Apa Artinya Tangga Nada Natural dan Cara Mengenalinya?

Posted on

Pengenalan Tangga Nada Natural

Tangga nada natural adalah susunan nada-nada yang terdapat dalam skala musik. Skala musik adalah kumpulan dari nada-nada yang diatur dalam sebuah urutan tertentu. Nada-nada yang terdapat dalam skala musik dapat digolongkan menjadi 2 jenis yaitu nada natural dan nada bukan natural. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa artinya tangga nada natural dan cara mengenalinya.

Jenis-jenis Nada dalam Skala Musik

Sebelum membahas tangga nada natural, terlebih dahulu kita akan membahas jenis-jenis nada dalam skala musik. Nada dalam skala musik dapat dibagi menjadi 12 jenis yang terdiri dari 7 nada natural dan 5 nada bukan natural. Nada-nada natural tersebut adalah C, D, E, F, G, A, dan B. Sedangkan nada-nada bukan natural adalah C#, D#, F#, G#, dan A#.

Apa Itu Tangga Nada Natural?

Tangga nada natural adalah susunan nada-nada yang terdapat dalam skala musik yang hanya menggunakan nada-nada natural tanpa menggunakan nada bukan natural. Tangga nada natural terdiri dari 7 nada yang diurutkan sesuai dengan urutan nada-nada natural dalam skala musik. Dalam tangga nada natural, tidak ada tanda pagar atau tanda mol dalam nada-nada yang digunakan.

Pos Terkait:  Gerakan Renang Gaya Bebas Seperti Meniru Binatang Apa

Cara Mengenalinya

Untuk mengenali tangga nada natural, pertama-tama kita harus mengenal nada-nada natural dalam skala musik. Kemudian, kita dapat melihat susunan nada-nada yang terdapat dalam tangga nada natural. Tangga nada natural terdiri dari 7 nada yang diurutkan sesuai dengan urutan nada-nada natural dalam skala musik. Susunan nada-nada dalam tangga nada natural adalah sebagai berikut: C-D-E-F-G-A-B.

Manfaat Mengenal Tangga Nada Natural

Mengenal tangga nada natural sangat penting bagi mereka yang ingin mempelajari musik. Dengan mengenal tangga nada natural, seseorang dapat lebih mudah memahami dan menguasai skala musik. Selain itu, mengenal tangga nada natural juga dapat membantu seseorang dalam membuat lagu atau aransemen musik.

Kesimpulan

Tangga nada natural adalah susunan nada-nada yang terdapat dalam skala musik yang hanya menggunakan nada-nada natural tanpa menggunakan nada bukan natural. Tangga nada natural terdiri dari 7 nada yang diurutkan sesuai dengan urutan nada-nada natural dalam skala musik. Mengenal tangga nada natural sangat penting bagi mereka yang ingin mempelajari musik.

Related posts:
Pos Terkait:  Arti Kata Salam: Makna yang Tersirat dalam Budaya Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *