10 Pekerjaan Setelah Lulus SMK Jurusan TKJ

Posted on

Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) merupakan salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang banyak diminati oleh siswa. Jurusan ini membekali siswa dengan keterampilan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), seperti jaringan komputer, pemrograman, dan desain grafis. Setelah lulus, siswa TKJ dapat bekerja di berbagai bidang yang berkaitan dengan TIK. Berikut 10 pekerjaan setelah lulus SMK jurusan TKJ yang bisa dipilih:

1. Teknisi Komputer

Seorang teknisi komputer bertanggung jawab untuk memperbaiki, memelihara, dan menginstal perangkat keras dan perangkat lunak pada komputer. Teknisi komputer juga harus bisa mendeteksi dan memperbaiki masalah yang terjadi pada komputer. Pekerjaan ini sangat cocok bagi siswa TKJ yang memiliki keterampilan di bidang perbaikan dan instalasi komputer.

2. Web Developer

Web developer adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk membuat dan mengembangkan situs web. Seorang web developer harus memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang pemrograman web, desain grafis, dan database. Siswa TKJ yang memiliki keterampilan di bidang pemrograman dan desain grafis dapat memilih pekerjaan ini.

Pos Terkait:  Menurut Anda Bagaimana Pentingnya Pengendalian dalam Organisasi?

3. Network Engineer

Seorang network engineer bertanggung jawab untuk merancang, menginstal, dan memelihara jaringan komputer. Network engineer juga harus bisa mengatasi masalah yang terjadi pada jaringan. Pekerjaan ini sangat cocok bagi siswa TKJ yang memiliki keterampilan di bidang jaringan komputer.

4. Technical Support

Technical support adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk membantu pengguna dalam mengatasi masalah pada perangkat keras dan perangkat lunak. Technical support juga harus bisa memberikan solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat tersebut. Pekerjaan ini sangat cocok bagi siswa TKJ yang memiliki keterampilan di bidang perbaikan dan instalasi komputer.

5. System Administrator

Seorang system administrator bertanggung jawab untuk mengatur dan memelihara sistem operasi pada server komputer. System administrator juga harus bisa mengatasi masalah yang terjadi pada server dan jaringan. Pekerjaan ini sangat cocok bagi siswa TKJ yang memiliki keterampilan di bidang jaringan komputer dan sistem operasi.

6. Database Administrator

Seorang database administrator bertanggung jawab untuk mengatur dan memelihara database pada suatu perusahaan. Database administrator juga harus bisa menyelesaikan masalah yang terjadi pada database. Pekerjaan ini sangat cocok bagi siswa TKJ yang memiliki keterampilan di bidang database.

Pos Terkait:  Langkah ke-1 pada Interval Nada Disebut a, Primer

7. IT Security Specialist

IT Security Specialist adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk melindungi sistem dan jaringan dari serangan yang tidak diinginkan. IT Security Specialist juga harus bisa membuat strategi untuk mengatasi masalah keamanan pada sistem dan jaringan. Pekerjaan ini sangat cocok bagi siswa TKJ yang memiliki keterampilan di bidang keamanan jaringan komputer.

8. Mobile Application Developer

Mobile application developer adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk membuat dan mengembangkan aplikasi mobile. Mobile application developer juga harus bisa menyelesaikan masalah yang terjadi pada aplikasi mobile. Pekerjaan ini sangat cocok bagi siswa TKJ yang memiliki keterampilan di bidang pemrograman dan desain grafis.

9. IT Consultant

IT Consultant adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk memberikan saran dan solusi terbaik pada suatu perusahaan dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. IT Consultant juga harus bisa membuat strategi untuk mengembangkan sistem dan jaringan yang lebih baik. Pekerjaan ini sangat cocok bagi siswa TKJ yang memiliki keterampilan di bidang TIK dan analisis bisnis.

10. Digital Marketing Specialist

Digital marketing specialist adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk memasarkan produk atau jasa suatu perusahaan melalui media digital. Digital marketing specialist juga harus bisa membuat strategi untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa suatu perusahaan melalui media digital. Pekerjaan ini sangat cocok bagi siswa TKJ yang memiliki keterampilan di bidang desain grafis dan pemasaran digital.

Pos Terkait:  Arti Penting Persatuan dalam Keberagaman Masyarakat

Kesimpulan

Setelah lulus SMK jurusan TKJ, siswa memiliki banyak pilihan pekerjaan di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Pekerjaan yang dipilih harus sesuai dengan keterampilan yang dimiliki oleh siswa. Semua pekerjaan di atas sangat menjanjikan dan memiliki prospek yang baik di masa depan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *