Apa Itu Hierarki Sosial: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Posted on

Hierarki sosial adalah salah satu konsep yang ada dalam sosiologi. Konsep ini menggambarkan suatu struktur sosial yang menempatkan individu atau kelompok dalam posisi yang berbeda-beda dalam masyarakat. Posisi ini didasarkan pada faktor-faktor seperti status, kekuasaan, dan kekayaan. Dalam hierarki sosial, individu atau kelompok yang memiliki posisi yang lebih tinggi akan memiliki kekuasaan dan kontrol yang lebih besar terhadap orang-orang yang memiliki posisi yang lebih rendah.

Jenis-jenis Hierarki Sosial

Hierarki sosial dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

1. Hierarki Berdasarkan Status

Hierarki berdasarkan status mengacu pada posisi sosial individu atau kelompok dalam masyarakat. Status ini dapat diperoleh melalui faktor-faktor seperti kelahiran, pendidikan, dan pekerjaan. Contohnya, dalam masyarakat tradisional India, sistem kasta mengatur hierarki sosial berdasarkan kelahiran. Orang yang lahir dalam keluarga Brahmana dianggap memiliki status yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang lahir dalam keluarga Sudra.

2. Hierarki Berdasarkan Kekuasaan

Hierarki berdasarkan kekuasaan mengacu pada posisi sosial individu atau kelompok dalam masyarakat yang didasarkan pada kekuasaan. Kekuasaan ini dapat diperoleh melalui posisi politik, militer, atau kepemilikan modal. Contohnya, dalam masyarakat kapitalis, orang yang memiliki modal besar akan memiliki kekuasaan yang lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki modal.

Pos Terkait:  10 Alasan Memilih Kuliah di UPN Yogyakarta

3. Hierarki Berdasarkan Kekayaan

Hierarki berdasarkan kekayaan mengacu pada posisi sosial individu atau kelompok dalam masyarakat yang didasarkan pada jumlah kekayaan yang dimiliki. Kekayaan ini dapat diperoleh melalui faktor-faktor seperti pekerjaan, bisnis, atau warisan. Contohnya, dalam masyarakat Amerika Serikat, orang yang memiliki kekayaan yang besar akan memiliki posisi sosial yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki kekayaan.

Contoh Hierarki Sosial

Contoh hierarki sosial yang paling umum adalah hierarki berdasarkan status. Di Indonesia, misalnya, terdapat sistem kasta yang dikenal dengan sebutan “jati”. Sistem ini mengatur hierarki sosial berdasarkan status kelahiran.

Selain itu, di Indonesia juga terdapat perbedaan hierarki sosial berdasarkan pekerjaan. Pekerjaan yang dianggap prestisius seperti dokter, pengacara, atau pengusaha akan memiliki posisi sosial yang lebih tinggi dibandingkan dengan pekerjaan yang dianggap kurang prestisius seperti tukang ojek atau pedagang asongan.

Hierarki sosial juga terlihat dalam organisasi-organisasi atau institusi-institusi tertentu. Di dalam sebuah perusahaan, misalnya, terdapat hierarki yang mengatur posisi sosial karyawan berdasarkan jabatan. Karyawan yang memiliki jabatan yang lebih tinggi akan memiliki kekuasaan dan kontrol yang lebih besar dibandingkan dengan karyawan yang memiliki jabatan yang lebih rendah.

Pos Terkait:  Jelaskan Tahapan Ayunan Langkah dalam Gerak Jalan Cepat

Kesimpulan

Hierarki sosial adalah suatu struktur sosial yang menempatkan individu atau kelompok dalam posisi yang berbeda-beda dalam masyarakat. Konsep ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain hierarki berdasarkan status, kekuasaan, dan kekayaan. Contoh hierarki sosial yang paling umum adalah hierarki berdasarkan status, seperti sistem kasta di India atau sistem “jati” di Indonesia. Hierarki sosial juga terlihat dalam organisasi-organisasi atau institusi-institusi tertentu, seperti dalam sebuah perusahaan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *