15 Gram SP Berapa Sendok? Simak Penjelasannya di Sini!

Posted on

Anda pasti sering mendengar istilah 15 gram SP, terutama jika Anda sering memasak atau membuat kue. Namun, tahukah Anda berapa sendok makan atau sendok teh yang setara dengan 15 gram SP?

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu 15 gram SP. SP adalah singkatan dari susu bubuk full cream yang merupakan bahan yang umum digunakan dalam memasak dan membuat kue. Biasanya, SP dijual dalam kemasan ukuran 250 gram atau 1 kilogram.

Namun, dalam beberapa resep, terutama resep kue, kadang-kadang menggunakan satuan 15 gram SP. Hal ini mungkin membuat bingung bagi sebagian orang yang tidak tahu berapa sendok makan atau sendok teh yang setara dengan 15 gram SP.

15 Gram SP Berapa Sendok Makan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu diketahui bahwa setiap sendok makan memiliki berat yang berbeda-beda tergantung pada jenis bahan yang ditimbang. Namun, secara umum, 1 sendok makan memiliki berat sekitar 15 gram.

Pos Terkait:  Koseka Singkatan dari Apa? Kenali Arti dan Fungsinya di Sekolah

Dengan demikian, 15 gram SP setara dengan 1 sendok makan. Jadi, jika Anda menemukan resep yang menggunakan satuan 15 gram SP, Anda bisa menggantinya dengan 1 sendok makan SP.

15 Gram SP Berapa Sendok Teh?

Untuk menghitung berapa sendok teh yang setara dengan 15 gram SP, perlu diingat bahwa 1 sendok makan sama dengan 3 sendok teh. Dengan demikian, 15 gram SP setara dengan 1 sendok makan atau 3 sendok teh.

Jadi, jika Anda menemukan resep yang menggunakan satuan 15 gram SP dan Anda ingin menggantinya dengan sendok teh, Anda bisa menggunakan 3 sendok teh untuk setiap 15 gram SP.

Bagaimana Jika Tidak Punya Sendok Pengukur?

Jika Anda tidak memiliki sendok pengukur, Anda bisa menggunakan benda lain yang memiliki volume yang sama. Misalnya, 1 sendok makan setara dengan 15 ml atau 1/16 cup. Jadi, jika Anda memiliki gelas pengukur atau cangkir ukur, Anda bisa menggunakan 15 ml atau 1/16 cup untuk menggantikan 1 sendok makan.

Untuk sendok teh, 1 sendok teh setara dengan 5 ml atau 1/48 cup. Jadi, jika Anda tidak memiliki sendok teh, Anda bisa menggunakan 5 ml atau 1/48 cup untuk menggantikan 1 sendok teh.

Pos Terkait:  Arti Kata Bahari: Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimat

Simak Resep Kue yang Menggunakan Satuan 15 Gram SP

Untuk membantu Anda lebih memahami penggunaan satuan 15 gram SP dalam resep kue, berikut adalah contoh resep kue yang menggunakan satuan tersebut:

Kue Bolu Pandan

Bahan:

  • 5 butir telur
  • 200 gram gula pasir
  • 200 gram terigu
  • 15 gram SP
  • 1 sendok teh pasta pandan
  • 1 sendok teh emulsifier
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 50 ml air matang

Cara membuat:

  1. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang putih dan kental.
  2. Tambahkan terigu, SP, pasta pandan, dan emulsifier secara bergantian sambil terus diaduk hingga rata.
  3. Tuang air jeruk nipis dan air matang sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga rata.
  4. Siapkan loyang yang telah dioles margarin dan taburi tepung terigu.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang dan panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 180 derajat Celcius selama 30-35 menit.
  6. Keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin sebelum dipotong dan disajikan.

Dalam resep kue bolu pandan di atas, terdapat penggunaan satuan 15 gram SP. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki sendok pengukur. Anda bisa menggantinya dengan 1 sendok makan SP.

Kesimpulan

15 gram SP setara dengan 1 sendok makan atau 3 sendok teh. Jika Anda menemukan resep yang menggunakan satuan 15 gram SP, Anda bisa menggantinya dengan 1 sendok makan SP atau 3 sendok teh SP. Jika Anda tidak memiliki sendok pengukur, Anda bisa menggunakan benda lain yang memiliki volume yang sama seperti gelas pengukur atau cangkir ukur. Dalam memasak dan membuat kue, penggunaan satuan yang tepat sangat penting untuk menghasilkan hasil yang sesuai dengan harapan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *