10 Nama Malaikat Beserta Tugasnya

Posted on

Malaikat adalah makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah SWT untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu. Dalam Islam, malaikat dianggap sebagai makhluk yang paling dekat dengan Allah SWT dan memiliki tugas penting untuk memenuhi kehendak-Nya. Berikut ini adalah 10 nama malaikat beserta tugasnya:

1. Jibril

Jibril adalah malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu atau perintah Allah SWT kepada para nabi dan rasul. Ia juga bertugas sebagai malaikat pencatat amal manusia dan malaikat yang meniup sangkakala pada hari kiamat.

2. Mikail

Mikail adalah malaikat yang bertugas mengatur dan mengendalikan cuaca serta musim di bumi. Ia juga bertugas sebagai malaikat yang memimpin orang-orang yang beriman ke surga.

3. Israfil

Israfil adalah malaikat yang bertugas meniup sangkakala sebagai tanda datangnya hari kiamat. Ia juga bertugas sebagai malaikat yang mencatat amal manusia.

4. Izrail

Izrail adalah malaikat yang bertugas mencabut nyawa manusia pada saat ajal tiba. Ia juga bertugas sebagai malaikat yang memerintahkan orang-orang yang mati untuk masuk ke dalam alam kubur.

Pos Terkait:  Bagaimana Narkoba Dapat Mempengaruhi Kemampuan Seseorang dalam Beraktivitas

5. Raqib dan Atid

Raqib dan Atid adalah sepasang malaikat yang bertugas mencatat segala perbuatan manusia. Raqib mencatat perbuatan baik dan Atid mencatat perbuatan buruk manusia.

6. Munkar dan Nakir

Munkar dan Nakir adalah sepasang malaikat yang bertugas memeriksa amal manusia setelah mereka meninggal dunia. Mereka akan menanyakan beberapa pertanyaan kepada manusia tentang keyakinan mereka, amal perbuatan mereka, dan lain sebagainya.

7. Ridwan

Ridwan adalah malaikat yang bertugas menjaga pintu surga. Ia juga bertugas menyambut orang-orang yang beriman dan memasukkan mereka ke dalam surga.

8. Malik

Malik adalah malaikat yang bertugas menjaga pintu neraka. Ia juga bertugas sebagai pengawas dan pengatur di dalam neraka.

9. Hamalatul ‘Arsh

Hamalatul ‘Arsh adalah malaikat yang bertugas mengangkat dan membawa ‘Arsh atau singgasana Allah SWT. Mereka juga bertugas menjaga dan memelihara ‘Arsh dari segala macam bahaya.

10. Hafazhah

Hafazhah adalah malaikat yang bertugas menjaga dan mengawasi manusia dari segala macam bahaya. Ia juga bertugas melindungi manusia dari godaan syaitan dan membantu manusia dalam menjalankan ibadah.

Dalam Islam, malaikat adalah makhluk gaib yang memiliki tugas-tugas penting dalam menjalankan kehendak Allah SWT. Ada banyak nama malaikat beserta tugasnya, namun yang paling terkenal adalah Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Raqib, Atid, Munkar, Nakir, Ridwan, Malik, Hamalatul ‘Arsh, dan Hafazhah. Dengan mengetahui tugas-tugas malaikat, kita dapat lebih memahami pentingnya menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *