120cc Sama dengan Berapa Gelas?

Posted on

Bagi sebagian orang, mengkonversi satuan pengukuran seringkali menjadi kegiatan yang membingungkan. Salah satunya adalah ketika kita ingin mengkonversi 120cc menjadi berapa gelas. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, perlu kita ketahui terlebih dahulu berapa ukuran satu gelas.

Ukuran Gelas Standar

Ukuran gelas yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari biasanya memiliki kapasitas sekitar 200cc. Namun, terkadang ada juga gelas dengan kapasitas 150cc atau 250cc. Oleh karena itu, ketika ingin mengkonversi satuan pengukuran, pastikan untuk mengetahui dulu ukuran standar dari satuan pengukuran tersebut.

120cc Sama dengan Berapa Gelas?

Sekarang kita sudah mengetahui ukuran standar gelas, maka kita bisa menghitung berapa jumlah gelas yang setara dengan 120cc. Dalam hal ini, jika kita menggunakan ukuran standar gelas sekitar 200cc, maka 120cc sama dengan:

120cc : 200cc = 0,6 gelas

Jadi, jika kita ingin menuangkan cairan sebanyak 120cc ke dalam gelas, maka kita perlu menuangkannya sebanyak 0,6 gelas.

Perbedaan Satuan Pengukuran

Saat mengkonversi satuan pengukuran, terkadang kita juga perlu memperhatikan perbedaan satuan pengukuran yang digunakan. Misalnya, jika kita ingin mengkonversi 120cc menjadi mililiter, maka kita tidak perlu melakukan perhitungan karena 120cc sudah sama dengan 120ml.

Pos Terkait:  10 Persyaratan Ujian Mandiri

Namun, jika kita ingin mengkonversi 120cc menjadi ons, maka kita perlu melakukan perhitungan karena kedua satuan pengukuran tersebut memiliki perbedaan. Satu ons sama dengan sekitar 29,5735cc. Oleh karena itu, 120cc sama dengan:

120cc : 29,5735cc = 4,056 ons

Simbol Satuan Pengukuran

Saat melakukan konversi satuan pengukuran, kita juga perlu memperhatikan simbol yang digunakan. Simbol satuan pengukuran yang sering digunakan antara lain:

  • cc atau cm3 untuk mililiter atau sentimeter kubik
  • mL untuk mililiter
  • fl. oz atau oz untuk ons atau fluid ons

Perhatikan simbol satuan pengukuran yang digunakan agar tidak terjadi kesalahan dalam konversi.

Contoh Lain Konversi Satuan Pengukuran

Setelah mengetahui cara mengkonversi 120cc menjadi gelas, berikut adalah beberapa contoh lain konversi satuan pengukuran yang sering digunakan:

  • 1 liter sama dengan 1000cc atau 4 gelas
  • 1 gelas sama dengan 200cc atau 6,76 ons
  • 1 sendok teh sama dengan 5cc
  • 1 sendok makan sama dengan 15cc

Kesimpulan

Mengkonversi satuan pengukuran memang seringkali membingungkan. Namun, dengan memperhatikan ukuran standar, perbedaan satuan pengukuran, dan simbol yang digunakan, kita dapat dengan mudah mengkonversi satuan pengukuran yang kita butuhkan. Dalam hal mengkonversi 120cc menjadi gelas, kita perlu memperhatikan ukuran standar gelas yang digunakan. Jika menggunakan ukuran standar gelas sekitar 200cc, maka 120cc sama dengan 0,6 gelas.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *