Apa Contoh Pergeseran Sosialisasi?

Posted on

Sosialisasi adalah proses pembentukan sikap, nilai, dan tindakan dalam diri individu yang terjadi melalui interaksi sosial. Sosialisasi terjadi sepanjang hayat dan melalui berbagai media, seperti keluarga, sekolah, teman sebaya, dan media massa. Namun, sosialisasi tidak selalu berlangsung dengan cara yang sama sepanjang waktu. Kadang-kadang, terjadi pergeseran sosialisasi yang dapat memengaruhi sikap dan perilaku individu. Apa saja contoh pergeseran sosialisasi? Berikut adalah beberapa contohnya.

Pergeseran Nilai

Salah satu contoh pergeseran sosialisasi adalah pergeseran nilai. Nilai adalah keyakinan yang dianut oleh individu atau kelompok dalam menilai suatu objek atau perbuatan. Pergeseran nilai dapat terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam nilai-nilai yang dianutnya. Contohnya, seseorang yang sebelumnya menganggap penting nilai kejujuran dan integritas, namun kemudian berubah menjadi lebih mementingkan keuntungan pribadi atau kepentingan kelompok.

Pergeseran Identitas

Identitas adalah gambaran diri individu yang terbentuk dari berbagai pengalaman, nilai, dan norma sosial. Pergeseran identitas terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam gambaran dirinya. Contohnya, seseorang yang sebelumnya mengidentifikasi dirinya sebagai seorang mahasiswa, namun kemudian berubah menjadi lebih mengidentifikasi dirinya sebagai seorang pekerja.

Pergeseran Perilaku

Perilaku adalah tindakan yang dilakukan oleh individu dalam berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Pergeseran perilaku terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam tindakan yang dilakukannya. Contohnya, seseorang yang sebelumnya rajin berolahraga, namun kemudian berubah menjadi malas dan jarang berolahraga.

Pergeseran Pola Pikir

Pola pikir adalah cara individu dalam memandang dan memproses informasi yang diterimanya. Pergeseran pola pikir terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam cara pandangnya. Contohnya, seseorang yang sebelumnya konservatif dan sulit menerima perubahan, namun kemudian berubah menjadi lebih terbuka dan fleksibel dalam menerima perubahan.

Pergeseran Media Sosialisasi

Media sosialisasi adalah media atau saluran yang digunakan dalam proses sosialisasi. Pergeseran media sosialisasi terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam media atau saluran yang digunakan dalam proses sosialisasinya. Contohnya, seseorang yang sebelumnya lebih banyak menghabiskan waktu bersosialisasi dengan teman sebayanya, namun kemudian beralih dan lebih banyak bersosialisasi melalui media sosial.

Pos Terkait:  Pengertian Tenaga Kerja dan Angkatan Kerja

Pergeseran Pengaruh Kelompok

Kelompok adalah kumpulan individu yang memiliki kesamaan dalam nilai, norma, dan tujuan. Pergeseran pengaruh kelompok terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam pengaruh yang diterima dari kelompoknya. Contohnya, seseorang yang sebelumnya lebih banyak terpengaruh oleh kelompok agamanya, namun kemudian pergeseran ke kelompok lain seperti kelompok pekerja atau kelompok hobi.

Pergeseran Pengaruh Keluarga

Keluarga adalah kelompok sosial yang paling penting dalam proses sosialisasi individu. Pergeseran pengaruh keluarga terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam pengaruh yang diterima dari keluarganya. Contohnya, seseorang yang sebelumnya lebih banyak terpengaruh oleh orang tua atau kakaknya, namun kemudian pergeseran ke teman sebayanya.

Pergeseran Pengaruh Pendidikan

Pendidikan adalah salah satu media sosialisasi yang penting dalam membentuk sikap, nilai, dan tindakan individu. Pergeseran pengaruh pendidikan terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam pengaruh yang diterima dari lembaga pendidikannya. Contohnya, seseorang yang sebelumnya lebih banyak terpengaruh oleh guru atau dosen yang konservatif, namun kemudian pergeseran ke guru atau dosen yang lebih terbuka dan progresif.

Pergeseran Pengaruh Media Massa

Media massa adalah salah satu media sosialisasi yang penting dalam membentuk sikap, nilai, dan tindakan individu. Pergeseran pengaruh media massa terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam pengaruh yang diterima dari media massa. Contohnya, seseorang yang sebelumnya lebih banyak terpengaruh oleh media massa yang konservatif, namun kemudian pergeseran ke media massa yang lebih terbuka dan progresif.

Pergeseran Pengaruh Budaya Populer

Budaya populer adalah budaya yang dihasilkan oleh industri kreatif dan mendapatkan popularitas yang luas di masyarakat. Pergeseran pengaruh budaya populer terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam pengaruh yang diterima dari budaya populer. Contohnya, seseorang yang sebelumnya lebih banyak terpengaruh oleh budaya populer yang konservatif, namun kemudian pergeseran ke budaya populer yang lebih terbuka dan progresif.

Pos Terkait:  Arti Kata Gerak Adalah - Pentingnya Gerak bagi Kesehatan Tubuh

Pergeseran Pengaruh Agama

Agama adalah sistem kepercayaan atau keyakinan yang dipegang oleh individu atau kelompok dalam menghadapi kehidupan. Pergeseran pengaruh agama terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam pengaruh yang diterima dari agamanya. Contohnya, seseorang yang sebelumnya lebih banyak terpengaruh oleh ajaran agama yang konservatif, namun kemudian pergeseran ke ajaran agama yang lebih terbuka dan progresif.

Pergeseran Pengaruh Politik

Politik adalah proses pembuatan keputusan yang berkaitan dengan pemerintahan dan pengaturan kehidupan masyarakat. Pergeseran pengaruh politik terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam pengaruh yang diterima dari politik. Contohnya, seseorang yang sebelumnya lebih banyak terpengaruh oleh partai politik yang konservatif, namun kemudian pergeseran ke partai politik yang lebih terbuka dan progresif.

Pergeseran Pengaruh Ekonomi

Ekonomi adalah sistem produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa dalam masyarakat. Pergeseran pengaruh ekonomi terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam pengaruh yang diterima dari ekonomi. Contohnya, seseorang yang sebelumnya lebih banyak terpengaruh oleh nilai-nilai materialistik, namun kemudian pergeseran ke nilai-nilai non-materialistik.

Pergeseran Pengaruh Lingkungan

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar individu, baik itu alam maupun buatan manusia. Pergeseran pengaruh lingkungan terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam pengaruh yang diterima dari lingkungannya. Contohnya, seseorang yang sebelumnya lebih banyak terpengaruh oleh lingkungan perkotaan, namun kemudian pergeseran ke lingkungan pedesaan.

Pergeseran Pengaruh Teknologi

Teknologi adalah aplikasi ilmu pengetahuan untuk memperbaiki kualitas hidup manusia. Pergeseran pengaruh teknologi terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam pengaruh yang diterima dari teknologi. Contohnya, seseorang yang sebelumnya lebih banyak terpengaruh oleh teknologi yang kuno, namun kemudian pergeseran ke teknologi yang lebih canggih dan modern.

Pergeseran Pengaruh Globalisasi

Globalisasi adalah proses integrasi antar negara dalam berbagai aspek, seperti ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Pergeseran pengaruh globalisasi terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam pengaruh yang diterima dari globalisasi. Contohnya, seseorang yang sebelumnya lebih banyak terpengaruh oleh budaya lokal, namun kemudian pergeseran ke budaya global.

Pergeseran Pengaruh Gender

Gender adalah peran yang diharapkan oleh masyarakat terhadap laki-laki dan perempuan. Pergeseran pengaruh gender terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam pengaruh yang diterima dari peran gender. Contohnya, seseorang yang sebelumnya lebih banyak terpengaruh oleh peran gender yang tradisional, namun kemudian pergeseran ke peran gender yang lebih fleksibel.

Pos Terkait:  Apa Saja Akibat Dibangunnya Gedung Bertingkat?

Pergeseran Pengaruh Umur

Umur adalah faktor yang memengaruhi pengalaman, pengetahuan, dan kebutuhan individu dalam berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Pergeseran pengaruh umur terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam pengaruh yang diterima dari faktor umurnya. Contohnya, seseorang yang sebelumnya lebih banyak terpengaruh oleh faktor-faktor yang relevan dengan usia muda, namun kemudian pergeseran ke faktor-faktor yang relevan dengan usia dewasa.

Pergeseran Pengaruh Etnis

Etnis adalah kelompok sosial yang dibedakan berdasarkan ras, bahasa, dan budaya. Pergeseran pengaruh etnis terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam pengaruh yang diterima dari etnisnya. Contohnya, seseorang yang sebelumnya lebih banyak terpengaruh oleh nilai-nilai etnisnya, namun kemudian pergeseran ke nilai-nilai universal atau nilai-nilai yang lebih inklusif.

Pergeseran Pengaruh Seksualitas

Seksualitas adalah dimensi penting dalam hidup manusia yang berkaitan dengan aspek fisik, emosional, dan sosial. Pergeseran pengaruh seksualitas terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam pengaruh yang diterima dari seksualitasnya. Contohnya, seseorang yang sebelumnya lebih banyak terpengaruh oleh norma-norma seksual yang konservatif, namun kemudian pergeseran ke norma-norma seksual yang lebih terbuka dan inklusif.

Pergeseran Pengaruh Kesehatan

Kesehatan adalah keadaan fisik, mental, dan sosial yang baik yang memungkinkan individu untuk berfungsi secara optimal dalam kehidupan sehari-hari. Pergeseran pengaruh kesehatan terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam pengaruh yang diterima dari kesehatannya. Contohnya, seseorang yang sebelumnya lebih banyak terpengaruh oleh faktor-faktor kesehatan yang kurang baik, namun kemudian pergeseran ke faktor-faktor kesehatan yang lebih baik.

Pergeseran Pengaruh Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja adalah lingkungan yang memengaruhi motivasi, produktivitas, dan kesejahteraan karyawan dalam bekerja. Pergeseran pengaruh lingkungan kerja terjadi ketika individu mengalami perubahan dalam pengaruh yang diterima dari lingkungan kerjanya. Contohnya, seseorang yang sebelumnya lebih banyak terpengaruh oleh lingkungan kerja yang monoton dan membosankan, namun kemudian pergeseran ke lingkungan ker

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *