10 Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN

Posted on

SNMPTN dan SBMPTN adalah dua jalur masuk ke perguruan tinggi negeri yang paling populer di Indonesia. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut adalah 10 perbedaan SNMPTN dan SBMPTN.

1. SNMPTN adalah jalur seleksi nasional, sementara SBMPTN adalah jalur seleksi mandiri

SNMPTN adalah jalur seleksi nasional yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sementara itu, SBMPTN adalah jalur seleksi mandiri yang dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi.

Pos Terkait:  Mata Kuliah Antropologi: Menyingkap Kebudayaan dan Manusia Secara Holistik

2. SNMPTN melihat prestasi selama 3 tahun terakhir, sementara SBMPTN hanya melihat prestasi saat ujian

SNMPTN melihat prestasi akademik siswa selama 3 tahun terakhir, termasuk nilai rapor, prestasi di bidang non-akademik, dan aktivitas sosial. Sementara itu, SBMPTN hanya melihat prestasi saat ujian, seperti nilai Ujian Nasional dan Tes Potensi Akademik.

3. SNMPTN memiliki kuota yang ditentukan oleh pemerintah, sementara SBMPTN memiliki kuota yang ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi

Kuota SNMPTN ditentukan oleh pemerintah, dan setiap perguruan tinggi memiliki kuota yang sama. Sementara itu, kuota SBMPTN ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi, dan bisa berbeda-beda setiap tahunnya.

4. SNMPTN tidak menggunakan ujian tertulis, sementara SBMPTN menggunakan ujian tertulis

SNMPTN tidak menggunakan ujian tertulis, melainkan hanya melihat prestasi akademik siswa selama 3 tahun terakhir. Sementara itu, SBMPTN menggunakan ujian tertulis yang meliputi Ujian Nasional dan Tes Potensi Akademik.

5. SNMPTN hanya untuk siswa yang berasal dari sekolah tertentu, sementara SBMPTN terbuka untuk semua siswa

SNMPTN hanya terbuka untuk siswa yang berasal dari sekolah tertentu yang telah ditentukan oleh pemerintah. Sementara itu, SBMPTN terbuka untuk semua siswa yang telah lulus SMA atau sederajat.

Pos Terkait:  Air Hujan Dapat Menjadi Air Tanah karena Proses

6. SNMPTN hanya untuk program studi tertentu, sementara SBMPTN untuk semua program studi di perguruan tinggi yang bersangkutan

SNMPTN hanya untuk program studi tertentu yang telah ditentukan oleh pemerintah. Sementara itu, SBMPTN untuk semua program studi yang tersedia di perguruan tinggi yang bersangkutan.

7. SNMPTN memprioritaskan siswa dari daerah tertentu, sementara SBMPTN tidak memprioritaskan daerah tertentu

SNMPTN memprioritaskan siswa dari daerah tertentu yang telah ditentukan oleh pemerintah, seperti daerah tertinggal atau daerah perbatasan. Sementara itu, SBMPTN tidak memprioritaskan daerah tertentu.

8. SNMPTN tidak memiliki biaya pendaftaran, sementara SBMPTN memiliki biaya pendaftaran

SNMPTN tidak memiliki biaya pendaftaran, sehingga siswa bisa mendaftar secara gratis. Sementara itu, SBMPTN memiliki biaya pendaftaran yang harus dibayar oleh siswa yang ingin mengikuti seleksi.

9. SNMPTN tidak memiliki tes wawancara, sementara SBMPTN memiliki tes wawancara

SNMPTN tidak memiliki tes wawancara, melainkan hanya melihat prestasi akademik siswa selama 3 tahun terakhir. Sementara itu, SBMPTN memiliki tes wawancara yang dilakukan oleh perguruan tinggi untuk mengukur kemampuan siswa secara lebih mendalam.

10. SNMPTN memiliki periode pendaftaran yang lebih pendek daripada SBMPTN

Periode pendaftaran SNMPTN biasanya lebih pendek daripada SBMPTN, karena proses seleksi SNMPTN dilakukan oleh pemerintah. Sementara itu, perguruan tinggi memiliki kebebasan untuk menentukan periode pendaftaran SBMPTN.

Pos Terkait:  Bagaimana Perasaan Kalian Setelah Membaca Berita?

Kesimpulan

Dari 10 perbedaan SNMPTN dan SBMPTN di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua jalur masuk perguruan tinggi negeri ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Siswa dapat memilih jalur yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan mereka.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *