Apa Beda Polarizer dalam dan Luar?

Posted on

Anda mungkin pernah mendengar tentang Polarizer dalam dan Luar, tetapi apa sebenarnya perbedaannya? Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara kedua jenis polarizer dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi hasil foto Anda.

Pengertian Polarizer dalam dan Luar

Polarizer adalah filter fotografi yang dapat membantu mengurangi pantulan dan meningkatkan kontras dalam gambar. Polarizer dalam adalah filter yang dipasang di dalam lensa kamera, sedangkan polarizer luar adalah filter yang dipasang di luar lensa kamera.

Perbedaan Antar Polarizer dalam dan Luar

Perbedaan utama antara polarizer dalam dan luar adalah tempat di mana filter dipasang. Polarizer dalam dipasang di dalam lensa kamera, sedangkan polarizer luar dipasang di luar lensa kamera.

Keuntungan dari menggunakan polarizer dalam adalah mudah dipasang dan dihapus. Anda tidak perlu membawa filter tambahan dan dapat mengubah polarizer sesuai kebutuhan. Namun, kekurangannya adalah Anda tidak dapat melihat efek polarizer saat mengambil gambar.

Pos Terkait:  Bagaimana Cara Melihat Film yang Sudah Ditonton di Netflix

Sementara itu, keuntungan dari polarizer luar adalah Anda dapat melihat efek polarizer saat mengambil gambar. Namun, kekurangannya adalah filter tambahan harus dibawa dan dipasang ke lensa kamera, yang dapat memakan waktu dan merepotkan dalam situasi tertentu.

Kapan Harus Menggunakan Polarizer dalam dan Luar?

Anda harus menggunakan polarizer dalam dan luar tergantung pada situasi dan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa contoh kapan Anda harus menggunakan keduanya:

Ketika Mengambil Foto Lanskap

Jika Anda ingin mengambil foto lanskap, Anda harus menggunakan polarizer luar. Filter ini dapat membantu mengurangi pantulan dari air, tanah, atau benda lainnya dan memberikan kontras yang lebih baik pada foto Anda.

Anda juga dapat menggunakan polarizer dalam untuk mengurangi pantulan, tetapi efeknya tidak akan sekuat polarizer luar. Namun, jika Anda sedang dalam situasi yang membutuhkan perubahan cepat dari filter, maka polarizer dalam mungkin menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Ketika Mengambil Foto di Bawah Cahaya Terang

Jika Anda ingin mengambil foto di bawah cahaya terang, Anda harus menggunakan polarizer luar. Filter ini dapat membantu mengurangi pantulan dari benda-benda berkilau dan memberikan kontras yang lebih baik pada foto Anda.

Pos Terkait:  Apa yang Tidak Termasuk dalam Teknik Dasar Sepak Bola Adalah

Anda juga dapat menggunakan polarizer dalam untuk mengurangi pantulan, tetapi efeknya tidak akan sekuat polarizer luar dalam situasi ini. Namun, jika Anda sedang dalam situasi yang membutuhkan perubahan cepat dari filter, maka polarizer dalam mungkin menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Ketika Mengambil Foto di Atas Air

Jika Anda ingin mengambil foto di atas air, Anda harus menggunakan polarizer luar. Filter ini dapat membantu mengurangi pantulan dari air dan memberikan kontras yang lebih baik pada foto Anda.

Anda juga dapat menggunakan polarizer dalam untuk mengurangi pantulan, tetapi efeknya tidak akan sekuat polarizer luar dalam situasi ini. Namun, jika Anda sedang dalam situasi yang membutuhkan perubahan cepat dari filter, maka polarizer dalam mungkin menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Kesimpulan

Polarizer dalam dan luar adalah filter fotografi yang dapat membantu mengurangi pantulan dan meningkatkan kontras dalam gambar. Polarizer dalam dipasang di dalam lensa kamera, sedangkan polarizer luar dipasang di luar lensa kamera.

Anda harus menggunakan polarizer dalam dan luar tergantung pada situasi dan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin mengambil foto lanskap, di bawah cahaya terang, atau di atas air, Anda harus menggunakan polarizer luar. Namun, jika Anda sedang dalam situasi yang membutuhkan perubahan cepat dari filter, maka polarizer dalam mungkin menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Pos Terkait:  Apa Kekurangan Mesin Faksimile?

Jangan lupa untuk memilih polarizer yang cocok dengan lensa kamera Anda dan pastikan bahwa filter tersebut terpasang dengan benar untuk menghindari pantulan atau bayangan yang tidak diinginkan dalam hasil foto Anda.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *