8x – 8 = ? Mohon Bantuannya

Posted on

Apakah Anda pernah bertanya-tanya apa hasil dari persamaan matematika 8x – 8 = ? Jika ya, maka artikel ini akan memberikan jawaban untuk pertanyaan Anda. Kami akan menjelaskan langkah-langkah untuk menyelesaikan persamaan ini dan memberikan beberapa contoh untuk membantu Anda memahaminya.

Langkah-langkah Menyelesaikan Persamaan 8x – 8 = ?

Sebelum kita dapat menemukan jawaban dari persamaan ini, ada beberapa langkah yang harus diambil.

1. Tambahkan Angka 8 Kedua Sisi Persamaan

Langkah pertama dalam menyelesaikan persamaan ini adalah dengan menambahkan angka 8 ke kedua sisi persamaan. Hal ini dilakukan agar kita dapat memindahkan angka -8 ke sisi kiri persamaan dan meninggalkan 8x di sisi kanan persamaan. Setelah menambahkan angka 8, persamaan menjadi:

8x – 8 + 8 = ? + 8

8x = ? + 8

2. Sederhanakan Persamaan

Setelah menambahkan angka 8 kedua sisi persamaan, kita dapat menyederhanakan persamaan dengan menghilangkan angka 8 di sisi kiri. Hal ini dilakukan dengan cara menambahkan angka 8 ke kedua sisi persamaan. Setelah disederhanakan, persamaan menjadi:

8x = ? + 8

3. Tentukan Nilai X

Langkah terakhir dalam menyelesaikan persamaan ini adalah dengan menentukan nilai x. Untuk melakukan ini, kita harus mencari tahu nilai yang dapat menggantikan tanda tanya pada persamaan.

Pos Terkait:  Sebutkan Komponen Penyusun Larutan pada Larutan Gula

Bagaimana caranya? Kita dapat melakukan ini dengan cara membagi kedua sisi persamaan dengan angka 8. Setelah melakukan itu, persamaan akan menjadi:

x = (? + 8) / 8

Contoh Soal

Berikut adalah beberapa contoh soal yang menggunakan persamaan 8x – 8 = ?:

Contoh Soal 1

Jika 8x – 8 = 16, berapa nilai x?

Untuk menyelesaikan persamaan ini, kita harus mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya. Pertama, tambahkan angka 8 kedua sisi persamaan:

8x – 8 + 8 = 16 + 8

8x = 24

Setelah itu, sederhanakan persamaan:

8x = 24

Terakhir, tentukan nilai x dengan membagi kedua sisi persamaan dengan angka 8:

x = 3

Jadi, nilai x pada persamaan 8x – 8 = 16 adalah 3.

Contoh Soal 2

Jika 8x – 8 = -24, berapa nilai x?

Langkah-langkah yang harus diikuti untuk menyelesaikan persamaan ini sama dengan contoh soal sebelumnya. Pertama, tambahkan angka 8 kedua sisi persamaan:

8x – 8 + 8 = -24 + 8

8x = -16

Setelah itu, sederhanakan persamaan:

8x = -16

Terakhir, tentukan nilai x dengan membagi kedua sisi persamaan dengan angka 8:

x = -2

Jadi, nilai x pada persamaan 8x – 8 = -24 adalah -2.

Kesimpulan

Sekarang, Anda telah mengetahui cara menyelesaikan persamaan matematika 8x – 8 = ? dan telah melihat beberapa contoh soal yang menggunakan persamaan ini. Dengan cara yang sama, Anda dapat menyelesaikan persamaan matematika lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mempelajari matematika!

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *