10 Pekerjaan Lulusan Hubungan Internasional

Posted on

Hubungan internasional adalah bidang studi yang mempelajari hubungan antar negara, organisasi internasional, serta aktor non-negara dalam konteks politik, ekonomi, dan sosial. Banyak lulusan hubungan internasional yang memilih karir di bidang diplomasi dan keamanan, namun sebenarnya ada banyak pekerjaan lain yang bisa diambil oleh lulusan hubungan internasional. Berikut adalah 10 pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan hubungan internasional:

1. Diplomat

Sebagai diplomat, Anda akan bertugas untuk mewakili negara Anda dalam hubungan internasional dengan negara lain. Tugas utama seorang diplomat meliputi negosiasi, pengambilan keputusan politik, dan perwakilan negara. Lulusan hubungan internasional sangat cocok untuk bekerja sebagai diplomat karena mereka memiliki pengetahuan tentang politik internasional dan kemampuan berbahasa asing yang baik.

2. Konsultan Bisnis Internasional

Sebagai konsultan bisnis internasional, Anda akan membantu perusahaan untuk memahami pasar internasional dan mengembangkan strategi bisnis yang sesuai dengan pasar tersebut. Lulusan hubungan internasional sangat cocok untuk bekerja sebagai konsultan bisnis internasional karena mereka memiliki pengetahuan tentang politik internasional dan kemampuan berbahasa asing yang baik.

Pos Terkait:  Penyebab Pada Tes Kehamilan Invalid

3. Pengamat Keamanan Internasional

Sebagai pengamat keamanan internasional, Anda akan bertugas untuk memantau situasi keamanan di seluruh dunia dan memberikan analisis tentang situasi keamanan tersebut. Lulusan hubungan internasional sangat cocok untuk bekerja sebagai pengamat keamanan internasional karena mereka memiliki pengetahuan tentang politik internasional dan kemampuan berbahasa asing yang baik.

4. Jurnalis Internasional

Sebagai jurnalis internasional, Anda akan bertugas untuk meliput berita internasional dan mengirimkan laporan ke media di negara asal Anda. Lulusan hubungan internasional sangat cocok untuk bekerja sebagai jurnalis internasional karena mereka memiliki pengetahuan tentang politik internasional dan kemampuan berbahasa asing yang baik.

5. Analis Politik

Sebagai analis politik, Anda akan bertugas untuk menganalisis situasi politik di negara lain dan memberikan rekomendasi kepada pihak yang membutuhkan. Lulusan hubungan internasional sangat cocok untuk bekerja sebagai analis politik karena mereka memiliki pengetahuan tentang politik internasional dan kemampuan berbahasa asing yang baik.

6. Konsultan Kebijakan Publik Internasional

Sebagai konsultan kebijakan publik internasional, Anda akan membantu pemerintah atau organisasi internasional dalam pengembangan kebijakan publik yang sesuai dengan situasi politik, ekonomi, dan sosial di negara lain. Lulusan hubungan internasional sangat cocok untuk bekerja sebagai konsultan kebijakan publik internasional karena mereka memiliki pengetahuan tentang politik internasional dan kemampuan berbahasa asing yang baik.

Pos Terkait:  Arti Kata Bahasa Bali – Kenali Bahasa Bali Lebih Dekat

7. Analis Ekonomi Internasional

Sebagai analis ekonomi internasional, Anda akan bertugas untuk menganalisis situasi ekonomi di negara lain dan memberikan rekomendasi kepada pihak yang membutuhkan. Lulusan hubungan internasional sangat cocok untuk bekerja sebagai analis ekonomi internasional karena mereka memiliki pengetahuan tentang ekonomi internasional dan kemampuan berbahasa asing yang baik.

8. Pengajar Hubungan Internasional

Sebagai pengajar hubungan internasional, Anda akan bertugas untuk mengajar mahasiswa tentang hubungan internasional dan memberikan pengetahuan serta keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang tersebut. Lulusan hubungan internasional sangat cocok untuk menjadi pengajar hubungan internasional karena mereka memiliki pengetahuan tentang hubungan internasional dan kemampuan berbahasa asing yang baik.

9. Peneliti Hubungan Internasional

Sebagai peneliti hubungan internasional, Anda akan bertugas untuk melakukan penelitian tentang situasi politik, ekonomi, dan sosial di negara lain. Lulusan hubungan internasional sangat cocok untuk bekerja sebagai peneliti hubungan internasional karena mereka memiliki pengetahuan tentang hubungan internasional dan kemampuan berbahasa asing yang baik.

10. Pengusaha Internasional

Sebagai pengusaha internasional, Anda akan bertugas untuk mengembangkan bisnis di pasar internasional. Lulusan hubungan internasional sangat cocok untuk menjadi pengusaha internasional karena mereka memiliki pengetahuan tentang politik internasional dan kemampuan berbahasa asing yang baik.

Pos Terkait:  Arti Kata Massive dalam Bahasa Indonesia

Kesimpulan

Ada banyak pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan hubungan internasional. Dari diplomat, konsultan bisnis internasional, pengamat keamanan internasional, jurnalis internasional, analis politik, konsultan kebijakan publik internasional, analis ekonomi internasional, pengajar hubungan internasional, peneliti hubungan internasional, hingga pengusaha internasional. Semua pekerjaan tersebut membutuhkan pengetahuan tentang politik internasional dan kemampuan berbahasa asing yang baik, yang dimiliki oleh lulusan hubungan internasional.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *