Apa Arti Pujian dalam Wisuda?

Posted on

Wisuda merupakan momen penting bagi setiap orang yang telah menyelesaikan pendidikan di bangku perguruan tinggi. Pada acara wisuda, selain mendapatkan gelar sarjana atau magister, biasanya juga ada pemberian pujian dari pihak universitas. Namun, apa arti pujian dalam wisuda? Simak penjelasannya di bawah ini.

Definisi Pujian dalam Wisuda

Pujian dalam wisuda merujuk pada penghargaan yang diberikan oleh pihak universitas kepada mahasiswa yang telah menunjukkan prestasi akademik yang luar biasa selama masa studinya. Pujian ini diberikan dalam bentuk penghargaan khusus yang disebut dengan Latin honors.

Jenis-jenis Pujian dalam Wisuda

Ada beberapa jenis pujian dalam wisuda yang biasanya diberikan oleh pihak universitas, yaitu:

  • Cum Laude
  • Magna Cum Laude
  • Summa Cum Laude

Cum Laude adalah pujian yang diberikan kepada mahasiswa yang telah mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) di atas rata-rata. Sedangkan, Magna Cum Laude diberikan kepada mahasiswa yang telah mencapai IPK yang lebih tinggi dari Cum Laude. Sementara itu, Summa Cum Laude merupakan pujian tertinggi yang diberikan kepada mahasiswa dengan IPK tertinggi di antara semua mahasiswa yang diwisuda.

Pos Terkait:  Arti Kata Jepang: Kenali Makna di balik Bahasa Jepang

Manfaat Pujian dalam Wisuda

Pujian dalam wisuda memiliki manfaat yang cukup besar bagi mahasiswa, di antaranya:

  • Menunjukkan prestasi akademik yang luar biasa
  • Menambah nilai pada saat mencari pekerjaan
  • Menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk mencapai prestasi yang sama

Sehingga, pujian dalam wisuda dapat menjadi suatu penghargaan yang sangat berarti bagi mahasiswa yang menerimanya.

Kriteria Penerima Pujian dalam Wisuda

Agar dapat menerima pujian dalam wisuda, mahasiswa harus memenuhi beberapa kriteria yang ditetapkan oleh pihak universitas, yaitu:

  • Telah menyelesaikan seluruh program studi dengan baik dan lancar
  • Memiliki IPK yang memenuhi standar yang ditetapkan oleh pihak universitas
  • Tidak memiliki catatan pelanggaran akademik selama masa studi

Jika mahasiswa memenuhi ketiga kriteria tersebut, maka ia berhak menerima pujian dalam wisuda.

Pemberian Pujian dalam Wisuda

Pemberian pujian dalam wisuda biasanya dilakukan pada saat acara wisuda berlangsung. Pihak universitas akan memberikan penghargaan khusus berupa medali atau piagam kepada mahasiswa yang menerima pujian tersebut.

Selain itu, pihak universitas juga akan menyebutkan nama mahasiswa yang menerima pujian tersebut di depan seluruh tamu undangan yang hadir. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengakuan dan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap prestasi akademik yang telah dicapai oleh mahasiswa tersebut.

Pos Terkait:  Pengertian dan Ciri-ciri Kalimat Majemuk

Kesimpulan

Pujian dalam wisuda merupakan penghargaan yang diberikan oleh pihak universitas kepada mahasiswa yang telah menunjukkan prestasi akademik yang luar biasa selama masa studinya. Ada beberapa jenis pujian dalam wisuda, yaitu Cum Laude, Magna Cum Laude, dan Summa Cum Laude. Pujian dalam wisuda memiliki manfaat yang cukup besar bagi mahasiswa, di antaranya menunjukkan prestasi akademik yang luar biasa, menambah nilai pada saat mencari pekerjaan, dan menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk mencapai prestasi yang sama. Untuk dapat menerima pujian dalam wisuda, mahasiswa harus memenuhi beberapa kriteria yang ditetapkan oleh pihak universitas. Pemberian pujian dalam wisuda biasanya dilakukan pada saat acara wisuda berlangsung, dan pihak universitas akan memberikan penghargaan khusus berupa medali atau piagam kepada mahasiswa yang menerima pujian tersebut.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *