5. Berbakti kepada Orang Tua Akan Mendatangkan Keberkahan

Posted on

Berbakti kepada orang tua merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap anak. Hal ini sangat penting dilakukan karena orang tua adalah amanah dari Allah SWT yang harus dijaga dan diperhatikan dengan baik. Selain itu, berbakti kepada orang tua juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita. Berikut adalah beberapa manfaat dari berbakti kepada orang tua:

1. Mendapatkan Keberkahan dari Allah SWT

Salah satu manfaat berbakti kepada orang tua adalah mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Quran Surah Al-Isra ayat 23-24, yang artinya:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Wahai Tuhanku, sayangilah mereka berdua sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku ketika kecil’”.

Pos Terkait:  Apakah Tepung Maizena Sama dengan Tepung Custard?

Dalam ayat tersebut, Allah SWT memerintahkan kita untuk berbuat baik kepada kedua orang tua. Jika kita melaksanakan perintah Allah SWT tersebut dengan baik, maka kita akan mendapatkan keberkahan dari-Nya.

2. Mendapatkan Pahala dari Allah SWT

Selain mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, berbakti kepada orang tua juga dapat mendatangkan pahala yang besar. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Quran Surah Al-Ahqaf ayat 15, yang artinya:

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun; bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu-bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu”.

Dalam ayat tersebut, Allah SWT memerintahkan kita untuk bersyukur kepada-Nya dan kepada kedua orang tua. Jika kita melaksanakan perintah tersebut dengan baik, maka kita akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

3. Menjadi Anak yang Baik dan Berbudi Pekerti Mulia

Berbakti kepada orang tua juga dapat membuat kita menjadi anak yang baik dan berbudi pekerti mulia. Hal ini karena kita akan belajar untuk menghormati dan menghargai orang lain, terutama orang tua kita yang telah memberikan kasih sayang dan pengorbanan yang besar bagi kita.

Pos Terkait:  Contoh Lokasi Absolut dan Relatif Apa Ya?

4. Membangun Hubungan yang Baik dengan Orang Tua

Berbakti kepada orang tua juga dapat membantu kita untuk membangun hubungan yang baik dengan mereka. Hal ini karena kita akan lebih dekat dan saling memahami satu sama lain. Kita juga dapat mengetahui keinginan dan harapan orang tua kita, sehingga kita dapat memenuhi keinginan mereka dengan baik.

5. Mendapatkan Barokah dalam Kehidupan

Terakhir, berbakti kepada orang tua juga dapat mendatangkan barokah dalam kehidupan kita. Hal ini karena Allah SWT akan memberikan keberkahan dan rizki yang berlimpah kepada kita jika kita berbuat baik kepada orang tua.

Dalam kesimpulannya, berbakti kepada orang tua merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap anak. Hal ini tidak hanya memberikan manfaat bagi orang tua, tetapi juga bagi kehidupan kita. Dengan berbakti kepada orang tua, kita akan mendapatkan keberkahan dan pahala dari Allah SWT, menjadi anak yang baik dan berbudi pekerti mulia, membangun hubungan yang baik dengan orang tua, serta mendapatkan barokah dalam kehidupan. Oleh karena itu, mari kita berbakti kepada orang tua dengan sepenuh hati dan melakukan segala yang terbaik untuk mereka.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *