10 Peluang atau Prospek Kerja Manajemen Perkantoran

Posted on

Manajemen perkantoran adalah bidang yang berkembang pesat di Indonesia. Banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli di bidang manajemen perkantoran untuk membantu mengelola berbagai aspek administratif dan operasional perusahaan. Berikut ini adalah 10 peluang atau prospek kerja di bidang manajemen perkantoran:

1. Manajer Administrasi

Manajer administrasi bertanggung jawab untuk mengelola dan mengawasi semua aspek administratif perusahaan. Tugasnya meliputi mengelola keuangan, sumber daya manusia, dan fasilitas fisik perusahaan. Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi manajer administrasi adalah gelar sarjana di bidang manajemen perkantoran atau bidang terkait.

2. Koordinator Keuangan

Koordinator keuangan bertanggung jawab untuk mengelola dan mengawasi semua aspek keuangan perusahaan. Tugasnya meliputi menyusun anggaran, mengelola arus kas, dan membuat laporan keuangan. Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi koordinator keuangan adalah gelar sarjana di bidang keuangan atau akuntansi.

3. Asisten Administrasi

Asisten administrasi adalah tenaga pendukung dari manajer administrasi. Tugasnya meliputi mengelola jadwal, menyusun laporan, dan menangani komunikasi internal dan eksternal perusahaan. Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi asisten administrasi adalah gelar sarjana di bidang manajemen perkantoran atau bidang terkait.

Pos Terkait:  Perkiraan Biaya Hidup di Jawa Tengah

4. Staf Keuangan

Staf keuangan bertanggung jawab untuk membantu koordinator keuangan dalam mengelola dan mengawasi semua aspek keuangan perusahaan. Tugasnya meliputi mengelola arus kas, membuat laporan keuangan, dan mengelola pembayaran dan penerimaan. Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi staf keuangan adalah gelar sarjana di bidang keuangan atau akuntansi.

5. Asisten Pemasaran

Asisten pemasaran adalah tenaga pendukung dari manajer pemasaran. Tugasnya meliputi mempersiapkan materi promosi, mengelola database pelanggan, dan menangani komunikasi dengan pelanggan. Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi asisten pemasaran adalah gelar sarjana di bidang pemasaran atau bidang terkait.

6. Staf SDM

Staf SDM bertanggung jawab untuk membantu manajer SDM dalam mengelola dan mengawasi semua aspek sumber daya manusia perusahaan. Tugasnya meliputi mengelola rekrutmen, pelatihan karyawan, dan membuat peraturan perusahaan. Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi staf SDM adalah gelar sarjana di bidang manajemen sumber daya manusia atau bidang terkait.

7. Asisten Operasional

Asisten operasional adalah tenaga pendukung dari manajer operasional. Tugasnya meliputi mempersiapkan jadwal produksi, mengelola persediaan, dan menangani komunikasi dengan pemasok. Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi asisten operasional adalah gelar sarjana di bidang manajemen operasional atau bidang terkait.

Pos Terkait:  Arti Kata Realitas: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

8. Staf IT

Staf IT bertanggung jawab untuk membantu manajer IT dalam mengelola dan mengawasi semua aspek teknologi informasi perusahaan. Tugasnya meliputi mengelola jaringan komputer, menjaga keamanan data, dan menangani masalah teknis. Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi staf IT adalah gelar sarjana di bidang teknologi informasi atau bidang terkait.

9. Asisten Keamanan

Asisten keamanan adalah tenaga pendukung dari manajer keamanan. Tugasnya meliputi mengelola sistem keamanan, menjaga keamanan fisik perusahaan, dan menangani masalah keamanan. Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi asisten keamanan adalah gelar sarjana di bidang manajemen keamanan atau bidang terkait.

10. Staf Pelayanan Pelanggan

Staf pelayanan pelanggan bertanggung jawab untuk membantu manajer pelayanan pelanggan dalam mengelola dan mengawasi semua aspek pelayanan pelanggan perusahaan. Tugasnya meliputi menjawab pertanyaan pelanggan, menangani keluhan pelanggan, dan meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi staf pelayanan pelanggan adalah gelar sarjana di bidang manajemen pelayanan pelanggan atau bidang terkait.

Kesimpulan

Manajemen perkantoran adalah bidang yang menjanjikan di Indonesia. Ada banyak peluang dan prospek kerja di bidang ini, mulai dari manajer administrasi hingga staf pelayanan pelanggan. Untuk berhasil di bidang ini, diperlukan gelar sarjana di bidang manajemen perkantoran atau bidang terkait serta kemampuan yang baik dalam mengelola dan mengawasi berbagai aspek administratif dan operasional perusahaan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *