3 1/2 x 3 = Berapa sih?? Tolong bantu ya

Posted on

Hal yang mungkin sering kita alami saat belajar matematika adalah bingung dengan soal yang sulit dipecahkan. Salah satunya adalah soal 3 1/2 x 3 = Berapa sih? Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus memahami terlebih dahulu bagaimana cara menghitung pecahan campuran.

Bagaimana Cara Menghitung Pecahan Campuran?

Pecahan campuran merupakan pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Untuk menghitung pecahan campuran, kita harus mengubahnya menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengalikan bilangan bulat dengan penyebut pecahan, kemudian menambahkan pembilang pecahan dengan hasil perkalian tadi.

Contohnya, jika kita memiliki pecahan campuran 2 1/3, maka kita bisa mengubahnya menjadi pecahan biasa sebagai berikut:

2 1/3 = (2 x 3 + 1) / 3 = 7/3

Nah, setelah kita memahami cara menghitung pecahan campuran, maka kita bisa mencoba untuk menyelesaikan soal 3 1/2 x 3 = Berapa sih?

Cara Menyelesaikan Soal 3 1/2 x 3

Untuk menyelesaikan soal ini, kita perlu mengubah pecahan campuran 3 1/2 menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:

3 1/2 = (3 x 2 + 1) / 2 = 7/2

Setelah itu, kita bisa melakukan perkalian antara 7/2 dengan 3.

Pos Terkait:  Apa yang Dimaksud dengan Preloading?

7/2 x 3 = (7 x 3) / 2 = 21/2

Jadi, jawaban dari soal 3 1/2 x 3 = Berapa sih? adalah 21/2.

Kenapa Jawabannya Bukan 10 1/2?

Banyak orang yang salah dalam menyelesaikan soal ini karena mereka tidak memahami cara menghitung pecahan campuran. Sehingga, mereka mengalikan bilangan bulat 3 dengan pecahan biasa 1/2, kemudian menambahkan hasil perkalian tersebut dengan 3.

Jadi, hasilnya menjadi:

3 x 1/2 = 3/2

3 + 3/2 = 9/2

Sehingga, mereka mengira bahwa jawaban dari soal 3 1/2 x 3 = Berapa sih? adalah 10 1/2.

Penutup

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa untuk menyelesaikan soal 3 1/2 x 3 = Berapa sih?, kita perlu mengubah pecahan campuran 3 1/2 menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Kemudian, kita bisa melakukan perkalian antara pecahan biasa dengan bilangan bulat. Selain itu, penting bagi kita untuk memahami terlebih dahulu konsep-konsep dasar dalam matematika seperti pecahan campuran agar tidak salah dalam menyelesaikan soal.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *