Alat Musik Gitar Berasal dari Daerah Mana Ya?

Posted on

Alat musik gitar merupakan salah satu alat musik yang paling populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Namun, banyak orang masih bertanya-tanya tentang asal usul gitar. Benarkah alat musik gitar berasal dari Indonesia? Ataukah dari negara lain?

Sejarah Alat Musik Gitar

Sejarah alat musik gitar bisa ditelusuri hingga zaman kuno. Pada awalnya, alat musik ini dikenal dengan sebutan kithara dan digunakan oleh orang Yunani kuno. Kithara memiliki bentuk yang mirip dengan gitar modern, namun memiliki ukuran yang lebih besar.

Pada abad pertengahan, alat musik ini dikenal dengan sebutan vihuela dan digunakan di Spanyol dan Portugal. Vihuela memiliki bentuk yang mirip dengan gitar, namun memiliki 6 hingga 12 senar.

Pada abad ke-16, alat musik gitar modern mulai dikenal di Eropa. Gitar modern pertama kali diperkenalkan oleh orang Spanyol, dan memiliki bentuk yang mirip dengan vihuela namun dengan 6 senar.

Asal Usul Nama “Gitar”

Asal usul nama “gitar” masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Beberapa ahli mengatakan bahwa kata “gitar” berasal dari bahasa Arab “qitara”, sedangkan yang lain mengatakan berasal dari bahasa Latin “cithara.

Pos Terkait:  Apa Arti Kata Suhu? Kenali Pengertian dan Peranannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Di Indonesia sendiri, kata “gitar” pertama kali dikenal pada abad ke-16. Saat itu, orang Portugis yang datang ke Indonesia membawa alat musik gitar dan mengajarkannya kepada penduduk setempat.

Gitar di Indonesia

Di Indonesia, alat musik gitar pertama kali dikenal pada abad ke-19. Saat itu, gitar digunakan oleh para musisi Tionghoa di Batavia (Jakarta saat ini) untuk memainkan lagu-lagu populer dari Barat.

Seiring berjalannya waktu, gitar semakin populer di Indonesia dan digunakan oleh banyak musisi untuk memainkan lagu-lagu tradisional maupun modern. Bahkan, banyak musisi Indonesia yang terkenal di dunia, seperti Iwan Fals dan Chrisye, menggunakan gitar dalam karyanya.

Jenis-jenis Gitar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gitar modern memiliki 6 senar. Namun, ada juga jenis gitar lain yang memiliki jumlah senar yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis gitar yang sering digunakan:

  • Gitar akustik: gitar yang dioperasikan secara akustik, tanpa menggunakan alat bantu listrik.
  • Gitar listrik: gitar yang dioperasikan dengan menggunakan alat bantu listrik.
  • Gitar klasik: gitar yang digunakan untuk memainkan musik klasik.
  • Gitar bass: gitar yang digunakan untuk memainkan nada bass.

Penutup

Jadi, dari mana asal usul alat musik gitar? Meskipun nama “gitar” berasal dari bahasa Arab atau bahasa Latin, namun sejarah alat musik gitar sebenarnya berasal dari Yunani kuno. Di Indonesia sendiri, gitar pertama kali dikenal pada abad ke-19 dan semakin populer seiring berjalannya waktu.

Pos Terkait:  Arti Kata Kepercayaan: Pentingnya Memiliki Keyakinan dalam Hidup

Ada banyak jenis gitar yang berbeda, mulai dari gitar akustik hingga gitar bass. Namun, yang pasti, gitar tetap menjadi salah satu alat musik yang paling populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *