Selatan selama perang Vietnam pada tahun 1955 hingga 1975. Nama Viet Cong sendiri berasal dari singkatan Vietnam Communist, yang berarti komunis Vietnam.

Meskipun sering dianggap sebagai pasukan biasa, sebenarnya Viet Cong adalah gerilyawan yang terdiri dari berbagai kelompok dan organisasi yang berasal dari berbagai wilayah Vietnam Selatan. Mereka memiliki struktur yang dekat dengan rakyat dan berusaha memenangkan hati rakyat untuk mendukung perjuangan mereka.

Sejarah Pasukan Viet Cong

Pasukan Viet Cong mulai muncul pada tahun 1954 setelah perjanjian Jenewa yang mengakhiri Perang Indochina. Perjanjian tersebut membagi Vietnam menjadi dua wilayah, yaitu Vietnam Utara yang dikuasai oleh komunis dan Vietnam Selatan yang dikuasai oleh pemerintahan non-komunis yang didukung oleh Amerika Serikat.

Pos Terkait:  10 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS seperti Kamu

Di Vietnam Selatan, Viet Cong mulai muncul sebagai gerilyawan yang berjuang untuk menyatukan Vietnam di bawah pemerintahan komunis. Mereka memiliki dukungan dari pemerintahan Vietnam Utara dan Tiongkok, serta mendapatkan pelatihan dan bantuan senjata dari Uni Soviet.

Pada awalnya, pasukan Viet Cong hanya terdiri dari beberapa kelompok kecil yang bergerilya di pedesaan. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka semakin berkembang dan berhasil membentuk struktur organisasi yang lebih besar. Mereka juga berhasil merekrut banyak anggota baru dari rakyat Vietnam Selatan yang tidak puas dengan pemerintahan yang ada.

Salah satu strategi Viet Cong yang sangat efektif adalah dengan melakukan serangan terhadap pos-pos militer dan fasilitas pemerintahan di kota-kota besar. Mereka juga melakukan serangan bom bunuh diri dan pengeboman di tempat-tempat strategis seperti bandara dan markas militer.

Cara Bertempur Pasukan Viet Cong

Pasukan Viet Cong mempunyai cara bertempur yang unik dan sangat efektif dalam melawan pasukan Amerika Serikat yang jauh lebih kuat dan modern. Berikut beberapa cara bertempur pasukan Viet Cong yang patut untuk diketahui:

1. Berperang dalam kelompok kecil

Pasukan Viet Cong biasanya bergerak dalam kelompok kecil yang terdiri dari 10 sampai 20 orang. Dengan cara ini, mereka bisa bergerak lebih fleksibel dan sulit diidentifikasi oleh pasukan musuh. Mereka juga bisa memanfaatkan medan yang sulit dijangkau oleh pasukan musuh untuk melancarkan serangan.

Pos Terkait:  Apa itu File .IPA?

2. Menggunakan jaringan terowongan

Di Vietnam Selatan, terdapat banyak terowongan yang digali oleh rakyat untuk bertahan hidup selama perang. Pasukan Viet Cong memanfaatkan terowongan tersebut untuk bergerak dan menyimpan senjata serta persediaan makanan. Mereka juga bisa memanfaatkan terowongan untuk melancarkan serangan mendadak di tempat-tempat strategis.

3. Memanfaatkan medan untuk melindungi diri

Pasukan Viet Cong sangat terampil dalam memanfaatkan medan untuk melindungi diri dari serangan musuh. Mereka bisa bersembunyi di balik pohon atau semak-semak, dan menghindari serangan udara dengan masuk ke dalam gua atau terowongan.

Kesimpulan

Pasukan Viet Cong adalah gerilyawan komunis yang berperang melawan pasukan Amerika Serikat dan pasukan Vietnam Selatan selama perang Vietnam pada tahun 1955 hingga 1975. Mereka memiliki struktur yang dekat dengan rakyat dan berusaha memenangkan hati rakyat untuk mendukung perjuangan mereka. Pasukan Viet Cong mempunyai cara bertempur yang unik dan sangat efektif dalam melawan pasukan Amerika Serikat yang jauh lebih kuat dan modern. Dengan mengenal sejarah dan cara bertempur pasukan Viet Cong, kita bisa lebih menghargai perjuangan mereka dan mengambil pelajaran dari sejarah tersebut.

Related posts:
Pos Terkait:  Belajar Seni Budaya dengan Guru Lagu dan Guru Gatra, Guru Wilangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *