200 cm sama dengan berapa meter: Cara Mudah Mengubah Satuan Panjang

Posted on

Setiap hari kita sering dihadapkan dengan perbedaan satuan panjang. Ada centimeter, meter, kilometer, dan sebagainya. Namun, tidak semua orang paham betul tentang cara menghitung satuannya. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang 200 cm sama dengan berapa meter. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian Satuan Panjang

Sebelum membahas lebih lanjut tentang konversi satuan panjang, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian satuan panjang. Satuan panjang adalah besaran fisika yang digunakan untuk mengukur jarak atau panjang suatu benda. Satuan panjang yang paling umum digunakan adalah meter (m), centimeter (cm), dan kilometer (km).

Konversi Satuan Panjang

Untuk mengubah satuan panjang dari satu bentuk ke bentuk lainnya, kita dapat menggunakan rumus konversi. Berikut ini rumus konversi satuan panjang yang sering digunakan:

1 meter = 100 centimeter

1 kilometer = 1000 meter

Dari rumus tersebut, dapat kita ketahui bahwa 1 meter sama dengan 100 centimeter dan 1 kilometer sama dengan 1000 meter.

200 cm Sama dengan Berapa Meter

Kembali ke pertanyaan utama, 200 cm sama dengan berapa meter? Untuk mengubah satuan centimeter ke meter, kita dapat menggunakan rumus konversi sebagai berikut:

Pos Terkait:  Berapa Hasil dari Akar 18?

1 meter = 100 centimeter

x meter = 200 centimeter

Dari rumus di atas, kita dapat mencari nilai x yang merupakan jumlah meter dari 200 cm. Caranya adalah dengan mengalikan kedua sisi persamaan dengan x. Sehingga didapat rumus:

x = 200 / 100

x = 2 meter

Jadi, 200 cm sama dengan 2 meter.

Cara Mudah Menghitung Konversi Satuan Panjang

Meskipun rumus konversi satuan panjang terlihat mudah, namun kadangkala rumus tersebut masih sulit dipahami oleh sebagian orang. Untuk itu, ada beberapa cara mudah menghitung konversi satuan panjang, yaitu:

1. Kelipatan 10

Kita dapat mengubah satuan panjang dengan mudah jika satuan yang ingin diubah merupakan kelipatan dari 10. Misalnya, ingin mengubah 500 meter menjadi kilometer. Kita hanya perlu membagi 500 dengan 1000 (karena 1 kilometer = 1000 meter). Sehingga didapat hasil:

500 meter = 0,5 kilometer

2. Ingat Rumus Konversi

Untuk mengubah satuan panjang yang tidak merupakan kelipatan dari 10, kita dapat menggunakan rumus konversi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Ingatlah rumus tersebut agar memudahkan dalam menghitung.

Kesimpulan

Dalam mengubah satuan panjang, terutama saat ingin mengubah centimeter menjadi meter, kita dapat menggunakan rumus konversi yang mudah diingat. Dengan menguasai rumus tersebut, kita dapat mengubah satuan panjang dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin memahami konversi satuan panjang.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *