Angiospermae: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya

Posted on

Angiospermae, atau tumbuhan berbunga, merupakan salah satu kelompok tumbuhan yang paling banyak ditemukan di dunia. Tumbuhan ini memiliki bunga, buah, dan biji yang tertutup oleh jaringan yang disebut ovarium. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian, ciri-ciri, dan contoh dari angiospermae.

Pengertian Angiospermae

Angiospermae merupakan kelompok tumbuhan yang memiliki bunga. Bunga ini terdiri dari bagian-bagian seperti kelopak, mahkota, benang sari, dan putik. Di dalam bunga terdapat organ reproduksi jantan dan betina yang memungkinkan terjadinya penyerbukan. Setelah penyerbukan terjadi, bunga akan berkembang menjadi buah yang berisi biji.

Angiospermae juga dikenal sebagai tumbuhan berbunga karena adanya bunga yang menjadi ciri khas. Bunga memiliki banyak peran penting bagi tumbuhan, seperti menarik serangga penyerbuk, menangkap sinar matahari, dan memproduksi nectar.

Ciri-Ciri Angiospermae

Terdapat beberapa ciri-ciri yang membedakan angiospermae dari kelompok tumbuhan lainnya:

1. Bunga

Bunga merupakan ciri khas dari angiospermae. Bunga terdiri dari kelopak, mahkota, benang sari, dan putik. Kelopak dan mahkota melindungi bagian-bagian reproduksi bunga. Benang sari dan putik berfungsi untuk menghasilkan sel-sel reproduksi jantan dan betina.

Pos Terkait:  10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

2. Buah

Buah merupakan hasil dari perkembangan bunga setelah terjadinya penyerbukan. Buah memiliki berbagai bentuk dan ukuran, dan berfungsi untuk menyebar benih.

3. Bijinya tertutup

Biji pada angiospermae tertutup oleh lapisan jaringan yang disebut ovarium. Lapisan jaringan ini memiliki berbagai bentuk dan ukuran, dari yang tipis hingga tebal. Ovarium juga melindungi biji dari kerusakan akibat serangan hama atau cuaca buruk.

Contoh Angiospermae

Terdapat ribuan spesies angiospermae di seluruh dunia. Beberapa contoh angiospermae yang sering ditemukan antara lain:

1. Mangga

Mangga merupakan buah yang sangat populer di Indonesia. Buah mangga berasal dari pohon mangga (Mangifera indica), yang termasuk dalam kelompok angiospermae. Buah mangga memiliki biji yang tertutup oleh daging buah yang lezat.

2. Bunga Matahari

Bunga matahari (Helianthus annuus) merupakan bunga yang sering ditemukan di kebun atau taman. Bunga ini memiliki kelopak yang besar dan mahkota berwarna kuning cerah. Bunga matahari juga memiliki biji yang tertutup oleh lapisan jaringan ovarium.

3. Pohon Beringin

Pohon beringin (Ficus benjamina) merupakan pohon angiospermae yang sering ditemukan di daerah tropis. Pohon ini memiliki akar yang kuat dan cabang yang menjuntai. Bunga pada pohon beringin sangat kecil dan tidak terlihat, tetapi buahnya memiliki biji yang tertutup oleh lapisan jaringan ovarium.

Pos Terkait:  Apa yang Dimaksud dengan Mengautentikasi

Kesimpulan

Angiospermae merupakan kelompok tumbuhan yang memiliki bunga, buah, dan biji yang tertutup oleh jaringan ovarium. Ciri khas dari angiospermae adalah adanya bunga, yang berfungsi untuk menarik serangga penyerbuk dan memproduksi sel-sel reproduksi. Beberapa contoh angiospermae yang populer di Indonesia antara lain mangga, bunga matahari, dan pohon beringin.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *