Apa Itu Chances Created?

Posted on

Jika Anda sering mengikuti pertandingan sepak bola, pasti Anda sudah sering mendengar istilah chances created. Istilah ini biasanya digunakan untuk mengukur performa seorang pemain dalam menciptakan peluang gol bagi timnya. Namun, apa sebenarnya chances created dan bagaimana cara menghitungnya? Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Chances Created

Chances created adalah istilah yang digunakan untuk mengukur jumlah peluang gol yang diciptakan oleh seorang pemain dalam satu pertandingan sepak bola. Peluang gol ini bisa berasal dari assist atau umpan-umpan yang berhasil diberikan oleh pemain tersebut kepada rekan setimnya.

Dalam menghitung chances created, tidak hanya diperhitungkan jumlah assist saja, tetapi juga jumlah peluang gol yang tercipta meskipun tidak menghasilkan gol. Misalnya, ketika seorang pemain memberikan umpan ke rekan setimnya yang kemudian melewatkan bola ke pemain lain yang kemudian mencetak gol, maka peluang gol tersebut akan dihitung sebagai chances created pemain yang memberikan umpan awal.

Cara Menghitung Chances Created

Untuk menghitung chances created, terdapat beberapa metode yang bisa digunakan. Metode yang paling umum digunakan adalah dengan menghitung jumlah assist dan jumlah peluang gol yang tercipta meskipun tidak menghasilkan gol.

Pos Terkait:  Density Itu Apa Artinya?

Untuk memudahkan perhitungan, biasanya hanya assist saja yang dihitung dan ditambahkan dengan jumlah peluang gol yang tercipta meskipun tidak menghasilkan gol. Misalnya, jika seorang pemain berhasil memberikan 2 assist dan 3 peluang gol yang tercipta meskipun tidak menghasilkan gol, maka chances created pemain tersebut adalah 5.

Selain itu, ada juga metode yang lebih kompleks yang menghitung peluang gol berdasarkan jarak dan arah umpan. Metode ini biasanya digunakan oleh klub-klub besar untuk mengukur performa pemain mereka secara lebih detil.

Manfaat Chances Created

Chances created sangat penting dalam sepak bola karena dapat menunjukkan performa seorang pemain dalam menciptakan peluang gol bagi timnya. Semakin banyak chances created yang dihasilkan oleh seorang pemain, semakin besar pula peluang timnya untuk mencetak gol dan memenangkan pertandingan.

Selain itu, chances created juga bisa digunakan untuk mengukur performa suatu tim secara keseluruhan. Tim yang memiliki banyak chances created biasanya lebih dominan dalam menguasai bola dan menciptakan peluang gol.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Chances Created

Beberapa faktor yang mempengaruhi chances created antara lain:

  • Kemampuan teknis pemain dalam memberikan umpan dan assist
  • Posisi pemain dalam lapangan
  • Taktik dan strategi tim dalam menyerang
  • Kualitas lawan yang dihadapi
Pos Terkait:  Apakah Unta Bertelur atau Beranak?

Faktor-faktor tersebut sangat penting untuk diperhatikan jika ingin meningkatkan chances created dalam tim. Dengan memperbaiki kemampuan teknis pemain, menyesuaikan taktik dan strategi tim, serta meningkatkan kualitas lawan yang dihadapi, peluang untuk menciptakan peluang gol akan semakin besar.

Contoh Pemain dengan Chances Created Tertinggi

Beberapa pemain yang dikenal memiliki chances created tertinggi antara lain:

  • Kevin De Bruyne – Manchester City
  • Mesut Ozil – Arsenal
  • Christian Eriksen – Tottenham Hotspur
  • Lionel Messi – Barcelona

Keempat pemain tersebut dikenal sebagai playmaker yang sangat handal dalam memberikan assist dan menciptakan peluang gol bagi timnya.

Kesimpulan

Chances created adalah istilah yang digunakan untuk mengukur jumlah peluang gol yang diciptakan oleh seorang pemain dalam satu pertandingan sepak bola. Peluang gol ini bisa berasal dari assist atau umpan-umpan yang berhasil diberikan oleh pemain tersebut kepada rekan setimnya.

Dalam menghitung chances created, tidak hanya diperhitungkan jumlah assist saja, tetapi juga jumlah peluang gol yang tercipta meskipun tidak menghasilkan gol. Chances created sangat penting dalam sepak bola karena dapat menunjukkan performa seorang pemain dalam menciptakan peluang gol bagi timnya.

Beberapa faktor yang mempengaruhi chances created antara lain kemampuan teknis pemain, posisi pemain dalam lapangan, taktik dan strategi tim, serta kualitas lawan yang dihadapi. Dengan memperbaiki faktor-faktor tersebut, peluang untuk menciptakan peluang gol akan semakin besar.

Pos Terkait:  Berikut yang Bukan Merupakan Alat Musik Melodis

Contoh pemain dengan chances created tertinggi antara lain Kevin De Bruyne, Mesut Ozil, Christian Eriksen, dan Lionel Messi.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *