10 Pekerjaan Jurusan IPS Yang Gajinya Besar

Posted on

Jurusan IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial memang seringkali dianggap sebagai jurusan yang kurang menjanjikan dalam hal gaji. Namun, kenyataannya tidak selalu demikian. Terdapat beberapa pekerjaan yang membutuhkan lulusan jurusan IPS dan menawarkan gaji yang cukup besar. Berikut ini adalah 10 pekerjaan jurusan IPS yang gajinya besar:

1. Manajer SDM

Manajer SDM atau Sumber Daya Manusia bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan karyawan dalam sebuah organisasi. Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi, negosiasi, dan memimpin. Gaji rata-rata seorang Manajer SDM di Indonesia adalah sekitar 15-30 juta per bulan.

2. Peneliti Sosial

Peneliti sosial melakukan penelitian dan analisis tentang masalah sosial dan perilaku manusia. Mereka bekerja di berbagai institusi, seperti universitas, lembaga pemerintah, dan perusahaan swasta. Gaji rata-rata seorang Peneliti Sosial adalah sekitar 10-15 juta per bulan.

3. Analis Keuangan

Analis Keuangan membantu organisasi dan perusahaan dalam hal pengelolaan keuangan dan investasi. Mereka melakukan analisis pasar dan risiko, serta memberikan rekomendasi investasi yang tepat. Gaji rata-rata seorang Analis Keuangan adalah sekitar 15-25 juta per bulan.

Pos Terkait:  Semangat Sumpah Pemuda Perlu Kita Jaga Tujuannya Adalah

4. Konsultan Manajemen

Konsultan Manajemen membantu organisasi dan perusahaan dalam hal pengembangan strategi bisnis dan manajemen. Mereka memberikan saran dan rekomendasi kepada klien mereka untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis. Gaji rata-rata seorang Konsultan Manajemen adalah sekitar 20-30 juta per bulan.

5. Pengacara

Pengacara merupakan profesi yang membutuhkan latar belakang pendidikan di bidang hukum, termasuk jurusan IPS. Mereka memberikan saran hukum dan mewakili klien di pengadilan. Gaji rata-rata seorang Pengacara adalah sekitar 10-30 juta per bulan, tergantung pada bidang spesialisasi dan pengalaman kerja.

6. Pengajar

Pengajar atau dosen adalah pekerjaan yang biasanya dijalankan oleh lulusan sarjana IPS. Mereka mengajar di perguruan tinggi atau universitas dan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa. Gaji rata-rata seorang Pengajar adalah sekitar 5-10 juta per bulan, tergantung pada jabatan dan pengalaman kerja.

7. Jurnalis

Jurnalis adalah profesi yang bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi dan berita kepada masyarakat. Lulusan IPS dapat bekerja sebagai jurnalis di media massa, seperti surat kabar, majalah, atau stasiun televisi. Gaji rata-rata seorang Jurnalis adalah sekitar 5-20 juta per bulan, tergantung pada media massa dan pengalaman kerja.

Pos Terkait:  Arti Kata Cuaca Cerah: Keindahan dan Kenyamanan di Sekitar Kita

8. Manajer Pemasaran

Manajer Pemasaran bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi pemasaran dan meningkatkan penjualan produk atau jasa suatu perusahaan. Kemampuan berkomunikasi dan negosiasi sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini. Gaji rata-rata seorang Manajer Pemasaran adalah sekitar 15-30 juta per bulan.

9. Penerjemah

Penerjemah adalah pekerjaan yang membutuhkan kemampuan bahasa yang sangat baik. Mereka menerjemahkan dokumen, buku, atau pidato dari satu bahasa ke bahasa lain. Gaji rata-rata seorang Penerjemah adalah sekitar 10-20 juta per bulan, tergantung pada bahasa yang dikuasai dan pengalaman kerja.

10. Analis Kebijakan Publik

Analis Kebijakan Publik melakukan analisis tentang kebijakan pemerintah dan memberikan rekomendasi tentang perubahan kebijakan yang diperlukan. Mereka biasanya bekerja di lembaga pemerintah atau organisasi nirlaba. Gaji rata-rata seorang Analis Kebijakan Publik adalah sekitar 10-20 juta per bulan.

Kesimpulan

Jurusan IPS menawarkan banyak peluang karir yang menjanjikan dalam hal gaji. Ada banyak pekerjaan di luar sana yang membutuhkan lulusan IPS dengan kemampuan khusus dan menawarkan gaji yang cukup besar. Jangan ragu untuk memilih jurusan IPS jika Anda tertarik pada bidang ini dan ingin memiliki karir yang sukses dan memuaskan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *