Apa Bahasa Inggris Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu?

Posted on

Pengenalan

Setiap orang pasti pernah mendengar tentang hari-hari dalam seminggu, seperti Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu. Namun, bagaimana dengan bahasa Inggrisnya? Apakah kamu tahu apa bahasa Inggris dari hari-hari tersebut? Artikel ini akan membahas hal tersebut dengan detail.

Bahasa Inggris Senin

Hari Senin dalam bahasa Inggris disebut “Monday”. Kata ini berasal dari bahasa Inggris Kuno, yaitu “Monandæg. Monandæg artinya “Hari bulan baru”. Kata ini kemudian berubah menjadi “Monenday”, “Moneday”, “Monanday”, dan akhirnya menjadi “Monday”.

Bahasa Inggris Selasa

Hari Selasa dalam bahasa Inggris disebut “Tuesday”. Kata ini berasal dari bahasa Inggris Kuno, yaitu “Tiwesdæg”. Tiwesdæg artinya “Hari dewa Tiw”. Dewa Tiw adalah dewa perang dalam mitologi Jermanik. Kata Tiwesdæg kemudian berubah menjadi “Tewesday”, “Tuisday”, dan akhirnya menjadi “Tuesday”.

Bahasa Inggris Rabu

Hari Rabu dalam bahasa Inggris disebut “Wednesday”. Kata ini berasal dari bahasa Inggris Kuno, yaitu “Wōdnesdæg”. Wōdnesdæg artinya “Hari dewa Woden”. Dewa Woden adalah dewa dalam mitologi Jermanik yang dianggap sebagai dewa tertinggi. Kata Wōdnesdæg kemudian berubah menjadi “Wednesdei”, “Wednesdey”, dan akhirnya menjadi “Wednesday”.

Pos Terkait:  Apakah yang Kalian Ketahui tentang Norma? Sebutkan

Bahasa Inggris Kamis

Hari Kamis dalam bahasa Inggris disebut “Thursday”. Kata ini berasal dari bahasa Inggris Kuno, yaitu “Þūnresdæg”. Þūnresdæg artinya “Hari dewa Thor”. Dewa Thor adalah dewa petir dalam mitologi Jermanik. Kata Þūnresdæg kemudian berubah menjadi “Thurisday”, “Thirsday”, dan akhirnya menjadi “Thursday”.

Bahasa Inggris Jumat

Hari Jumat dalam bahasa Inggris disebut “Friday”. Kata ini berasal dari bahasa Inggris Kuno, yaitu “Frīgedæg”. Frīgedæg artinya “Hari dewi Frigg”. Dewi Frigg adalah dewi cinta dan kecantikan dalam mitologi Jermanik. Kata Frīgedæg kemudian berubah menjadi “Fridei”, “Fridai”, dan akhirnya menjadi “Friday”.

Bahasa Inggris Sabtu

Hari Sabtu dalam bahasa Inggris disebut “Saturday”. Kata ini berasal dari bahasa Inggris Kuno, yaitu “Sæternesdæg”. Sæternesdæg artinya “Hari dewa Saturnus”. Dewa Saturnus adalah dewa pertanian dalam mitologi Romawi. Kata Sæternesdæg kemudian berubah menjadi “Saterdai”, “Saterday”, dan akhirnya menjadi “Saturday”.

Kesimpulan

Setiap hari dalam seminggu memiliki nama dalam bahasa Inggris yang berbeda-beda, termasuk Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu. Mengetahui hal ini dapat membantu kita dalam berkomunikasi dengan orang asing atau saat belajar bahasa Inggris. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *