6. Tentukan Panjang AB dari Gambar Berikut

Posted on

Salah satu materi yang harus dipelajari oleh siswa SMA adalah trigonometri. Konsep trigonometri merupakan salah satu konsep penting dalam matematika yang berfungsi untuk mengukur segitiga, baik dalam bentuk sudut, sisi, atau luasnya. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara menentukan panjang AB dari gambar berikut dengan menggunakan konsep trigonometri.

Gambar Soal

Gambar-SoalSource: bing.com

Gambar di atas menunjukkan segitiga ABC dengan sudut 60° di titik C dan panjang sisi AC sebesar 10 cm. Tugas kita adalah untuk menentukan panjang sisi AB.

Menggunakan Konsep Trigonometri

Untuk menentukan panjang AB, kita bisa menggunakan konsep trigonometri dengan memperhatikan sudut-sudut yang ada pada segitiga ABC. Sudut yang kita perhatikan adalah sudut 60° di titik C. Kita bisa menggunakan rumus trigonometri sebagai berikut:

sin θ = AB / AC

Dalam rumus ini, θ adalah sudut yang ingin kita ketahui, AB adalah panjang sisi yang ingin kita cari, dan AC adalah sisi miring segitiga. Kita sudah mengetahui nilai sin 60°, yaitu 0,86603. Kita juga sudah mengetahui nilai AC, yaitu 10 cm. Dengan demikian, kita bisa mencari nilai AB sebagai berikut:

Pos Terkait:  Arti Kata Kepo dalam Bahasa Gaul: Makna, Penggunaan, dan Contoh Kalimat

AB = sin 60° x AC

AB = 0,86603 x 10

AB = 8,6603 cm

Jawaban

Berdasarkan perhitungan di atas, panjang sisi AB adalah 8,6603 cm.

Penutup

Menentukan panjang AB dari segitiga ABC dengan sudut 60° di titik C dan panjang sisi AC sebesar 10 cm bisa dilakukan dengan menggunakan konsep trigonometri. Dalam hal ini, kita bisa menggunakan rumus sin θ = AB / AC untuk mencari nilai AB. Dalam artikel ini, kita berhasil menentukan panjang sisi AB sebesar 8,6603 cm. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *