10 Pilihan Pekerjaan Setelah Lulus SMK

Posted on

Setelah lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), banyak pilihan pekerjaan yang bisa diambil. Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 pilihan pekerjaan yang dapat dipilih setelah lulus dari SMK.

1. Teknisi Komputer atau Jaringan

Setelah lulus dari jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, lulusan SMK dapat menjadi teknisi komputer atau jaringan. Pekerjaan ini membutuhkan keahlian dalam mengoperasikan dan memperbaiki perangkat keras dan perangkat lunak komputer serta kemampuan dalam mengelola jaringan.

2. Desainer Grafis

Lulusan SMK jurusan Desain Grafis dapat menjadi desainer grafis. Dalam pekerjaan ini, lulusan harus mampu menguasai software desain grafis seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, CorelDRAW, dan sebagainya. Selain itu, lulusan juga harus memiliki kemampuan dalam merancang desain yang kreatif dan menarik.

3. Montir Mobil atau Motor

Bagi lulusan SMK jurusan Teknik Otomotif, mereka dapat menjadi montir mobil atau motor. Pekerjaan ini membutuhkan keahlian dalam memperbaiki mesin mobil atau motor, memeriksa dan memperbaiki sistem rem, sistem kelistrikan, dan lain sebagainya.

Pos Terkait:  Apa Beda WLL dan SWL? Ini Penjelasannya

4. Koki atau Chef

Lulusan SMK jurusan Tata Boga dapat menjadi koki atau chef. Dalam pekerjaan ini, lulusan harus mampu memasak berbagai macam hidangan dan memiliki kemampuan dalam mengatur dan mempresentasikan hidangan yang menarik dan lezat.

5. Asisten Apoteker

Bagi lulusan SMK jurusan Farmasi, mereka dapat menjadi asisten apoteker. Pekerjaan ini membutuhkan keahlian dalam mengatur dan mengelola obat-obatan serta kemampuan dalam memberikan informasi dan saran kepada pelanggan terkait obat-obatan yang mereka butuhkan.

6. Teknisi Elektronika

Setelah lulus dari jurusan Teknik Elektronika, lulusan SMK dapat menjadi teknisi elektronika. Pekerjaan ini membutuhkan keahlian dalam memperbaiki, memasang, dan mengoperasikan perangkat elektronik seperti televisi, radio, dan lain sebagainya.

7. Administasi Keuangan

Bagi lulusan SMK jurusan Administrasi Perkantoran, pekerjaan yang cocok adalah menjadi administasi keuangan. Pekerjaan ini membutuhkan keahlian dalam mengatur dan mengelola laporan keuangan perusahaan.

8. Teknisi Listrik

Setelah lulus dari jurusan Teknik Listrik, lulusan SMK dapat menjadi teknisi listrik. Pekerjaan ini membutuhkan keahlian dalam memasang dan memperbaiki instalasi listrik baik di rumah, gedung, atau pabrik.

9. Teknisi Refrigerasi dan AC

Bagi lulusan SMK jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara, mereka dapat menjadi teknisi refrigerasi dan AC. Pekerjaan ini membutuhkan keahlian dalam memasang, memperbaiki, dan memelihara sistem pendingin dan AC.

Pos Terkait:  Pekerjaan Management Trainee: Membangun Karir yang Sukses

10. Pekerja Konstruksi

Bagi lulusan SMK jurusan Bangunan, mereka dapat menjadi pekerja konstruksi. Pekerjaan ini membutuhkan keahlian dalam membangun berbagai macam bangunan seperti rumah, gedung, jembatan, dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini, kami telah membahas 10 pilihan pekerjaan setelah lulus dari SMK. Setiap pekerjaan membutuhkan keahlian dan kemampuan yang berbeda-beda. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, dan skill yang kamu miliki.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *