20/10 di Jadiin Pecahan Campuran Berapa Ya?

Posted on

20/10 adalah pecahan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Pecahan ini sering digunakan dalam berbagai macam matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Namun, bagaimana jika 20/10 di jadiin pecahan campuran? Berapa hasilnya?

Apa itu Pecahan Campuran?

Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Contohnya adalah 3 1/2, 2 3/4, dan 5 2/9. Pecahan campuran sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam mengukur bahan makanan atau dalam menghitung waktu.

Cara Membuat Pecahan Campuran

Untuk membuat pecahan campuran, pertama-tama kita harus mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran. Caranya adalah dengan membagi pembilang dengan penyebut. Contohnya adalah 7/4. Kita bisa mengubahnya menjadi pecahan campuran dengan cara:

7/4 = 1 3/4

Dengan cara ini, kita telah berhasil membuat pecahan campuran dari pecahan biasa. Sekarang, mari kita kembali ke pertanyaan awal, yaitu berapa hasil dari menjadikan 20/10 sebagai pecahan campuran?

Cara Menjadikan 20/10 Sebagai Pecahan Campuran

Untuk menjadikan 20/10 sebagai pecahan campuran, kita harus mengubah pecahan ini menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membagi pembilang dengan penyebut.

Pos Terkait:  22 Kalimat "Sekian dan Terimakasih dalam Surat Undangan"

20/10 = 2

Sekarang, kita tahu bahwa 20/10 sama dengan 2. Namun, untuk menjadikan 2 sebagai pecahan campuran, kita harus menambahkan bilangan bulat 0 di depannya. Sehingga, 2 menjadi 0 2/10.

Sekarang, kita telah berhasil menjadikan 20/10 sebagai pecahan campuran. Hasilnya adalah 0 2/10.

Penjelasan Lebih Lanjut

Untuk lebih memahami tentang pecahan campuran, mari kita lihat contoh lainnya. Misalnya, kita ingin menjadikan 26/8 sebagai pecahan campuran. Caranya adalah sebagai berikut:

26/8 = 3 2/8

Kita bisa memperkecil pecahan campuran ini dengan membagi pembilang dan penyebut dengan faktor yang sama. Contohnya, kita bisa membagi pembilang dan penyebut dengan faktor 2. Sehingga:

3 2/8 = 3 1/4

Dengan cara ini, kita telah berhasil menjadikan 26/8 sebagai pecahan campuran yang lebih sederhana.

Kesimpulan

Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Untuk menjadikan pecahan biasa sebagai pecahan campuran, kita harus mengubahnya terlebih dahulu menjadi pecahan biasa. Kemudian, kita bisa menambahkan bilangan bulat 0 di depannya. Misalnya, untuk menjadikan 20/10 sebagai pecahan campuran, kita harus mengubahnya menjadi 0 2/10.

Untuk lebih memahami tentang pecahan campuran, kita bisa melihat contoh-contoh lainnya dan mempraktikkannya langsung. Dengan begitu, kita akan lebih terbiasa dan terampil dalam menghitung pecahan campuran.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *