Apa Itu Lampiran dan Contohnya: Penjelasan Lengkap

Posted on

Lampiran adalah bagian dari sebuah dokumen yang berisi informasi tambahan yang mendukung isi dokumen tersebut. Informasi tambahan tersebut bisa berupa gambar, tabel, diagram, atau data lainnya yang bisa membantu pembaca memahami isi dokumen dengan lebih baik. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai apa itu lampiran dan contohnya.

Pengertian Lampiran

Lampiran adalah informasi tambahan yang biasanya ditempatkan pada akhir dokumen, setelah bagian inti dokumen selesai. Lampiran ini merupakan bagian yang terpisah dari isi dokumen dan hanya ditujukan sebagai pelengkap untuk memperjelas atau memberikan informasi tambahan pada isi dokumen.

Tujuan Lampiran

Tujuan dari lampiran adalah untuk memperjelas isi dokumen dan memberikan informasi tambahan yang dibutuhkan oleh pembaca. Lampiran juga bisa digunakan sebagai sumber data atau referensi tambahan bagi pembaca untuk mengevaluasi atau menguji kebenaran dari isi dokumen.

Contoh Lampiran

Berikut ini adalah beberapa contoh lampiran yang bisa ditemukan dalam dokumen:

  • Gambar atau foto yang mendukung isi dokumen
  • Tabel atau diagram yang memperjelas data atau informasi dalam dokumen
  • Daftar referensi atau sumber acuan yang digunakan dalam dokumen
  • Data atau informasi tambahan yang mendukung isi dokumen
  • Surat atau dokumen yang terkait dengan isi dokumen
Pos Terkait:  Arti Kata Manipulasi

Cara Menyertakan Lampiran

Untuk menyertakan lampiran dalam dokumen, Anda bisa menyertakannya pada akhir dokumen setelah bagian inti dokumen selesai. Anda bisa memberikan nomor atau huruf pada setiap lampiran untuk memudahkan pembaca dalam mengacu pada informasi tambahan tersebut. Contohnya, jika dokumen Anda memiliki dua lampiran, maka lampiran pertama bisa diberi nomor atau huruf A, dan lampiran kedua diberi nomor atau huruf B.

Penulisan Lampiran dalam Dokumen

Untuk penulisan lampiran dalam dokumen, Anda bisa menggunakan format yang berbeda-beda tergantung pada kebijakan atau aturan yang berlaku. Namun, umumnya, lampiran ditulis dengan urutan nomor atau huruf yang diikuti dengan judul. Misalnya, Lampiran A. Gambar-gambar Pendukung.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai apa itu lampiran dan contohnya. Lampiran adalah bagian dari dokumen yang berisi informasi tambahan yang mendukung isi dokumen. Lampiran bisa berupa gambar, tabel, diagram, atau data lainnya yang bisa membantu pembaca memahami isi dokumen dengan lebih baik. Lampiran ditujukan sebagai pelengkap untuk memperjelas atau memberikan informasi tambahan pada isi dokumen. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Related posts:
Pos Terkait:  Tuliskan Interval Tangga Nada Mayor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *