Apa Itu Dribble dan Bagaimana Cara Melakukannya dengan Benar dalam Bola Basket?

Posted on

Dribble adalah salah satu teknik dasar yang wajib dikuasai dalam permainan bola basket. Dribble adalah cara menggiring bola dengan memantulkan bola ke lantai secara bergantian dengan satu tangan. Teknik dribble yang benar sangat penting untuk dapat mempertahankan bola dan menghindari kesalahan dalam permainan.

1. Posisi Tubuh yang Benar

Sebelum melakukan dribble, pastikan posisi tubuh Anda sudah benar. Berdiri dengan kaki selebar bahu dan posisi badan sedikit membungkuk ke depan. Pastikan pandangan Anda tetap pada bola dan lapangan.

2. Posisi Tangan yang Benar

Tangan yang memegang bola harus berada di atas bola dengan jari-jari terbuka dan siap untuk memantulkan bola. Pastikan posisi tangan Anda tidak terlalu kencang atau terlalu longgar saat memegang bola.

Pos Terkait:  Hak Asasi Adalah Hak yang Dibawa Sejak Lahir

3. Teknik Dribble yang Benar

Dalam melakukan dribble, pastikan bola dipantulkan dekat dengan kaki. Bola harus dipantulkan dengan lembut dan terkendali. Jangan terlalu keras atau terlalu lemah saat memantulkan bola.

4. Perhatikan Waktu Dribble

Perhatikan waktu dribble yang tepat. Jangan terlalu sering melakukan dribble karena dapat membuang-buang waktu dan memberikan kesempatan bagi lawan untuk merebut bola.

5. Latih Keterampilan Dribble Anda

Latihan adalah kunci untuk menguasai teknik dribble. Lakukan latihan dribble setiap hari untuk meningkatkan keterampilan Anda. Lakukan latihan dari berbagai posisi dan kecepatan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam mempertahankan bola.

6. Gunakan Kaki yang Berbeda

Coba gunakan kaki yang berbeda saat melakukan dribble. Ini akan membantu Anda lebih terampil dalam menggiring bola dan membuat Anda lebih sulit dijaga oleh lawan.

7. Pilih Moment yang Tepat untuk Memulai Dribble

Pilih moment yang tepat untuk memulai dribble. Biasanya, pemain mulai melakukan dribble saat menerima bola dari rekan setim atau saat bergerak menuju garis tembakan.

8. Jangan Lupa untuk Melihat Keadaan Sekitar

Jangan lupa untuk melihat keadaan sekeliling saat melakukan dribble. Ini akan membantu Anda menghindari kesalahan dan mempertahankan bola dengan lebih baik.

9. Perhatikan Gerakan Lawan

Perhatikan gerakan lawan saat melakukan dribble. Ini akan membantu Anda menghindari kesalahan dan mempertahankan bola dengan lebih baik.

10. Jangan Terlalu Lama Dalam Menggiring Bola

Jangan terlalu lama dalam menggiring bola. Ini dapat memberikan kesempatan bagi lawan untuk merebut bola dan memberikan tekanan pada tim Anda.

11. Gunakan Dribble Sebagai Strategi

Gunakan dribble sebagai strategi dalam permainan. Dribble dapat membantu Anda menciptakan keteraturan dalam permainan dan memberikan kesempatan untuk mencetak gol.

12. Pilih Waktu yang Tepat untuk Berhenti Dribble

Pilih waktu yang tepat untuk berhenti dribble. Biasanya, pemain berhenti dribble saat melihat rekan setim yang terbuka atau saat berada di bawah tekanan dari lawan.

Pos Terkait:  Jelaskan Bagaimana Karakteristik Makanan Khas Jawa Timur

13. Perhatikan Waktu Dribble yang Tepat

Perhatikan waktu dribble yang tepat. Jangan terlalu sering melakukan dribble karena dapat membuang-buang waktu dan memberikan kesempatan bagi lawan untuk merebut bola.

14. Pilih Gerakan yang Tepat Setelah Dribble

Pilih gerakan yang tepat setelah dribble. Anda dapat melanjutkan dribble, melempar bola ke rekan setim, atau mencetak gol.

15. Gunakan Dribble untuk Membuat Ruang

Gunakan dribble untuk membuat ruang bagi diri Anda atau rekan setim. Dribble dapat membuat lawan tertarik pada Anda dan memberikan kesempatan bagi rekan setim untuk mencetak gol.

16. Perhatikan Kecepatan Dribble

Perhatikan kecepatan dribble. Jangan terlalu cepat atau terlalu lambat saat mempertahankan bola.

17. Pilih Moment yang Tepat untuk Berhenti Dribble

Pilih moment yang tepat untuk berhenti dribble. Biasanya, pemain berhenti dribble saat melihat rekan setim yang terbuka atau saat berada di bawah tekanan dari lawan.

18. Perhatikan Kondisi Lapangan

Perhatikan kondisi lapangan saat melakukan dribble. Jangan terlalu keras atau terlalu lembut saat memantulkan bola karena dapat membuat bola terlalu jauh atau terlalu dekat dengan kaki Anda.

19. Lakukan Latihan Dribble dengan Rekan Setim

Lakukan latihan dribble dengan rekan setim. Ini akan membantu Anda meningkatkan kemampuan Anda dalam mempertahankan bola dan memberikan kesempatan bagi rekan setim untuk berlatih dalam mengejar bola.

20. Perhatikan Teknik Dribble Lawan

Perhatikan teknik dribble lawan. Ini akan membantu Anda menghindari kesalahan dan mempertahankan bola dengan lebih baik.

21. Lakukan Latihan Dribble dengan Bola yang Berbeda

Lakukan latihan dribble dengan bola yang berbeda. Ini akan membantu Anda meningkatkan kemampuan Anda dalam mempertahankan bola dan membuat Anda lebih terampil dalam menggiring bola.

22. Berlatihlah dengan Banyak Gerakan

Berlatihlah dengan banyak gerakan. Ini akan membantu Anda menjadi lebih terampil dalam menggiring bola dan membuat Anda lebih sulit dijaga oleh lawan.

Pos Terkait:  Arti Kata ACC: Apa yang Dimaksud dengan ACC?

23. Bermainlah dengan Tim yang Berbeda

Bermainlah dengan tim yang berbeda. Ini akan membantu Anda mengembangkan kemampuan Anda dalam menggiring bola dan memberikan kesempatan untuk belajar dari pemain lain.

24. Perhatikan Teknik Dribble Anda

Perhatikan teknik dribble Anda. Jangan terlalu keras atau terlalu lemah saat memantulkan bola dan pastikan posisi tangan Anda sudah benar saat memegang bola.

25. Gunakan Dribble untuk Membuat Aksi Tipuan

Gunakan dribble untuk membuat aksi tipuan. Dribble dapat membuat lawan tertarik pada Anda dan memberikan kesempatan untuk mencetak gol.

26. Lakukan Gerakan yang Tepat setelah Dribble

Lakukan gerakan yang tepat setelah dribble. Anda dapat melanjutkan dribble, melempar bola ke rekan setim, atau mencetak gol.

27. Perhatikan Posisi Lawan

Perhatikan posisi lawan saat melakukan dribble. Ini akan membantu Anda menghindari kesalahan dan mempertahankan bola dengan lebih baik.

28. Lakukan Latihan dengan Berbagai Teknik Dribble

Lakukan latihan dengan berbagai teknik dribble. Ini akan membantu Anda mengembangkan kemampuan Anda dalam menggiring bola dan memberikan kesempatan untuk mencetak gol.

29. Berlatihlah dengan Konsisten

Berlatihlah dengan konsisten. Ini akan membantu Anda meningkatkan kemampuan Anda dalam mempertahankan bola dan membuat Anda lebih terampil dalam menggiring bola.

30. Kesimpulan

Dalam permainan bola basket, dribble adalah teknik dasar yang sangat penting untuk dikuasai. Dribble dapat membantu Anda mempertahankan bola dan menciptakan kesempatan untuk mencetak gol. Pastikan posisi tubuh, tangan, dan gerakan Anda sudah benar saat melakukan dribble. Lakukan latihan dribble setiap hari dengan berbagai teknik dan gerakan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam mempertahankan bola.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *