Alat Musik yang Tidak Bernada Disebut Alat Musik

Posted on

Alat musik biasanya digunakan untuk menghasilkan nada atau suara yang teratur dan enak didengar. Namun, tahukah kamu bahwa ada juga alat musik yang tidak memiliki nada atau tidak bernada? Alat musik semacam ini biasanya digunakan untuk keperluan tertentu seperti ritual atau upacara adat. Berikut ini beberapa contoh alat musik yang tidak bernada:

1. Gendang Kendang

Gendang kendang adalah salah satu alat musik tradisional yang digunakan dalam berbagai upacara adat di Indonesia. Alat musik ini terdiri dari dua bagian yaitu kendang induk dan kendang anak. Kendang induk memiliki bentuk yang lebih besar dan terdapat lubang di bagian bawahnya. Sedangkan kendang anak memiliki bentuk yang lebih kecil dan tidak memiliki lubang di bagian bawahnya. Gendang kendang biasanya dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan.

2. Gong

Gong adalah alat musik yang terbuat dari logam dan memiliki bentuk cekung. Alat musik ini biasanya digunakan dalam berbagai upacara adat seperti pernikahan, upacara kematian, dan lain sebagainya. Gong dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat kayu atau besi.

3. Kempli

Kempli adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa. Alat musik ini terbuat dari logam dan memiliki bentuk bulat pipih. Kempli biasanya dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat kayu atau besi. Alat musik ini digunakan dalam berbagai upacara adat seperti pengajian atau selamatan.

4. Terbang

Terbang adalah alat musik yang berasal dari Sulawesi Selatan. Alat musik ini terbuat dari bambu dan memiliki bentuk seperti pipa yang dilengkapi dengan lubang-lubang kecil. Terbang dimainkan dengan cara ditiup pada bagian atasnya. Alat musik ini biasanya digunakan dalam berbagai upacara adat seperti pernikahan atau upacara kematian.

5. Seruling

Seruling adalah alat musik yang terbuat dari bambu dan memiliki bentuk seperti pipa kecil. Seruling biasanya dimainkan dengan cara ditiup pada bagian atasnya. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai jenis musik seperti dangdut atau pop.

Pos Terkait:  Apa yang Dimaksud dengan Organ Penggerak

6. Tifa

Tifa adalah alat musik tradisional yang berasal dari Papua. Alat musik ini terbuat dari kulit binatang yang diikat pada kerangka kayu. Tifa biasanya dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan. Alat musik ini digunakan dalam berbagai upacara adat seperti pernikahan atau upacara kematian.

7. Bedug

Bedug adalah alat musik yang terbuat dari kayu dan ditiup menggunakan nafas. Bedug biasanya digunakan dalam upacara keagamaan seperti sholat atau takbiran. Alat musik ini sering dimainkan bersama-sama dengan gendang.

8. Kendang

Kendang adalah alat musik yang terbuat dari kayu dan ditiup menggunakan nafas. Kendang biasanya digunakan dalam berbagai jenis musik seperti dangdut atau pop. Alat musik ini sering dimainkan bersama-sama dengan seruling atau gitar.

9. Rebab

Rebab adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Timur Tengah. Alat musik ini terbuat dari kayu dan ditiup menggunakan nafas. Rebab biasanya digunakan dalam berbagai jenis musik seperti dangdut atau pop. Alat musik ini sering dimainkan bersama-sama dengan kendang atau gitar.

10. Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu dan memiliki bentuk seperti xilofon atau kentongan yang dilengkapi dengan lubang-lubang kecil. Angklung dimainkan dengan cara digoyangkan sehingga menghasilkan suara yang unik. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai upacara adat atau acara kesenian.

11. Kolintang

Kolintang adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Utara. Alat musik ini terbuat dari kayu dan memiliki bentuk seperti xilofon atau kentongan yang dilengkapi dengan lubang-lubang kecil. Kolintang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat kayu atau besi. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai upacara adat atau acara kesenian.

12. Suling

Suling adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa. Alat musik ini terbuat dari bambu dan memiliki bentuk seperti pipa kecil. Suling biasanya dimainkan dengan cara ditiup pada bagian atasnya. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai jenis musik seperti dangdut atau pop.

13. Bonang

Bonang adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa. Alat musik ini terbuat dari logam dan memiliki bentuk seperti mangkuk kecil. Bonang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat kayu atau besi. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai upacara adat atau acara kesenian.

14. Kendi

Kendi adalah alat musik yang terbuat dari tanah liat dan memiliki bentuk seperti botol. Kendi dimainkan dengan cara ditiup pada bagian atasnya. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai upacara adat seperti pernikahan atau upacara kematian.

Pos Terkait:  Arti Kata Pasif: Pengertian, Contoh, dan Penggunaannya

15. Kastanyet

Kastanyet adalah alat musik yang terbuat dari kayu dan digunakan dalam berbagai jenis musik seperti tango atau flamenco. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan jari-jari tangan.

16. Marakas

Marakas adalah alat musik yang terbuat dari kayu atau bambu dan digunakan dalam berbagai jenis musik seperti salsa atau reggae. Alat musik ini dimainkan dengan cara digoyangkan sehingga menghasilkan suara yang unik.

17. Djembe

Djembe adalah alat musik tradisional yang berasal dari Afrika Barat. Alat musik ini terbuat dari kayu dan kulit binatang. Djembe dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai jenis musik seperti blues atau jazz.

18. Cajon

Cajon adalah alat musik yang terbuat dari kayu dan memiliki bentuk seperti kotak. Cajon dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai jenis musik seperti flamenco atau jazz.

19. Harmonika

Harmonika adalah alat musik yang terbuat dari logam dan memiliki bentuk seperti kotak. Harmonika dimainkan dengan cara ditiup pada bagian atasnya. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai jenis musik seperti blues atau folk.

20. Biola

Biola adalah alat musik yang terbuat dari kayu dan ditiup menggunakan nafas. Biola biasanya digunakan dalam berbagai jenis musik seperti klasik atau jazz. Alat musik ini sering dimainkan bersama-sama dengan piano atau gitar.

21. Ukulele

Ukulele adalah alat musik yang terbuat dari kayu dan memiliki bentuk seperti gitar kecil. Ukulele dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari-jari tangan. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai jenis musik seperti pop atau folk.

22. Piano

Piano adalah alat musik yang terbuat dari kayu dan memiliki bentuk seperti kotak besar. Piano dimainkan dengan cara ditekan pada kunci-kunci yang terdapat pada bagian atasnya. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai jenis musik seperti klasik atau pop.

23. Gitar

Gitar adalah alat musik yang terbuat dari kayu dan memiliki bentuk seperti kotak kecil. Gitar dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari-jari tangan. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai jenis musik seperti rock atau pop.

Pos Terkait:  Arti Kata Material: Definisi, Jenis, dan Contohnya

24. Bass

Bass adalah alat musik yang terbuat dari kayu dan memiliki bentuk seperti gitar besar. Bass dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari-jari tangan. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai jenis musik seperti rock atau metal.

25. Drum

Drum adalah alat musik yang terbuat dari kayu atau logam dan memiliki bentuk seperti tabung besar. Drum dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat kayu atau besi. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai jenis musik seperti rock atau metal.

26. Saxophone

Saxophone adalah alat musik yang terbuat dari logam dan memiliki bentuk seperti pipa besar. Saxophone dimainkan dengan cara ditiup pada bagian atasnya. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai jenis musik seperti jazz atau blues.

27. Trompet

Trompet adalah alat musik yang terbuat dari logam dan memiliki bentuk seperti corong. Trompet dimainkan dengan cara ditiup pada bagian atasnya. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai jenis musik seperti jazz atau pop.

28. Flute

Flute adalah alat musik yang terbuat dari logam atau bambu dan memiliki bentuk seperti pipa kecil. Flute biasanya dimainkan dengan cara ditiup pada bagian atasnya. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai jenis musik seperti klasik atau folk.

29. Clarinet

Clarinet adalah alat musik yang terbuat dari logam atau kayu dan memiliki bentuk seperti pipa besar. Clarinet dimainkan dengan cara ditiup pada bagian atasnya. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai jenis musik seperti klasik atau jazz.

30. Harpa

Harpa adalah alat musik yang terbuat dari kayu dan logam. Harpa dimainkan dengan cara ditekan pada kunci-kunci yang terdapat pada bagian atasnya. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai jenis musik seperti klasik atau pop.

Meskipun alat musik yang tidak bernada tidak bisa menghasilkan suara yang teratur dan enak didengar, namun mereka memiliki nilai tersendiri dalam berbagai upacara adat atau acara kesenian. Semua alat musik memiliki peran penting dalam dunia musik dan seni.

Itulah beberapa contoh alat musik yang tidak bernada. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang alat musik tradisional Indonesia dan dunia.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *