Apa Hasil Turunan dari 6/x?

Posted on

Pengertian Turunan

Sebelum membahas hasil turunan dari 6/x, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu turunan. Turunan adalah salah satu konsep dalam matematika yang berkaitan dengan perubahan suatu fungsi terhadap variabelnya. Dalam hal ini, turunan mengukur seberapa cepat suatu fungsi berubah pada setiap titik.

Fungsi 6/x

Fungsi 6/x adalah suatu fungsi matematika yang merupakan fungsi rasional dengan bentuk umum f(x) = p(x)/q(x), di mana p(x) dan q(x) adalah polinomial dan q(x) tidak sama dengan nol. Bentuk umum dari fungsi 6/x adalah f(x) = 6/x.

Rumus Turunan

Rumus turunan dari suatu fungsi f(x) adalah:f'(x) = lim h → 0 (f(x+h) – f(x))/hRumus di atas dapat diartikan sebagai perubahan fungsi f(x) pada suatu titik x yang sangat kecil. Sebagai contoh, jika kita ingin menghitung turunan fungsi 6/x pada titik x = 2, maka kita harus mencari nilai dari lim h → 0 (f(2+h) – f(2))/h.

Hasil Turunan dari 6/x

Setelah kita memahami konsep turunan dan fungsi 6/x, saatnya kita mencari hasil turunan dari fungsi tersebut. Dalam hal ini, turunan dari 6/x adalah:f'(x) = -6/x^2Artinya, pada setiap titik x, turunan dari fungsi 6/x adalah -6 dibagi dengan kuadrat dari x.

Pos Terkait:  Mengenal Lebih Dekat Rumus Limas

Penerapan Hasil Turunan

Hasil turunan dari 6/x dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti dalam ilmu fisika dan ekonomi. Sebagai contoh, dalam ilmu fisika, turunan digunakan untuk menghitung kecepatan suatu benda pada setiap titik waktu. Sedangkan dalam ekonomi, turunan digunakan untuk menghitung tingkat perubahan harga suatu produk.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang apa itu turunan, fungsi 6/x, rumus turunan, hasil turunan dari 6/x, dan penerapan hasil turunan. Dengan memahami konsep turunan dan hasil turunan dari fungsi 6/x, kita dapat mengaplikasikan konsep ini dalam berbagai bidang dan memperluas pengetahuan kita dalam matematika.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *