5 Strategi yang Dilakukan untuk Menyederhanakan Bentuk

Posted on

Bentuk adalah salah satu elemen dasar dalam seni visual. Dalam desain grafis, bentuk sering digunakan sebagai elemen utama dalam pembuatan logo, ikon, atau desain poster. Namun, terkadang bentuk yang kompleks dan rumit dapat membuat desain terlihat tidak jelas atau sulit dipahami. Oleh karena itu, dilakukanlah beberapa strategi untuk menyederhanakan bentuk agar desain lebih mudah dipahami dan efektif dalam menyampaikan pesan.

1. Menggunakan Geometri Sederhana

Salah satu cara untuk menyederhanakan bentuk adalah dengan menggunakan geometri sederhana seperti lingkaran, segitiga, atau persegi. Bentuk-bentuk geometris ini memiliki garis dan sudut yang tegas dan mudah dipahami oleh mata manusia. Dengan menggunakan bentuk geometris, desain akan terlihat lebih bersih dan mudah dibaca.

2. Menghapus Detail yang Tidak Penting

Seringkali, bentuk kompleks terdiri dari banyak detail yang tidak perlu. Untuk menyederhanakan bentuk, kita dapat menghapus detail-detail tersebut dan hanya menyisakan yang penting. Misalnya, jika kita ingin membuat logo burung, kita dapat menghilangkan detail bulu-bulu pada sayap dan hanya mempertahankan bentuk dasar sayap dan tubuh burung.

Pos Terkait:  Perkiraan Biaya Hidup di Pekanbaru

3. Menggunakan Warna yang Sederhana

Selain bentuk, warna juga dapat membuat desain terlihat kompleks. Untuk menyederhanakan bentuk, kita dapat menggunakan warna yang sederhana dan tidak terlalu banyak. Misalnya, menggunakan satu atau dua warna yang kontras dapat membuat bentuk terlihat lebih jelas dan mudah dipahami.

4. Menggunakan Kontras yang Tegas

Salah satu cara untuk membuat bentuk terlihat jelas dan mudah dibaca adalah dengan menggunakan kontras yang tegas. Misalnya, menggunakan warna putih pada latar belakang hitam atau sebaliknya. Kontras yang tegas dapat membuat bentuk terlihat lebih jelas dan mudah dipahami oleh mata manusia.

5. Menggunakan Simetri

Simetri adalah prinsip desain yang dapat membuat bentuk terlihat lebih harmonis dan mudah dipahami. Dengan menggunakan simetri, kita dapat membuat bentuk yang terlihat seimbang dan mudah dipahami oleh mata manusia. Misalnya, saat membuat logo, kita dapat menggunakan simetri pada bagian sayap atau tubuh untuk membuat desain terlihat lebih seimbang dan mudah dikenali.

Kesimpulan

Menyederhanakan bentuk adalah salah satu strategi penting dalam desain grafis. Dengan menggunakan geometri sederhana, menghapus detail yang tidak penting, menggunakan warna yang sederhana, menggunakan kontras yang tegas, dan menggunakan simetri, kita dapat membuat desain terlihat lebih jelas dan mudah dipahami oleh mata manusia.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *