Apa Fungsi Colander? Kenali Dulu Sebelum Menggunakannya

Posted on

Colander atau bisa juga disebut saringan adalah salah satu alat dapur yang wajib dimiliki oleh setiap ibu rumah tangga. Alat ini biasanya digunakan untuk menyaring bahan makanan yang sudah dimasak atau dicuci seperti sayuran, pasta, atau buah-buahan. Colander sendiri memiliki berbagai macam ukuran dan bahan pembuatan yang berbeda-beda. Lalu, apa fungsi colander secara lebih detail? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Menyaring Air

Fungsi utama dari colander adalah sebagai alat penyaring air. Ketika kita ingin membersihkan sayuran atau buah-buahan, misalnya, kita bisa memasukkan bahan makanan tersebut ke dalam colander dan membiarkannya di bawah air mengalir. Air akan mengalir keluar melalui lubang-lubang pada saringan colander, sedangkan bahan makanan akan tetap di dalam colander. Dengan menggunakan colander, kita bisa membersihkan bahan makanan secara lebih efektif karena air yang tersisa di dalam colander sudah bebas dari kotoran dan bakteri.

2. Memasak Pasta

Colander juga sering digunakan untuk memasak pasta. Ketika pasta sudah matang, kita bisa menaruhnya di dalam colander dan membiarkannya mengalir. Pasta yang sudah dikukus akan berada di dalam colander sedangkan airnya mengalir keluar. Dengan begitu, pasta bisa langsung disajikan dengan saus yang telah disiapkan tanpa harus repot meniriskannya terlebih dahulu.

3. Memasak Sayuran

Selain pasta, colander juga bisa digunakan untuk memasak sayuran. Bahan makanan yang ingin dimasak bisa diletakkan di dalam colander dan kemudian dimasukkan ke dalam panci yang berisi air mendidih. Ketika sayuran sudah matang, colander bisa langsung dikeluarkan dari panci dan sayuran bisa disajikan. Dengan menggunakan colander, kita bisa menghindari sayuran yang terlalu lembek karena tidak terendam air terlalu lama di dalam panci.

4. Mengolah Buah-Buahan

Colander juga bisa digunakan untuk mengolah buah-buahan, terutama buah yang harus diiris atau dipotong kecil-kecil. Setelah buah dipotong, kita bisa menaruhnya di dalam colander dan membiarkannya mengalir. Dengan begitu, buah-buahan akan lebih mudah dibersihkan dan siap untuk diolah menjadi salad atau hidangan lainnya.

Pos Terkait:  Apa Saja Unsur-Unsur Matriks?

5. Menyaring Minyak Goreng

Colander juga bisa digunakan untuk menyaring minyak goreng yang sudah digunakan. Ketika kita telah selesai menggoreng bahan makanan, kita bisa menaruh minyak goreng tersebut di dalam colander dan membiarkannya mengalir. Dengan begitu, kotoran atau sisa-sisa bahan makanan yang terdapat pada minyak goreng akan tersaring dan minyak goreng yang sudah bersih bisa digunakan kembali.

6. Menyaring Kaldu

Colander juga bisa digunakan untuk menyaring kaldu. Ketika kita memasak sup atau hidangan lain yang membutuhkan kaldu, kita bisa menaruh bahan-bahan yang sudah dimasak di dalam colander dan membiarkannya mengalir. Kaldu yang keluar dari colander sudah bersih dan siap untuk digunakan dalam hidangan yang kita masak.

7. Menyimpan Bahan Makanan di Lemari Es

Colander juga bisa digunakan untuk menyimpan bahan makanan di lemari es. Ketika kita ingin menyimpan sayuran atau buah-buahan di dalam lemari es, kita bisa menaruhnya di dalam colander terlebih dahulu. Dengan begitu, air yang menempel pada sayuran atau buah-buahan bisa mengalir keluar sehingga bahan makanan bisa lebih tahan lama di dalam kulkas.

8. Menghias Kue

Colander juga bisa digunakan untuk menghias kue. Ketika kita ingin menaburkan gula halus atau cocoa powder di atas kue, kita bisa menaruhnya di dalam colander dan mengocoknya perlahan-lahan sehingga bahan tersebut terdistribusi secara merata di atas kue. Dengan begitu, kue akan terlihat lebih menarik dan cantik.

9. Menyaring Air Ketika Mencuci Piring

Colander juga bisa digunakan untuk menyaring air ketika mencuci piring. Setelah kita selesai mencuci piring, kita bisa menaruhnya di dalam colander dan membiarkannya mengalir. Air yang tersisa akan mengalir keluar melalui lubang-lubang pada colander sehingga piring bisa lebih cepat kering.

10. Alat Dekorasi

Colander juga bisa digunakan sebagai alat dekorasi. Kita bisa menaruh bunga atau tanaman di dalam colander dan memajangnya di dalam rumah. Dengan begitu, colander bisa menjadi salah satu hiasan yang unik dan menarik di rumah.

11. Menyaring Minuman

Colander bisa digunakan untuk menyaring minuman seperti jus buah atau teh. Setelah kita selesai membuat minuman, kita bisa menaruhnya di dalam colander dan membiarkannya mengalir. Dengan begitu, ampas atau sisa-sisa bahan yang tidak diinginkan akan tersaring dan kita bisa menikmati minuman yang lebih bersih dan nikmat.

12. Membuat Yogurt

Colander bisa digunakan untuk membuat yogurt. Kita bisa menaruh yogurt cair di dalam colander yang sudah diberi kain saring. Yogurt akan mengalir keluar melalui kain saring sedangkan whey akan tertahan di dalam colander. Dengan menggunakan colander, kita bisa membuat yogurt yang lebih kental dan lezat.

Pos Terkait:  Sesuatu yang Harus Dilakukan Disebut

13. Menyimpan Bahan Makanan di Kamar Mandi

Colander juga bisa digunakan untuk menyimpan bahan makanan di kamar mandi. Ketika kita ingin merawat bahan makanan seperti aromaterapi atau bunga lavender di dalam kamar mandi, kita bisa menaruhnya di dalam colander terlebih dahulu. Dengan begitu, bahan makanan akan lebih mudah diakses dan memiliki sirkulasi udara yang lebih baik.

14. Menyaring Telur

Colander bisa digunakan untuk menyaring telur. Ketika kita ingin membuat telur dadar atau omelet, kita bisa menaruh telur di dalam colander dan membiarkannya mengalir. Dengan begitu, bagian putih telur yang terlalu banyak bisa terpisah dari kuning telur sehingga kita bisa membuat telur dadar atau omelet yang lebih baik.

15. Membuat Keju

Colander bisa digunakan untuk membuat keju. Setelah kita selesai membuat keju, kita bisa menaruhnya di dalam colander yang sudah diberi kain saring. Whey akan mengalir keluar melalui kain saring sedangkan keju akan tertahan di dalam colander. Colander akan membantu proses pengeringan keju sehingga kita bisa membuat keju yang lebih kering dan lezat.

16. Menyaring Bumbu

Colander bisa digunakan untuk menyaring bumbu. Ketika kita ingin membuat kaldu atau saus, kita bisa menaruh bahan-bahan yang sudah dimasak di dalam colander dan membiarkannya mengalir. Bumbu yang sudah dihaluskan atau dicincang akan tersaring sedangkan kaldu atau saus yang keluar dari colander sudah bersih dan siap untuk digunakan.

17. Menyimpan Barang-Barang Kecil

Colander juga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil seperti bola ping pong atau mainan anak-anak. Kita bisa menaruh barang-barang tersebut di dalam colander dan memajangnya di atas meja atau rak. Dengan begitu, barang-barang kecil akan lebih mudah diakses dan terlihat rapi.

18. Membuat Selai

Colander bisa digunakan untuk membuat selai. Setelah buah-buahan yang akan dibuat selai sudah dimasak, kita bisa menaruhnya di dalam colander yang sudah diberi kain saring. Buah-buahan akan terpisah dari sari buah yang akan digunakan untuk membuat selai. Dengan begitu, kita bisa membuat selai yang lebih halus dan lezat.

19. Menyaring Lemak

Colander bisa digunakan untuk menyaring lemak. Ketika kita selesai memasak daging, kita bisa menaruhnya di dalam colander dan membiarkannya mengalir. Lemak akan tersaring dan kita bisa menggunakan daging yang lebih sehat dan rendah lemak.

20. Menyaring Susu

Colander bisa digunakan untuk menyaring susu. Ketika kita ingin membuat keju atau yogurt, kita bisa menaruh susu di dalam colander yang sudah diberi kain saring. Whey akan mengalir keluar melalui kain saring sedangkan susu yang akan digunakan untuk membuat keju atau yogurt akan tertahan di dalam colander. Colander akan membantu proses pengeringan susu sehingga kita bisa membuat keju atau yogurt yang lebih kering dan lezat.

Pos Terkait:  Penulisan Karya Ilmiah Harus Objektif dan Faktual yang Dimaksud Faktual Yaitu

21. Menyimpan Bawang dan Bawang Putih

Colander bisa digunakan untuk menyimpan bawang dan bawang putih. Kita bisa menaruh bawang atau bawang putih di dalam colander dan memajangnya di atas meja atau rak. Dengan begitu, bawang dan bawang putih akan lebih mudah diakses dan terlihat rapi.

22. Menyaring Teh

Colander bisa digunakan untuk menyaring teh. Ketika kita selesai menyeduh teh, kita bisa menaruhnya di dalam colander dan membiarkannya mengalir. Dengan begitu, ampas teh akan tersaring dan kita bisa menikmati teh yang lebih bersih dan nikmat.

23. Menyimpan Sayuran di Kulkas

Colander bisa digunakan untuk menyimpan sayuran di kulkas. Ketika kita ingin menyimpan sayuran di dalam kulkas, kita bisa menaruhnya di dalam colander terlebih dahulu. Dengan begitu, sayuran akan lebih mudah diakses dan memiliki sirkulasi udara yang lebih baik sehingga bisa lebih tahan lama di dalam kulkas.

24. Menyimpan Mainan Anak-Anak di Kamar Mandi

Colander bisa digunakan untuk menyimpan mainan anak-anak di kamar mandi. Kita bisa menaruh mainan anak-anak di dalam colander dan memajangnya di dalam kamar mandi. Dengan begitu, mainan anak-anak akan lebih mudah diakses dan terlihat rapi.

25. Menyaring Minuman Beralkohol

Colander bisa digunakan untuk menyaring minuman beralkohol seperti anggur atau bir. Ketika kita selesai memasak minuman beralkohol, kita bisa menaruhnya di dalam colander dan membiarkannya mengalir. Dengan begitu, sisa-sisa buah atau biji yang terdapat pada minuman beralkohol akan tersaring dan kita bisa menikmati minuman yang lebih bersih dan nikmat.

26. Menyimpan Obat di Kamar Mandi

Colander bisa digunakan untuk menyimpan obat di kamar mandi. Kita bisa menaruh obat-obatan di dalam colander dan memajangnya di dalam kamar mandi. Dengan begitu, obat-obatan akan lebih mudah diakses dan terlihat rapi.

27. Menyaring Sari Buah

Colander bisa digunakan untuk menyaring sari buah. Ketika kita ingin membuat jus buah, kita bisa menaruh buah-buahan di dalam colander dan membiarkannya mengalir. Sari buah yang keluar dari colander sudah bersih dan siap untuk digunakan dalam jus buah.

28. Menyimpan Gelas di Dapur

Colander bisa

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *