Apa Itu Arti Cumlaude di Wisuda Cumlaude Magna dan Summa?

Posted on

Bagi banyak mahasiswa, wisuda adalah momen yang sangat penting dalam perjalanan akademik mereka. Meraih gelar sarjana setelah menyelesaikan studi selama bertahun-tahun adalah pencapaian besar yang patut dirayakan. Namun, bagi beberapa mahasiswa, meraih gelar cumlaude, cumlaude magna, atau cumlaude summa adalah prestasi yang lebih tinggi lagi. Apa itu arti cumlaude di wisuda cumlaude magna dan summa?

Cumlaude

Cumlaude adalah penghargaan yang diberikan kepada mahasiswa yang telah mencapai prestasi akademik tertentu selama masa studi mereka. Penghargaan ini biasanya diberikan berdasarkan nilai rata-rata atau indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa. IPK adalah nilai rata-rata dari semua nilai yang diperoleh oleh mahasiswa selama masa studi mereka.

Penghargaan cumlaude ini biasanya diberikan pada mahasiswa yang telah mencapai IPK tertentu. IPK ini bervariasi di setiap universitas dan jurusan. Beberapa universitas memerlukan IPK minimal 3,0 atau 3,5 untuk mendapatkan penghargaan cumlaude, sedangkan universitas lain mungkin memerlukan IPK minimal 3,7 atau bahkan lebih.

Cumlaude Magna

Cumlaude magna adalah penghargaan yang diberikan kepada mahasiswa yang telah mencapai prestasi akademik yang lebih tinggi lagi daripada cumlaude biasa. Biasanya, penghargaan ini diberikan pada mahasiswa yang telah mencapai IPK tertentu yang lebih tinggi dari IPK yang dibutuhkan untuk mendapatkan cumlaude biasa.

Pos Terkait:  Cara Represif Biasanya Dilakukan oleh Pihak

Beberapa universitas mungkin memerlukan IPK minimal 3,7 atau 3,8 untuk mendapatkan penghargaan cumlaude magna. Namun, ada juga universitas yang memerlukan IPK minimal 3,9 atau bahkan lebih tinggi untuk mendapatkan penghargaan ini.

Cumlaude Summa

Cumlaude summa adalah penghargaan yang paling bergengsi yang diberikan kepada mahasiswa yang telah mencapai prestasi akademik tertinggi selama masa studi mereka. Penghargaan ini diberikan pada mahasiswa yang telah mencapai IPK tertinggi dari semua mahasiswa di universitas mereka.

Beberapa universitas mungkin memerlukan IPK minimal 3,9 atau bahkan 4,0 untuk mendapatkan penghargaan cumlaude summa. Namun, ini sangat tergantung pada universitas dan jurusan yang Anda ambil.

Kesimpulan

Penghargaan cumlaude, cumlaude magna, dan cumlaude summa adalah penghargaan akademik yang diberikan kepada mahasiswa yang telah mencapai prestasi akademik tertentu selama masa studi mereka. Penghargaan ini biasanya diberikan berdasarkan nilai rata-rata atau indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa.

IPK yang dibutuhkan untuk mendapatkan penghargaan cumlaude, cumlaude magna, dan cumlaude summa bervariasi di setiap universitas dan jurusan. Namun, semakin tinggi IPK Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan penghargaan ini.

Jadi, bagi mahasiswa yang ingin meraih penghargaan cumlaude, cumlaude magna, atau cumlaude summa, Anda harus berusaha keras untuk mencapai prestasi akademik yang tinggi selama masa studi Anda. Selamat berjuang!

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *