Apa Arti Kata Oppa?

Posted on

Oppa adalah kata yang sering kita dengar dalam drama Korea atau K-Pop. Kata ini sebenarnya berasal dari bahasa Korea yang artinya adalah kakak laki-laki. Namun, dalam konteks budaya Korea, kata oppa digunakan oleh wanita untuk memanggil kakak laki-laki atau pria yang lebih tua.

Sejarah Kata Oppa

Kata oppa pertama kali muncul pada masa Dinasti Goryeo di Korea. Pada saat itu, kata oppa digunakan oleh wanita untuk memanggil kakak laki-laki mereka. Namun, seiring berjalannya waktu, kata oppa menjadi lebih umum digunakan oleh wanita untuk memanggil pria yang lebih tua atau pria yang mereka anggap sebagai kakak mereka.

Arti Lain dari Kata Oppa

Selain arti kakak laki-laki, kata oppa juga bisa memiliki arti lain tergantung pada konteks penggunaannya. Misalnya, jika seorang wanita memanggil pria yang lebih tua darinya dengan kata oppa, itu bisa berarti bahwa wanita tersebut menganggap pria tersebut sebagai mentor atau orang yang dihormati.

Selain itu, kata oppa juga bisa digunakan sebagai bentuk penghormatan dalam bahasa Korea. Jadi, jika seseorang memanggil seseorang yang lebih tua darinya dengan kata oppa, itu bisa menjadi tanda penghormatan dari si pengguna kata oppa.

Pos Terkait:  Jelaskan Istilah Tentang Pengertian Al Qur'an dan Hadis

Contoh Penggunaan Kata Oppa dalam Drama Korea

Kata oppa sering digunakan dalam drama Korea sebagai bentuk panggilan sayang antara wanita dan pria. Misalnya, dalam drama Korea “Boys Over Flowers”, karakter pria bernama Gu Jun-pyo sering dipanggil oppa oleh karakter wanita bernama Geum Jan-di.

Selain itu, dalam drama Korea “Reply 1988”, karakter wanita bernama Sung Deok-sun sering memanggil karakter pria bernama Choi Taek dengan kata oppa. Hal ini menunjukkan bahwa Sung Deok-sun menganggap Choi Taek sebagai kakaknya meskipun keduanya tidak memiliki hubungan darah.

Kesimpulan

Dalam bahasa Korea, kata oppa memiliki arti kakak laki-laki. Namun, dalam konteks budaya Korea, kata ini sering digunakan oleh wanita untuk memanggil pria yang lebih tua atau pria yang mereka anggap sebagai kakak mereka. Kata oppa juga bisa digunakan sebagai bentuk penghormatan atau sebagai bentuk panggilan sayang antara wanita dan pria.

Jadi, jika Anda mendengar kata oppa dalam drama Korea atau K-Pop, sekarang Anda tahu apa artinya!

Related posts:
Pos Terkait:  Jelaskan Peran Pemuda Yogyakarta dalam Memperjuangkan Kemerdekaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *